Sukses

Kala Joe Biden Hormat ke Jokowi di KTT G20

Di antara pemimpin negara dan delegasi G20 yang hadir, Presiden AS Joe Biden menjadi satu-satunya yang memberikan gesture hormat kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Nusa Dua - Selasa 15 November 2022 pagi para pemimpin dunia dan delegaso negara G20 menuju The Apurva Kempinski Bali, lokasi KTT G20 digelar. Satu per satu disambut oleh Jokowi sebelum melakukan sesi foto bersama.

Di antara pemimpin negara dan delegasi G20 yang hadir, Presiden AS Joe Biden menjadi satu-satunya yang memberikan gesture hormat kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan Liputan6.com dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022), Joe Biden memberi 'hormat' kepada Jokowi sesaat sebelum naik panggung tempat sesi foto dilakukan. Ia kemudian terlihat menyalaminya lalu berfoto dan turun menuju venue acara.

KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali segera mempertemukan para pemimpin dunia untuk duduk bersama dan melakukan dialog guna menemukan solusi untuk permasalahan global. 

Sementara menurut pantauan Liputan6.com dari Media Center di Nusa Dua, Bali, sebelumnya pemimpin dunia lainnya juga telah hadir. Mereka adalah Sekjen WHO, Delegasi ILO, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, PM Belanda Mark Rutte, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga PM Inggris Rishi Sunak dan sejumlah pemimpin lainnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bertemu sudah bertemu Presiden Amerika Serikat di Bali, sebelum penyelenggaraan KTT G20 yakni pada Senin 14 November.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi tampak mengenakan setelan jas hitam, sementara Joe Biden dengan setelah jas biru.

Dalam siaran diunggah oleh akun Sekretariat Presiden, Jokowi mengucapkan selamat datang pada Joe Biden.

"Presiden Joe Biden selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia.Saya sangat menghargai kedatangan Presiden Joe Biden KTT G20 Bali," kata Jokowi pada Senin (14/11/2022).

"Oleh karena itu saya sampaikan apresiasi kedatangan di KTT G20."

"Saya berharap KTT G20 bisa menghasilkan kerja sama yang konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global."

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. 

2 dari 4 halaman

Ada Gala Dinner G20, Jalanan di Kawasan Garuda Wisnu Kencana Bali Ditutup Mulai Sore Ini

Sementara itu, Polri akan menutup sejumlah jalan dan mengalihkan arus lalu lintas di sekitar kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali. Penutupan ini dilakukan, lantaran ada gala dinner para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Direktur Penegakkan Hukum (Dir Gakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, penutupan dan pengalihatan arus itu akan dilakukan dalam dua waktu yakni pukul 17.30-19.30 Wita dan 20.30-22.00 Wita.

"Nanti 17.30 Wita, pada saat menjelang gala dinner di GWK kita tutup kembali arus lalu lintas menuju GWK. Karena tamu negara banyak di Nusa Dua Utara, maka jalan Nusa Dua Utara menuju GWK kita tutup dari 17.30 sampai 19.30 Wita," kata Aan, Selasa (15/11/2022).

"Dan pukul 20.30 hingga pukul 22.00 Wita, ditutup kembali untuk para delegasi kembali ke tempat akomodasi," lanjut dia.

Dia pun meminta maaf kepada masyarakat dan wisatawan di Bali jika nantinya ada sejumlah penutupan, dan pengalihan arus lalu lintas selama gelaran acara tersebut.

Jajarannya pun telah menyiapkan sejumlah rute alternatif untuk masyarakat dan wisatawan jika nantinya ada penutupan jalan.

"Masyarakat Bali dan wisatawan mudah-mudahan bisa memahami jika adanya kepadatan dan pengalihan. Kita sudah menyiapkan backup ada penebalan untuk mengurai kepadatan," tutur Aan.

Untuk mengurangi aktivitas masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) Bali juga sudah mengeluarkan surat edaran agar aktivitas belajar dan perkantoran dapat dilakukan di rumah. Apalagi, dua hari ini adalah puncak dari rangkaian KTT G20.

 

3 dari 4 halaman

Spouse Program G20, Ibu Negara Korea Selatan Makan Rujak Bareng Iriana

Yang tak kalah jadi sorotan adalah Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee menikmati rujak dan emping dalam kunjungannya ke KTT G20 di Bali. Ia menikmati makanan khas Indonesia itu dalam acara yang dipandu Ibu Negara RI Iriana Jokowi. 

Para pasangan pemimpin G20 memang diajak untuk jalan-jalan dalam acara Spouse Program. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut menyediakan kuliner dan pameran seni lokal.

Rujak dan emping menjadi bagian dari menu lokal yang disajikan kepada para peserta Spouse Program. 

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa, menyebut bahwa Ibu Negara Korea Selatan juga turut menikmati sajian tersebut. 

Rizki menjelaskan rujak yang disantap memiliki jambu, salang yang dipotong tipis, hingga bengkoang.

Ada perwakilan enam negara yang hadir di acara Spouse Program. Selain Korea Selatan, ada China, Spanyol, Jepang, Turki, dan dari Uni Eropa. Perwakilan dari Uni Eropa adalah suami Presiden Komisi Eropa, yakni Heiko von der Leyen.

"Mereka terhadap apa yang kita pamerkan sangat tertarik," ujar Rizki Handayani di Media Center G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Rizki juga menjelaskan bahwa para perwakilan negara bergaul dengan akrab dengan Ibu Negara RI Iriana.

Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo berkata bahwa acara Spouse Program berhasil digelar dengan sukses. 

"Berdasarkan obvervasi kami, para pasangan menikmati acara pagi ini dan mengapresiasi tampilan persatuan dan keanekaragaman Indonesia dari Aceh ke Papua. Kami berharap Spouse Program dapat menjadi pandangan sekilas dari keramahtamahan Indonesia yang terkenal, pariwisata, dan ekonomi hijau," ujar Angela Tanoesoedibjo. 

4 dari 4 halaman

Joe Biden Kagum Tari Bali: Amazing, Wonderful!

Sebelumnya, pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali untuk menghadiri KTT G20.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dan sejumlah penari yang menunjukkan tarian Bali.

Sandiaga bercerita, sembari berjalan kaki dan disambut tarian Bali, Joe Biden menyampakan sangat kagum terhadap tarian tersebut. "Dia sangat kagum dan dia ucapkan 'amazing, splendid, wonderful'. Sebagai rasa terima kasih dia mengucapkan 'thank you’ kepada para penari.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Presiden AS Joe Biden atas kesediaanya menghadiri KTT G20. “Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami menyampaikan keinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One," ujar Sandiaga, Minggu malam di Denpasar Bali.

Sandiaga juga mengatakan kunjungan wisatawan dari AS beberapa waktu belakangan mengalami peningkatan. Ia pun mengungkapkan harapannya di hadapan Biden agar produk-produk ekonomi kreatif Indonesia semakin diminati, terutama produk fashion, kuliner dan produk kerajinan tangan.