Sukses

Presiden Yoon Seok Yeol Undang Xi Jinping ke Seoul, Sinyal Harmonis Korsel - China?

Legislator tertinggi di China mendatangi seoul daam upaya untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Liputan6.com, Seoul - Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengundang Presiden China Xi Jinping untuk berkunjung ke Seoul, dalam upaya meningkatkan hubungan bilateral, saat ia bertemu dengan legislator tertinggi China untuk menandai 30 tahun hubungan diplomatik kedua negara bertetangga tersebut.

Kunjungan Xi Jinping akan "menjadi momentum penting untuk membuka babak baru dalam hubungan Seoul-Beijing dalam 30 tahun ke depan", demikian dikutip dari pernyataan Yoon pada hari Jumat, seperti dikutip dari laman Straits Times, Jumat (16/9/2022).

Menanggapi hal tersebut, Li Zhanshu, pejabat tertinggi ketiga di Tiongkok dan ketua Kongres Rakyat Nasional, mengatakan bahwa dia akan menyampaikan pesan tersebut kepada Presiden Xi Jinping. Dia juga meminta Yoon untuk mengunjungi Beijing pada waktu yang memungkinkan.

Kunjungan Xi telah menjadi pembicaraan sejak tahun 2020, ketika Korea Selatan yang saat itu masih berada di bawah pemerintahan Presiden Moon Jae-in, berusaha untuk menormalkan kembali hubungan mereka dengan China setelah mengalami dampak pembalasan ekonomi Beijing atas pengerahan sistem anti-rudal Amerika di Seoul pada tahun 2017 lalu.

Xi terakhir kali mengunjungi Korea Selatan pada tahun 2014 saat masa jabatan presiden Park Geun-hye.

Presiden Yoon dan Li juga sepakat akan pentingnya komunikasi yang erat mengenai isu-isu sensitif antar negara, dan untuk memastikan bahwa penyebaran sistem Terminal High Altitude Area Defence (Thaad) tidak menjadi batu sandungan dalam hubungan China-Korea Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Hubungan

Kunjungan Li ke Seoul - atas undangan Ketua Majelis Nasional Kim Jin-pyo - dilakukan pada saat Korea Selatan terjebak di antara persaingan strategis yang semakin intensif antara sekutu keamanannya, Amerika Serikat, dan China, mitra dagang terbesarnya.

AS telah mengutus sejumlah pejabat senior ke Seoul untuk mendesak pemerintahan Yoon untuk mendukung inisiatif ekonomi yang dipimpin AS yang bertujuan untuk membatasi kemampuan China yang sedang berkembang di bidang-bidang seperti chip memori, yang juga merupakan kekuatan Korea Selatan.

Kunjungan Li dipandang sebagai upaya China untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan Korea Selatan dan sekaligus mengingatkan tetangganya untuk tetap netral alih-alih berpihak pada AS.

Sebelumnya pada hari Jumat, ia mengunjungi LG Science Park, pusat penelitian utama konglomerat Korea Selatan untuk elektronik, bahan kimia, telekomunikasi dan industri lainnya.

Fasilitas tersebut menyambut Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada bulan Juli. Dia menekankan pentingnya membangun rantai pasokan yang lebih tangguh oleh AS bersama dengan sekutu-sekutu terpercayanya.

3 dari 4 halaman

Diskusi Komprehensif

Dalam sebuah pernyataan pers, Kim mengatakan bahwa dia dan Li telah melakukan diskusi komprehensif tentang bagaimana mempromosikan kerja sama antar-parlemen untuk meningkatkan hubungan bilateral. Dia juga mengusulkan pertemuan trilateral di antara para pemimpin parlemen Korea Selatan, China, dan Jepang.

"Di tengah perubahan iklim politik, meningkatkan saling pengertian dan memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan sangat penting untuk hubungan bilateral 30 tahun ke depan," kata Kim.

Mereka juga membahas cara mempercepat negosiasi Perjanjian Perdagangan Bebas Korea-China, dan Kim mencatat bahwa perdagangan bilateral antara kedua negara telah meningkat sekitar 50 kali lipat dalam tiga dekade terakhir hingga mencapai US$300 miliar (S$422 miliar) tahun lalu.

Dia mengungkapkan "harapan yang kuat" bahwa kedua belah pihak akan "memeriksa kembali dan memperkuat sistem komunikasi dan kerja sama untuk pengelolaan rantai pasokan yang stabil" dan "segera memulai negosiasi tindak lanjut Perjanjian Perdagangan Bebas Korea-China".

Mereka juga sepakat untuk meningkatkan komunikasi strategis untuk menyelesaikan masalah nuklir Korea Utara.

Di tengah kebuntuan dalam pembicaraan nuklir dengan AS, Pyongyang telah menguji setidaknya 18 rudal tahun ini - naik dari empat tahun lalu - dan secara luas diperkirakan akan melakukan uji coba nuklir kapan saja.

Li mengatakan bahwa melindungi perdamaian di semenanjung Korea "adalah kepentingan kita bersama", menambahkan bahwa kedua belah pihak perlu memperkuat komunikasi untuk menemukan solusi politik.

Kim meminta China untuk "memainkan peran konstruktif", mencatat bahwa China telah "secara konsisten mendukung perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea dan penyelesaian masalah melalui dialog.

4 dari 4 halaman

Sebelum Hubungannya Baik, China dan Korea Selatan Ribut soal Perisai Rudal AS, Konsiliasi Makin Rumit

Sementara itu, sebelum pertemuan antara Li Zhanshu dan Presiden Korea Selatan pada September 2022, China dan Korea Selatan bentrok pada Kamis (11 Agustus) atas perisai pertahanan rudal AS, mengancam akan merusak upaya pemerintah baru di Seoul untuk mengatasi perbedaan keamanan yang sudah berlangsung lama.

Dilansir laman Channel News Asia, Jumat (12/8/2022), ketidaksepakatan atas sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) yang dipasang di Korea Selatan muncul setelah kunjungan pertama menteri luar negeri Korea Selatan yang tampaknya mulus ke China minggu ini.

China, yang berpendapat bahwa radar kuat THAAD dapat mengintip ke wilayah udaranya, membatasi perdagangan dan impor budaya setelah Seoul mengumumkan penempatannya pada tahun 2016, memberikan pukulan besar bagi hubungan.

Seorang pejabat senior di kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa THAAD adalah alat pertahanan diri dan tidak akan pernah dapat dinegosiasikan, setelah China menuntut agar Korea Selatan tidak mengerahkan baterai lagi dan membatasi penggunaan baterai yang sudah ada.

Presiden Yoon Suk-yeol, melihat sistem tersebut sebagai kunci untuk melawan rudal Korea Utara, telah bersumpah untuk mengabaikan janji pemerintah sebelumnya untuk tidak meningkatkan penempatan THAAD, dan tidak berpartisipasi dalam perisai rudal global pimpinan AS atau membuat aliansi militer trilateral yang melibatkan Jepang.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul
    Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul

    Korea Selatan

  • Xi Jinping adalah politikus sekaligus sekretaris umum China.
    Xi Jinping adalah politikus sekaligus sekretaris umum China.

    Xi Jinping

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Yoon Suk Yeol memenangkan pemilihan umum presiden yang digelar 9 Maret 2022. Dia menjadi Presiden Korea Selatan di tahun 2022.

    Yoon Suk Yeol