Sukses

Presiden Yoon Suk-yeol Minta Maaf atas Tragedi Itaewon, Janji Awasi Polisi dalam Penyelidikan

Presiden Korea Selatan meminta maaf atas tragedi Halloween di Itaewon.

Liputan6.com, Seoul - Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol meminta maaf pada hari Senin (7 November) atas tragedi Halloween yang mematikan di Itaewon, Seoul.

Ia berjanji untuk meminta pertanggungjawaban terhadap pejabat yang ditemukan bertanggung jawab atas tanggapan yang lalai dan untuk mereformasi polisi dan sistem manajemen keselamatan.

Dilansir Channel News Asia, Senin (7/11/2022), kekacauan pada 29 Oktober telah menewaskan 156 orang, sebagian besar berusia dua puluhan dan tiga puluhan, dan melukai 197 lainnya ketika orang-orang membanjiri gang-gang sempit distrik kehidupan malam populer Itaewon untuk merayakan perayaan Halloween pertama yang bebas pembatasan COVID-19 dalam tiga tahun.

Yoon menyampaikan permintaan maaf selama pertemuan untuk meninjau aturan keselamatan, karena negara terus berduka atas korban naksir. Investigasi sedang dilakukan untuk mengetahui tanggapan pihak berwenang atas kecelakaan itu.

"Saya tidak berani membandingkan diri saya dengan orang tua yang kehilangan putra dan putri mereka, tetapi sebagai presiden yang seharusnya melindungi kehidupan dan keselamatan rakyat, saya sedih," katanya.

"Saya minta maaf dan meminta maaf kepada keluarga yang berduka yang menderita tragedi yang tak terkatakan, dan kepada orang-orang yang berbagi rasa sakit dan kesedihan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polisi Dapat Kritik

Polisi telah menghadapi kritik dan pengawasan publik yang ketat atas tanggapannya selama tragedi itu, setelah mengirim hanya 137 petugas ke daerah itu meskipun memperkirakan sebelumnya sebanyak 100.000 orang akan berkumpul.

Pekan lalu, transkrip dari beberapa panggilan darurat yang dibuat dari jam-jam menjelang kecelakaan menunjukkan bahwa orang-orang telah memperingatkan potensi kekacauan dan mendesak intervensi.

Yoon awalnya menganggap penanganan pihak berwenang yang buruk karena kekurangan dalam manajemen kerumunan dan peraturan keselamatan negara itu. Menyusul laporan transkrip panggilan, bagaimanapun, dia dengan tajam menegur polisi dan meminta maaf kepada para korban dan khalayak yang lebih luas.

3 dari 4 halaman

Janji Bakal Rombak Kepolisian

Pada pertemuan keselamatan hari Senin, dia berjanji untuk merombak sistem manajemen keselamatan nasional, melakukan penyelidikan menyeluruh dan membawa mereka yang bertanggung jawab atas kegagalan tersebut.

"Secara khusus, reformasi ekstensif diperlukan dalam pekerjaan polisi, yang penting untuk mempersiapkan bahaya dan mencegah kecelakaan, untuk melindungi keselamatan rakyat," kata Yoon.

4 dari 4 halaman

Publik Korea Selatan Gelar Demonstrasi, Tuntut Keadilan Tragedi Halloween Itaewon

Pada Sabtu lalu, aktivis dan kelompok politik menunggangi gelombang kemarahan itu dengan setidaknya tujuh protes berjaga-jaga di seluruh ibu kota.

Yang terbesar diselenggarakan oleh Candlelight Action, aliansi kelompok progresif, yang telah mengadakan protes politik reguler terhadap Presiden Yoon bahkan sebelum tragedi Itaewon.

Itu diadakan di dekat Balai Kota yang melihat dua jalur jalan utama diblokir untuk menampung puluhan ribu pengunjuk rasa. Banyak yang membawa tanda-tanda protes hitam yang mengatakan "Mengundurkan diri adalah ekspresi belasungkawa" - pesan runcing untuk Presiden Yoon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.