Sukses

AU AS Perdana Sukses Uji Rudal Hipersonik, Berkecepatan 4.000 Mil/Jam

Angkatan Udara AS melakukan uji coba sukses pertama dari Air-launched Rapid Response Weapon atau rudal hipersonik melalui peluncuran udara.

Liputan6.com, Jakarta Angkatan Udara AS melakukan uji coba sukses pertama dari Air-launched Rapid Response Weapon atau rudal hipersonik melalui peluncuran udara, kata Angkatan Udara dalam sebuah pernyataan, sebuah program yang sebelumnya mengalami serangkaian kemunduran karena kegagalan pengujian.

Prototipe lengkap dari Air-launched Rapid Response Weapon yang dikenal sebagai ARRW, diluncurkan dari B-52 di lepas pantai California pada Jumat 9 Desember 2022.

"Rudal AGM-183A mencapai kecepatan hipersonik lebih dari lima kali kecepatan suara dan meledak di area terminal," kata Test Wing ke-96.

Menurut Angkatan Udara AS, Semua tujuan tes terpenuhi.

ARRW adalah rudal boost-glide yang menggunakan roket pendorong untuk mempercepat proyektil ke kecepatan hipersonik. Kendaraan luncur kemudian berpisah dari pendorong dan menggunakan kelembaman untuk melakukan perjalanan ke sasarannya dengan kecepatan hipersonik.

Tes ini adalah yang pertama dari keseluruhan sistem, yang dikenal sebagai tes All-Up-Round. Peluncuran sebelumnya difokuskan pada roket pendorong.

Rudal ARRW mengalami serangkaian kegagalan dalam pengujian tahun lalu, memaksa Angkatan Udara AS untuk menunda proyek tersebut. Angkatan Udara AS menggambarkan kegagalan itu sebagai "anomali."

Pentagon telah meningkatkan penekanan pada pengujian dan pengembangan senjata hipersonik, terutama karena China dan Rusia telah menunjukkan kemajuan dalam program mereka sendiri.

Rusia telah mengerahkan rudal hipersonik Kinzhal di Ukraina, mungkin menandai pertama kalinya senjata semacam itu digunakan dalam perang. Dan selama pengujian tahun lalu, rudal hipersonik China terbang ke seluruh dunia sebelum mengenai sasarannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkecepatan 4.000 Mil Per Jam

Senjata hipersonik bergerak dengan kecepatan lebih dari Mach 5, atau sekitar 4.000 mil per jam, membuatnya sulit dideteksi dan dicegat tepat waktu. Rudal juga dapat bermanuver dan memvariasikan ketinggian, memungkinkan mereka untuk menghindari sistem pertahanan rudal saat ini.

Ketika negara-negara adidaya lainnya mendorong maju dengan pengembangan senjata hipersonik mereka, AS mendapati dirinya semakin tertinggal akibat kegagalan pengujian.

Pada bulan Mei, sistem hipersonik lain yang disebut Common Hypersonic Glide Body gagal selama tes lengkap pertamanya karena "anomali", kata Pentagon. Tes sistem sebelumnya, sebuah usaha patungan antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut, juga gagal.

Sejak itu, Pentagon telah bekerja untuk meningkatkan kecepatan pengujian hipersonik dan upaya penelitian dan pengembangannya, meminta universitas untuk membantu beberapa aspek rudal canggih yang lebih rumit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.