Sukses

Momen Pangeran George Ditenangkan Putri Charlotte Saat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pangeran George dan Putri Charlote yang menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II tampak diberi dukungan oleh anggota keluarga Kerajaan Inggris lainnya.

Liputan6.com, Wesminster- Pangeran George, anak dari Prince of Wales, William dan Princess of Wales Kate Midleton yang masih berusia sembilan tahun tampak menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II dan berjalan di depan saudara perempuannya Princess Charlotte selama prosesi menuju Westminster Abbey.

Countess of Wessex Sophie (57), terlihat meletakkan tangannya di bahu George saat menyaksikan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin 19 September, seperti dikutip dari laman The Daily Mail UK, Senin (19/9/2022).

Momen Sophie meletakkan tangan di bahu George menyiratkan ekspresi menenangkan sang pangeran kecil yang terlihat sedih menyaksikan prosesi pemakaman 'Gan-Gan', panggilan kesayangan untuk sang nenek buyut.

Istri Pangeran Edward itu memiliki hubungan yang sangat dekat dengan ibu mertuanya, ia juga memilih menggunakan pakaian berkabung tradisional saat ia memasuki Westminster Abbey.

Sophie dan dua anak Edward, Lady Louise Windsor (18) dan James, Viscount Severn (14) juga hadir dalam prosesi pemakaman seremonial hari itu.

Pangeran George dan Putri Charlotte bergabung dengan para bangsawan senior di pemakaman Ratu hari ini, melewati ribuan pelayat di jalanan London saat mereka melakukan perjalanan ke Westminster Abbey bersama Permaisuri dan Putri Wales.

George, pewaris takhta kerajaan Inggris yang masih berumur sembilan tahun, dan saudari perempuannya yang berumur tujuh tahun, terlihat mengenakan topi hitam dan bros tapal kuda yang diberikan oleh mendiang Ratu. Keduanya pertama-tama melakukan perjalanan dengan mobil kerajaan bersama orang tua mereka, Pangeran dan Putri Wales, sebelum kemudian pindah ke mobil prosesi bersama Kate Middleton dan Camilla— kedua anak itu tampak memahami besarnya hari itu meskipun usia mereka masih muda.

Cicit mendiang Ratu Elizabeth II itu hadir tanpa adik bungsunya, Louis (4).

Sekitar 2.000 pejabat, bangsawan asing, dan politikus berdatangan ke biara bersejarah di London itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prince George dan Princess Charlotte di Prosesi Pemakaman

Ratu Elizabeth II melakukan perjalanan terakhir dan paling mengharukan dari Westminster Hall seraya Inggris berduka atas pemimpin monarki terlama. Para bangsawan-pun mengucapkan selamat tinggal kepada ibu, nenek, dan nenek buyut tercinta.

Princess of Wales Kate Midleton juga terlihat memegang erat tangan putrinya saat mereka sekeluarga tiba di Westminster Abbey.

Putri Charlotte mengenakan mantel berkabung hitam dengan kerah beludru dan topi lebar bertepi yang serasi, sementara George mengenakan setelan biru tua dengan dasi hitam.

Pangeran George tampak dewasa melampaui usianya, menghormati momentum bersejarah ini, dan menunggu dengan sabar saat ayahnya, Pangeran William, tiba di Abbey setelah berjalan di belakang peti mati sang Ratu.

Princess of Wales melanjutkan dengan serangkaian tindakan suportif kepada putrinya, termasuk menuntunnya masuk ke dalam Biara dengan tangan yang lembut saat keluarga itu berjalan melalui pintu kayu jati.

Sebelumnya, kedua bersaudara ini menyaksikan prosesi dari mobil kerajaan berwarna merah marun saat Pangeran William, Raja Charles dan bangsawan senior lainnya berbaris di belakang peti mati saat tiba di Westminster Abbey.

Setelah mereka tiba di gerbang Abbey, para bangsawan senior disambut oleh anggota pendeta yang memimpin pemakaman kenegaraan.

The Wales diperkirakan telah membawa garis kedua takhta ke acara bersejarah setelah penasihat istana senior mereka mempertimbangkan untuk mengizinkannya menghadiri pemakaman kenegaraan karena pesan simbolis yang kuat yang dikirimkannya.

3 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Aturan Berpakaian Berkabung Kerajaan Inggris

Berbicara terkait pakaian untuk masa pemakaman Ratu Elizabeth II. Untuk menghormati sang ratu, anggota keluarga kerajaan Inggris mengikuti aturan berpakaian yang sendu untuk pemakaman kenegaraan.

Raja Charles III mengenakan seragam upacara sehari penuh dengan medali, dan akan membawa beludru merah dan tongkat Field Marshal emas yang diberikan Ratu Elizabeth II kepadanya pada tahun 2012, ketika ia mendapatkan jabatan itu.

Pangeran Edward, Putri Anne dan Pangeran William semuanya akan mengenakan seragam militer dan medali.

Sementara itu, Pangeran Andrew dan Pangeran Harry mengenakan pakaian sipil meskipun sudah pensiun sebagai anggota kerajaan senior -- keduanya tidak lagi memiliki tugas resmi kerajaan. (Namun, mereka diizinkan untuk mengenakan pakaian militer pada acara penghormatan masing-masing selama akhir pekan).

Para wanita mengenakan gaun hitam dan topi formal, sementara pria akan mengenakan morning coat berwarna hitam.

Pada saat duka cita pun, perhatian yang besar diberikan kepada para anggota keluarga kerajaan dalam menafsirkan aturan berpakaian, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan telah bergeser dari waktu ke waktu.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Kehadiran Putri Charlotte Jadi Sorotan

Selain Prince George, Putri Charlotte yang berusia 7 tahun menjadi sorotan netizen di Twitter dan menjadi trending topic pada proses pemakaman Ratu Elizabeth II, Senin (19/9/2022). Sang putri kecil datang bersama orang tua dan kakak lelakinya: Pangeran William, Putri Catherine (Kate Middleton), dan Pangeran George. 

Selama proses kebaktian berlangsung di Westminster Abbey, Putri Charlotte mengikuti proses dengan tenang, sama pula dengan kakaknya.  

Putri Charlotte berdiri di barisan depan di antara Putri Catherine dan pamannya, yakni Peter Phillips, yang merupakan putra dari Putri Anne. 

Ketika peti mati dibawa keluar Westminster Abbey, Putri Charlotte juga ikut mengikuti di belakang. 

Gelar Putri Charlotte saat ini adalah Putri Charlotte dari Wales. Ia merupakan putri satu-satunya dari Pangeran William, serta cucu dari Raja Charles III dan Diana.

Charlotte Elizabeth Diana saat ini berada di urutan tiga penerus kerajaan Inggris setelah nama ayahnya dan kakak lelakinya.

Saat berita ini ditulis, peti mati Ratu Elizabeth II telah dibawa keluar Westminster dengan dikawal para anggota militer. Anggota militer dari negara-negara Persemakmuran juga ikut hadir. 

BBC melaporkan peti mati Ratu Elizabeth II menuju Wellington Arch. Rombongan melewati Parlemen Square dan Whitehall.

Warga yang telah lama menantikan pun mulai menyaksikan iring-iringan peti mati Ratu Elizabeth II yang berada di atas kereta yang ditarik para anggota Angkatan Laut Inggris. Para anggota keluarga kerajaan yang sudah dewasa seperti Pangeran William, Putri Anne, Pangeran Harry, dan Pangeran Edward terlihat ikut mengawal di belakang.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.