Sukses

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Italia, Getaran Terasa di Beberapa Negara dari Roma hingga Bosnia

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 di lepas pantai resor Italia Rimini telah dirasakan di seluruh Italia tengah dan sebagian Balkan.

Liputan6.com, Roma - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 di lepas pantai resor Italia Rimini telah dirasakan di seluruh Italia tengah dan sebagian Balkan.

Mengutip BBC, Rabu (9/11/2022), rumah-rumah berguncang selama beberapa detik di Pantai Adriatik. Ada laporan kerusakan kecil akibat gempa Italia itu, tetapi tidak ada korban jiwa.

Selain itu, sekolah-sekolah ditutup di beberapa bagian wilayah Marche tengah. Kereta api dihentikan di sekitar kota Ancona karena dugaan kerusakan rel.

Pejabat Italia mengatakan gempa itu memiliki pusat gempa pada kedalaman 8 km (5 mil).

Getaran gempa itu terasa di Roma, di barat dan Bologna di timur laut serta melintasi Laut Adriatik di Slovenia, Kroasia dan Bosnia Herzegovina.

Getaran gempa Italia pertama dan terkuat dirasakan pada pukul 07.07 (06:07 GMT) diikuti oleh sejumlah guncangan kecil.

Batu yang jatuh terlihat di pusat Ancona dan di stasiun, dan penduduk bergegas ke jalan-jalan dengan panik. Laporan Italia mengatakan kereta ditangguhkan di beberapa jalur termasuk antara Ancona dan ibu kota, Roma.

Namun, pemadam kebakaran mengatakan belum menerima permintaan penyelamatan.

Italia Tengah adalah salah satu daerah gempa paling aktif di Eropa. Gempa bumi berkekuatan 6,2 pada 2016 menewaskan 299 orang, sebagian besar di desa pegunungan Amatrice yang indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gempa M 5,6 Guncang Nepal Tewaskan 5 Orang, Getaran Terasa hingga India

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 5,6 melanda Nepal barat pada Rabu 9 November 2022 pagi waktu setempat, menewaskan sedikitnya lima orang, menurut pejabat setempat.

Pusat gempa Nepal terletak di Seti Zone, dengan kedalaman 15,7 kilometer (9,7 mil), menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) seperti dikutip dari CNN. Berada 21 kilometer timur Dipayal, sebuah kotamadya di Distrik Doti barat jauh Nepal, kata USGS.

"Sedikitnya lima orang tewas dan lima lainnya cedera di kotamadya pedesaan Purbichauki di Distrik Doti, Bhola Bhatta," kata wakil inspektur polisi distrik Doti kepada CNN.

"Satu orang hilang dan tiga jam hancur total (wilayah itu) akibat gempa," kata wakil inspektur polisi distrik Doti seraya menambahkan bahwa operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung.

Pengguna media sosial melaporkan merasakan getaran hingga ke Delhi India.

Pihak berwenang sejauh ini tidak memperkirakan korban dalam jumlah besar karena pusat gempa bumi tampaknya berada di daerah yang jarang penduduknya di sekitar Taman Nasional Khaptad, kata Bhatta.

Pada 2015, gempa berkekuatan 7,8 SR mengguncang Nepal, menewaskan hampir 9.000 orang dan meratakan rumah dan bangunan.

Negara yang terkurung daratan ini adalah tempat lempeng tektonik India dan Eurasia bertabrakan, menciptakan Himalaya dan dataran tinggi Tibet, dan membuat Nepal rentan terhadap gempa bumi.

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Afghanistan

Sebelumnya gempa berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang wilayah ENE Jurm, Afghanistan pada Senin, 7 November 2022, pukul 03:25 waktu setempat.

Hal ini juga tercatat dalam sistem milik Survei Geologi Amerika Serikat, dikutip dari Xinhua, Senin (7/11/2022).

Pusat gempa ada pada kedalaman 103,081 km, dengan titik lokasi berada di 37,0186 derajat LU dan 71,146 derajat BT.

Sejauh ini belum ada korban jiwa yang dilaporkan. Sementara itu pada Juni 2022, Taliban di Afghanistan telah meminta dukungan internasional, karena negara itu menghadapi dampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 yang menghancurkan.

Mengutip BBC, lebih dari 1.000 orang dilaporkan tewas dan sedikitnya 1.500 orang terluka. Sementara tak diketahui berapa jumlah mereka yang terkubur di puing-puing rumah yang sering dibangun dari lumpur.

Provinsi Paktika di tenggara Afghanistan telah terkena dampak paling parah dan PBB berjuang keras untuk menyediakan tempat penampungan darurat serta bantuan makanan.

Upaya penyelamatan korban gempa terhambat oleh hujan lebat dan kurangnya sumber daya.

Para penyintas dan penyelamat telah mengatakan kepada BBC bahwa desa-desa yang hancur total di dekat pusat gempa, jalan-jalan yang rusak dan menara telepon seluler - dan ketakutan mereka bahwa jumlah korban tewas akan meningkat lebih lanjut.

Gempa bumi paling mematikan yang melanda negara itu dalam dua dekade merupakan tantangan besar bagi Taliban, gerakan Islam yang mendapatkan kembali kekuasaannya tahun lalu setelah pemerintah yang didukung Barat runtuh.

Gempa Afghanistan yang mengguncang pada Rabu 22 Juni melanda sekitar 44 km (27 mil) dari Kota Khost dan getarannya terasa hingga ke Pakistan dan India.

Mengutip CNN, hujan lebat dan angin "menghambat upaya evakuasi dengan helikopter yang dilaporkan tidak dapat mendarat", sementara upaya pencarian dan penyelamatan bersama dengan tindakan bantuan segera sedang berlangsung di provinsi-provinsi yang dilanda gempa di Afghanistan, menurut Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (UNOCHA) di Afganistan.

Terlepas dari faktor lingkungan, badan-badan kemanusiaan di bawah kepemimpinan kementerian pertahanan negara itu telah mengirimkan “delapan ambulans dan satu tim dokter ke Paktika,” menurut pernyataan UNOCHA.

4 dari 4 halaman

Gempa Magnitudo 6 Guncang El Salvador Malam Hari

Sebelumnya lagi, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 terjadi di 43 kilometer di lepas pantai El Salvador Kamis 3 November 2022 malam, tidak jauh dari ibu kota negara San Salvador, menurut United States Geological Survey (USGS) atau Survei Geologi Amerika Serikat.

Sementara itu pihak berwenang El Salvador memberikan keterangan besaran gempa yang berbeda yakni magnitudo 6.

"Gempa berkekuatan 6,0 mengguncang El Salvador pada Kamis malam, tanpa laporan awal mengenai korban atau kerusakan material," kata pihak berwenang El Salvador mengutip AFP, Jumat (4/11/2022).

Getaran gempa El Salvador itu tercatat pada pukul 22.26 waktu setempat (Jumat 04.26 GMT) dan pusat gempanya terletak 37 km di lepas pantai selatan negara itu, dekat Kota Mizata di La Libertad, kata kementerian lingkungan dalam sebuah pernyataan.

El Salvador adalah negara terkecil di Amerika Tengah, dengan negara tetangga Guatemala di utara dan Honduras di timur dan selatan. Negara ini rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi dan angin topan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.