Sukses

Fashion Show Produk Lokal hingga Batak Night Warnai Semarak Pameran UMKM di KTT G20

Berbagai acara yang menunjukkan kualitas produk lokal pun digelar di side event G20.

Liputan6.com, Denpasar - Setelah penyelenggaraan KTT G20 pada 15-16 November lalu, salah satu side event yang masih berlangsung adalah SMEs Future Village, pameran UMKM dari produk lokal yang berkualitas. 

Sejak pertama diresmikan oleh Menkop-UKM Teten Masduki, berbagai acara telah mewarnai penyelenggaraan pameran ini, mulai dari fashion show oleh desainer ternama Poppy Dharsono hingga berbagai talkshow yang mengangkat soal kualitas produk lokal yang dipamerkan. 

Yang terbaru adalah fashion show dan peluncuran Modest Sport Wear dari Temiko Indonesia x Sovlo produk lokal lainnya. 

Temi Sumarlin, yang merupakan CEO dari Scarf Media pun mengungkapkan bahwa ia sangat senang dan menyambut baik kesempatan untuk menjadi kolaborator dalam acara tersebut.

"Kami bisa menggandeng Gerakan Kreatif Nasional (Gekrafs) sebagai kurator dari UMKM terbaik dari seluruh Indonesia," ujar Temi.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa ia akan mengusulkan adanya hari Ekonomi Kreatif Nasional kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini tentunya merupakan sebuah bentuk dukungan terhadap pelaku atau pengusaha UMKM lokal yang memiliki produk berkualitas. 

Terkait tanggal yang digunakan sebagai hari Ekonomi Kreatif Nasional, ia akan mengacu pada diterbitkannya Undang-Undang nomor 24 tahun 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemeriahan Acara

Selain fashion show yang menggandeng produk lokal, acara "Batak Night" pun semakin menyemarakkan pameran tersebut. 

Para pengunjung yang hadir pun disuguhkan dengan tampilan nyanyian dan tarian adat yang tentunya juga dibalut oleh indahnya pakaian adat. 

Acara ini memang memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman murni bagi pengunjung, yang mungkin tidak bisa dirasakan di tempat lain. 

3 dari 4 halaman

Acara SMEs Future Village

Side event ini mengambil tema "Future SMEs Village, Local Wisdom for Global Sustainability." Acara ini merupakan bentuk kepedulian dari Kementerian Koperasi dan UMKM terhadap pengusaha lokal dan pengerajin dalam negeri.

Adapun, acara ini memiliki tujuan utama untuk memamerkan hasil karya anak bangsa demi bisa merambah pasar global. Harapannya, mereka dapat unjuk gigi dan memamerkan karyanya kepada delegasi maupun tamu,tamu yang hadir dalam ajang KTT G20 ini.

Pada momen tersebut, para pelaku usaha memiliki kesempatan untuk menunjukkan keragaman budaya lokal.

Lebih dari 20 peserta turut ambil bagian dalam kegiatan ini dalam berbagai bidang mulai dari kuliner, musik, keramahan lingkungan dan lain-lain. 

Future SMEs Village yang berlokasi di area Bali Collection Nusa Dua, dijadikan pusat para delegasi G20 untuk berkumpul dan berinteraksi serta menikmati ciptaan karya terbaik nusantara.

Acara ini pun didukung oleh berbagai sponsor diantaranya adalah: Yayasan Bambu Lestari, Yayasan Taut Seni, Bali Collection, Telkomsel, Rumah BUMN, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, PELINDO, Pertamina, PLN, PIHC, SIG, Telkom Indonesia, PNM, Angkasapura, PT POS Indonesia, Honda, XL Axiata,  LSPR, Datam Korea.

4 dari 4 halaman

Pamerkan Karya Terbaik Nusantara

Future SMEs Village yang berlokasi di area Bali Collection Nusa Dua, dijadikan pusat para delegasi G20 untuk berkumpul dan berinteraksi serta menikmati ciptaan karya terbaik nusantara.

Di Future SMEs Village, para delegasi dapat menikmati Future Mobility, Future Craft, Future Fashion, Future Food dan Future Wellness serta berbagai performance tradisional dan contemporer serta arsitektur berbahan bambu selama pelaksanaan Future SMEs Village.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.