Sukses

Korea Selatan Gelar Investigasi Penyebab Kejadian Tragedi Halloween Itaewon

Korea Selatan sedang mencari jawaban setelah perayaan Halloween di Itaewon Seoul berubah menjadi salah satu bencana terburuk di negara itu.

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan sedang mencari jawaban setelah perayaan Halloween di Itaewon Seoul berubah menjadi salah satu bencana terburuk di negara itu.

Pihak berwenang menyatakan masa berkabung nasional saat mereka menyelidiki bagaimana kehancuran yang kacau menewaskan sedikitnya 151 orang, demikian seperti dikutip dari CNN International, Minggu (30/10/2022).

Puluhan ribu pengunjung pesta berkostum – kebanyakan remaja dan dewasa muda – telah berdatangan ke lingkungan kehidupan malam yang populer Itaewon untuk menikmati perayaan Halloween pertama Korea Selatan sejak mencabut pembatasan Covid seperti pembatasan kerumunan dan aturan masker wajah.

Tetapi perayaan itu turun ke dalam kekacauan, dengan foto dan video di media sosial menunjukkan kerumunan besar berdesakan di gang sempit.

Saksi mata menggambarkan pengunjung pesta dikemas begitu erat sehingga sulit untuk bergerak atau bahkan bernapas.

Suah Cho, 23, menggambarkan berjalan melalui sebuah gang ketika "tiba-tiba, beberapa orang mulai saling mendorong, dan orang-orang berteriak." Teriakan itu berlangsung selama 15 menit, katanya, menambahkan: "Itu sangat kacau."

"Beberapa orang maju dan beberapa orang mundur, dan kemudian hanya mereka yang saling mendorong," tambahnya. Dia dapat melarikan diri ke sebuah bangunan di sepanjang gang, di mana dia menyaksikan bencana itu terjadi. Dia mengatakan beberapa orang telah mengatakan kepadanya bahwa "orang-orang memanjat gedung untuk bertahan hidup."

Pihak berwenang masih menyelidiki apa yang menyebabkan insiden itu, tetapi Choi Seong-bum, kepala Departemen Pemadam Kebakaran Yongsan-gu, mengatakan itu adalah "dugaan penyerbuan" dan banyak orang jatuh, melukai setidaknya 82 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

19 WN Asing Jadi Korban, Sejumlah Orang Masih 'Hilang'

Korban tewas termasuk setidaknya 19 warga negara asing, termasuk orang-orang dari Iran, Norwegia, China dan Uzbekistan, Choi. Satu warga negara Thailand termasuk di antara yang tewas, kata Kementerian Luar Negeri Thailand.

Kekacauan hari Sabtu berubah menjadi kejutan dan kesedihan di seluruh negeri pada hari Minggu. Banyak keluarga korban telah berkumpul di pusat terdekat di Itaewon, di mana para pejabat sedang menyusun nama-nama orang mati dan hilang saat mereka berlomba untuk mengidentifikasi mayat.

Sejauh ini, lebih dari 90% dari mereka yang terbunuh telah diidentifikasi, kata Menteri Dalam Negeri dan Keselamatan Lee Sang-min dalam sebuah pengarahan pada hari Minggu. Dia menambahkan bahwa sekitar 10 orang tidak dapat diidentifikasi karena beberapa di bawah usia 17 tahun - terlalu muda untuk membawa KTP nasional - dan yang lainnya adalah orang asing.

Tetapi banyak yang masih hilang, dengan keluarga pergi dengan cemas menelepon rumah sakit dan mengunjungi kamar mayat. Pada pukul 2 siang waktu setempat pada hari Minggu, pihak berwenang Seoul telah menerima lebih dari 3.580 laporan orang hilang, kata pemerintah kota.

 

3 dari 3 halaman

Investigasi dan Inspeksi

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengadakan pertemuan darurat pada dini hari Minggu, dankemudian mengunjungi tempat kejadian untuk menerima pengarahan dari pejabat darurat.

Berbicara kepada bangsa, ia menyebut periode berkabung nasional "sampai penanganan kecelakaan selesai." Perdana Menteri Han Duck-soo kemudian mengatakan masa berkabung akan berakhir pada tengah malam 5 November.

"Sebuah tragedi yang seharusnya tidak terjadi terjadi di tengah kota Seoul tadi malam pada Halloween," kata Yoon. "Saya berdoa untuk mereka yang meninggal dalam kecelakaan tak terduga dan berharap yang terluka akan pulih dengan cepat."

Dia juga mengatakan bencana itu akan diselidiki, dengan langkah-langkah yang diberlakukan untuk memastikan insiden serupa tidak pernah terjadi lagi.

"Kami akan meminta kementerian terkait seperti Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan melakukan inspeksi darurat tidak hanya untuk acara Halloween tetapi juga untuk festival lokal dan mengelolanya secara menyeluruh sehingga dilakukan dengan tertib dan aman," kata Yoon, menambahkan bahwa "sistem darurat multiguna" akan mendukung yang terluka dan keluarga yang meninggal.

Juga pada hari Minggu, Perdana Menteri Han Duck-soo mengatakan pemerintah akan menyediakan dana untuk keluarga almarhum dan terluka. Ini akan mengoperasikan "tim pendukung pemakaman dan merespons sepenuhnya perawatan yang terluka," dan memberikan perawatan psikologis bagi mereka yang terkena dampak, katanya.

Pemerintah juga akan "secara aktif berkonsultasi dengan kantor diplomatik untuk memastikan tidak ada kekurangan dukungan," kata Han.

"Negara kita memiliki sejarah mengatasi bencana dengan semua warga negara bersatu dalam satu pikiran," katanya, menambahkan: "Saya dengan sungguh-sungguh meminta semua orang untuk bergabung sehingga kita dapat mengatasi kesedihan dan bangkit kembali."

Pemerintah telah menyatakan distrik Yongsan-gu, tempat Itaewon berada, daerah bencana khusus.

Pemerintah Metropolitan Seoul mengatakan akan mendirikan altar peringatan bersama di Seoul Plaza Senin pagi, dengan altar peringatan bersama lainnya di Itaewon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.