Sukses

Organisasi Ini Suarakan Kepunahan Manusia Jadi Solusi Terbaik Untuk Bumi

Sebuah organisasi melakukan gerakan bernama Human Extinction Movement untuk mencoba meyakinkan umat manusia untuk bersikap baik.

Liputan6.com, Jakartam- Sebuah organisasi melakukan gerakan bernama Human Extinction Movement untuk mencoba meyakinkan umat manusia untuk bersikap baik.

Didirikan pada tahun 1991, Voluntary Human Extinction Movement (VHEM) percaya bahwa umat manusia “tidak sesuai dengan biosfer” dan bahwa kepunahan manusia adalah solusi terbaik untuk beberapa masalah lingkungan yang paling mendesak dan mengganggu planet ini.

Sudah ada 8 miliar umat manusia di Bumi. Banyak pengikut ideologi VHEM ini percaya bahwa “kejahatan terburuk yang dapat dilakukan setiap individu adalah melahirkan lebih banyak manusia”.

Dan meskipun gagasan itu mungkin terdengar tidak masuk akal, Les U. Knight -- pendiri organisasi -- dan orang-orang yang berpikiran sama memiliki beberapa argumen untuk mendukungnya.

Terlepas dari sifat destruktif manusia dalam hubungannya dengan spesies lain dan planet kita secara umum, ada juga masalah ketidakmampuan untuk menjaga anggota spesies manusia sendiri, dikutip dari Oddity Central, Rabu (14/12/2022).

“Tidak dapat dibenarkan untuk hari ini. Puluhan ribu anak meninggal karena kekurangan gizi atau masalah kekurangan perawatan,” kata Knight kepada CBC Canada.

Gerakan ini percaya bahwa sebagian besar masalah yang dihadapi planet kita saat ini disebabkan secara langsung oleh manusia atau sangat diperburuk oleh jumlah kita yang terus bertambah.

Dan karena jumlah manusia terus bertambah, masalah ini akan bertambah besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manusia Terlalu Subur

Meskipun mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk mempromosikan gerakan ini, Les U. Knight mengakui bahwa kemungkinan kepunahan manusia yang dilakukan secara sukarela 'sangat kecil'.

“Karena selama ada satu pasangan homo sapiens yang berkembang biak, kita akan segera kembali ke berbagai permasalahan. Kita sangat subur,” kata Knight. “Kepunahan tak disengaja adalah hal yang sebenarnya kami upayakan secara kolektif.”

Reproduksi adalah masalah besar menurut VHEM, karena gerakan tersebut mengklaim bahwa ratusan juta pasangan di seluruh dunia tidak memiliki sarana untuk menghindari kehamilan yang tidak mereka inginkan.

Di Afrika, orang tidak memiliki cukup akses ke kondom atau alat kontrasepsi lainnya, dan di AS, keputusan Mahkamah Agung baru-baru ini untuk mencabut hak aborsi hanya akan memperburuk keadaan.

3 dari 4 halaman

Jumlah Populasi Dunia Ada 8 Miliar Orang

Pada Selasa (15/11/2022), diperkirakan orang ke-8 miliar akan lahir.

Populasi dunia mencapai 7 miliar orang pada 2011. Sebelumnya, ada 6 miliar orang pada 1999, 5 miliar orang pada 1987, 4 miliar orang pada 1974, 3 miliar orang pada 1960 dan 2 miliar orang pada 1927 dan kita mencapai 1 miliar orang pada 1804.

Mungkin ada 230 juta dari kita manusia di Bumi sekitar waktu kematian Cleopatra, ketika peradaban Mesir kuno berakhir. 

Populasi telah meningkat lebih dari dua kali lipat pada masa Renaissance di tahun 1500 dan meningkat dua kali lipat lagi pada 1805 ketika peradaban Mesir kuno ditemukan kembali dengan bantuan Batu Rosetta. 

Ini semua adalah perkiraan yang cukup kasar - kita tidak memiliki sensus yang komprehensif pada Abad Pertengahan. 

Angka 2 miliar tercapai tepat sebelum Depresi Besar pada 1925, dan hanya butuh waktu 35 tahun dari sana untuk mencapai miliar ketiga. 

Mengutip The Guardian, sejak itu, populasi telah meningkat satu miliar lagi setiap 10 hingga 15 tahun. 

Populasi global hari ini mencapai tonggak sejarah dan beberapa analis mengungkapkan kekhawatirannya karena bertambahnya populasi seraya dengan bumi yang menua. Ketidaksetaraan makin tinggi, krisis iklim makin parah, konflik makin luas yang menyebabkan migrasi tinggi. 

"Ini adalah transformasi mendasar tentang seperti apa masyarakat itu," kata Elin Charles-Edwards dari University of Queensland. 

"Kita telah melalui periode yang cukup luar biasa pada abad ke-20 hingga abad ke-21, di mana kita telah beralih dari rezim demografis dengan banyak anak-anak dan orang-orang yang meninggal pada usia muda ke periode pertumbuhan yang sangat cepat."

Lalu, apa yang sebenarnya akan kita hadapi saat jumlah populasi dunia mencapai 8 miliar ini?

4 dari 4 halaman

Penambahan Populasi Masa Depan

Dunia kemungkinan akan memiliki beberapa miliar mulut lagi untuk diberi makan hanya dalam beberapa dekade kedepan.

Proyeksi terbaru PBB, yang dirilis awal tahun ini, menunjukkan bahwa dunia akan menampung sekitar 9,7 miliar manusia pada  2050.

"Proyeksi demografis sangat akurat, dan ini berkaitan dengan fakta bahwa sebagian besar orang yang akan hidup untuk 30 tahun mendatang telah lahir," kata direktur divisi populasi PBB, John Willmoth.

Di bawah skenario yang paling mungkin, PBB memproyeksikan populasi dunia akan mencapai sekitar 10,4 miliar pada tahun 2080-an.  

Dari sana, populasi dunia akan berada di dataran tinggi selama beberapa dekade, sebelum jatuh sekitar pergantian abad ke-22. 

Menurut PBB, ada delapan negara yang diproyeksikan bertanggung jawab atas lebih dari setengah pertambahan populasi dunia di 2050. 

Salah satunya adalah India, yang akan menyalip China sebagai negara terpadat di dunia tahun depan. 

Pakistan dan Filipina juga masuk dalam daftar, dan lima sisanya semuanya berada di Afrika, yaitu Nigeria, Tanzania, Etiopia, Republik Demokratik Kongo, dan Mesir. 

Afrika Sub-Sahara, khususnya, tumbuh dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.