Sukses

Tragedi Halloween Itaewon dan Duka Para Ayah Kehilangan Putri Mereka

Lebih dari 12 jam setelah kabar tragedi Halloween di Itaewon tersebar, sang ayah menemukan putrinya di kamar mayat, tak bernyawa, bengkak dan memar.

Liputan6.com, Seoul - "Ayah, aku akan keluar" adalah kata-kata terakhir yang Jung Hae-moon dengar dari putrinya, di akhir obrolan mereka di telepon pada Sabtu 29 Oktober 2022. Saat dia menolak undangan makan malam.

Beberapa jam kemudian, Jung Joo-hee yang berusia 30 tahun termasuk di antara 156 orang korban tewas tragedi Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan.

Mayoritas korban tewas dalam insiden berdesakan di ibu kota Korea Selatan itu berusia remaja dan dua puluhan, saat mereka merayakan Halloween pertama sejak bebas dari pembatasan COVID-19 dalam tiga tahun.

Pada Kamis (3/11/2022), seperti dilaporkan Channel News Asia, keluarga wanita muda itu menguburkan abunya di lahan keluarga yang damai di luar Seoul, dengan pohon muda yang ditanam dan karangan bunga di dekat batu nisannya, dalam upacara doa penuh air mata.

"Istirahatlah. Ibu dan ayah akan datang menemuimu," kata Jung Hae-moon saat keluarga itu berdiri, bersama dengan anjing pudel peliharaan putrinya.

Ketika berita tentang bencana itu terungkap pada hari Sabtu, Jung Hae-moon bergegas ke Itaewon, sebuah distrik dengan jalan-jalan sempit yang penuh dengan bar dan butik. Di sana ia menemui kekacauan ketika anak-anak muda yang putus asa berseliweran dalam kostum Halloween saat lampu menyala dari barisan ambulans.

Lebih dari 12 jam kemudian, dia menemukan Joo-hee di kamar mayat, tak bernyawa, dalam kondisi bengkak dan memar.

Ibu Joo-hee, Lee Hyo-sook, mengatakan putrinya adalah sosok menyenangkan, sahabat yang mencintai binatang dan minuman wine atau anggur.

"Ruang yang dia tinggalkan terlalu besar. Tempat yang dia tinggalkan dalam keluarga terlalu banyak, kekosongan," kata Lee kepada Reuters setelah pemakaman, berbicara di sebuah kafe yang dikelola Joo-hee.

Kafe itu ditutup dengan tanda hitam bertuliskan "Berkabung".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesedihan 156 Keluarga

Kesedihan keluarga Joo-hee dirasakan oleh semua 156 keluarga yang berduka saat masa tiga hari berkabung tradisional berakhir dan orang yang mereka cintai ditempatkan di peti mati untuk dilihat untuk terakhir kalinya sebelum penguburan atau kremasi.

Kesedihan mereka dibagikan oleh negara secara keseluruhan, karena negara itu berjuang untuk berdamai dengan bencana yang mengakhiri begitu banyak kehidupan muda saat mereka pergi keluar untuk apa yang seharusnya menjadi malam yang menyenangkan.

Dari 156 orang yang tewas, 101 adalah perempuan, kata pemerintah.

 

 

3 dari 4 halaman

Semuanya Sudah Berakhir Sekarang

Ayah lain yang berduka, Song Jae-woong, mengatakan putrinya, Young-ju, 24, adalah jiwa yang lembut yang cepat berteman dengan teman sekelas. Lebih dari 200 di antaranya datang ke pemakamannya.

Young-ju bermimpi menjadi seorang aktris, kata ayahnya, berbicara di sebuah rumah duka di Seoul.

"Lalu, semuanya menjadi seperti ini," kata Song.

"Teman-temannya mengatakan kepada saya bahwa putri saya memiliki kebiasaan mencari dan berteman dengan siapa pun. Dia memiliki jiwa yang baik.

"Semuanya sudah berakhir sekarang."

4 dari 4 halaman

Itu Tak Mungkin

Beberapa keluarga tidak tahu bahwa anak-anak mereka bahkan berada di keramaian di distrik hiburan Itaewon pada Sabtu malam.

"Saya tidak tahu dia ada di sana. Tidak mungkin, saya tidak percaya," kata ayah Lim di rumah duka saat dia dan keluarganya mengamati upacara pemakaman.

Sang ayah meminta agar dia dan putrinya diidentifikasi hanya dengan nama keluarga mereka, Lim.

Pria itu biasanya tinggal di luar negeri dan tidak melihat anak tunggal mereka selama tiga tahun karena COVID-19 mengganggu perjalanan. Dia pertama kali mendengar tentang bencana itu ketika seorang kenalannya mengiriminya pesan teks tentang hal itu, tanpa mengetahui putrinya terperangkap di dalamnya.

Berjuang dengan kesedihan, dia mengeluarkan teleponnya untuk menunjukkan pesannya.

"Dia sangat kreatif dan cantik," kata pria itu, menambahkan bahwa dia sering berjalan-jalan dengan putrinya melalui Itaewon. Dia biasa memarkir mobil mereka di Hotel Hamilton di sebelah gang tempat Lim meninggal.

"Aku tahu jalan itu dengan sangat baik."

Bagi banyak orang tua, kemarahan bercampur dengan kesedihan.

Mereka bertanya-tanya mengapa anak-anak mereka merayakan Halloween, sebuah konsep yang sama sekali asing bagi orang Korea yang lebih tua.

Tetapi pertanyaan terbesar bagi banyak dari mereka yang berduka atas anak-anak mereka adalah mengapa tidak ada langkah-langkah keamanan yang diberlakukan untuk mengendalikan kerumunan.

"Bahkan sebelum ini, saya pikir ini bisa mengakibatkan semacam kecelakaan," kata Song.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.