Sukses

Sejarah Thanksgiving Day hingga Jadi Libur Nasional di AS dan Kanada

Sejarah perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat di AS dan Kanada.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Thanksgiving telah menjadi hari libur nasional di Amerika Serikat, dan Thanksgiving 2022 jatuh pada 24 November.

Pada tahun 1621, penjajah Plymouth dan Wampanoag berbagi pesta panen musim gugur yang sekarang diakui sebagai salah satu perayaan Thanksgiving pertama di koloni. Selama lebih dari dua abad, perayaan syukur dirayakan oleh masing-masing koloni dan negara bagian.

Baru pada tahun 1863, di tengah-tengah Perang Saudara, Presiden Abraham Lincoln mengumumkan Hari Thanksgiving nasional yang diadakan setiap bulan November.

Pada bulan September 1620, sebuah kapal kecil bernama Mayflower meninggalkan Plymouth, Inggris, membawa 102 penumpang—kumpulan separatis religius yang mencari rumah baru di mana mereka dapat dengan bebas menjalankan keyakinan mereka dan individu lain yang terpikat oleh janji kemakmuran dan kepemilikan tanah di "Dunia baru."

Setelah penyeberangan yang berbahaya dan tidak nyaman yang berlangsung selama 66 hari, mereka membuang sauh di dekat ujung Cape Cod, jauh di utara tujuan yang mereka tuju di muara Sungai Hudson.

Satu bulan kemudian, Mayflower menyeberangi Teluk Massachusetts, tempat para Peziarah, seperti yang sekarang dikenal umum, memulai pekerjaan mendirikan desa di Plymouth.

2 dari 4 halaman

Makanan

Sejarawan berpendapat bahwa banyak hidangan kemungkinan besar disiapkan menggunakan rempah-rempah dan metode memasak tradisional penduduk asli Amerika.

Karena para Peziarah tidak memiliki oven dan persediaan gula Mayflower telah menyusut pada musim gugur tahun 1621, makanan tersebut tidak menyajikan pai, kue, atau makanan penutup lainnya, yang telah menjadi ciri khas perayaan kontemporer.

3 dari 4 halaman

Jadi Libur Nasional

Peziarah mengadakan perayaan Thanksgiving kedua mereka pada tahun 1623 untuk menandai berakhirnya kekeringan panjang yang mengancam panen tahun itu dan mendorong Gubernur Bradford untuk menyerukan puasa keagamaan. 

Hari-hari puasa dan ucapan syukur secara tahunan atau sesekali menjadi praktik umum di pemukiman New England lainnya juga. 

Selama Revolusi Amerika, Kongres Kontinental menetapkan satu atau lebih hari syukur dalam setahun, dan pada 1789 George Washington mengeluarkan proklamasi Thanksgiving pertama oleh pemerintah nasional Amerika Serikat; di dalamnya, dia meminta orang Amerika untuk mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas kesimpulan yang membahagiakan atas perang kemerdekaan negara dan keberhasilan ratifikasi Konstitusi AS. 

Penerusnya John Adams dan James Madison juga menetapkan hari Thanksgiving selama masa kepresidenan mereka.

Pada tahun 1817, New York menjadi yang pertama dari beberapa negara bagian yang secara resmi mengadopsi hari libur Thanksgiving tahunan; masing-masing merayakannya pada hari yang berbeda, dan sebagian besar wilayah Amerika Selatan tetap tidak terbiasa dengan tradisi tersebut. 

4 dari 4 halaman

Jadwal Thanksgiving

Abraham Lincoln akhirnya mengindahkan permintaannya pada tahun 1863, pada puncak Perang Saudara. 

Dia menjadwalkan Thanksgiving untuk Kamis terakhir di bulan November, dan itu dirayakan pada hari itu setiap tahun hingga 1939, ketika Franklin D. Roosevelt menaikkan hari libur seminggu dalam upaya untuk memacu penjualan ritel selama Depresi Hebat.

Rencana Roosevelt, yang dikenal dengan celotehan Franksgiving, mendapat tentangan yang kuat, dan pada tahun 1941 presiden dengan enggan menandatangani undang-undang yang membuat Thanksgiving pada hari Kamis keempat di bulan November.