Sukses

Anggota Parlemen AS Serukan Tuntutan Pidana Terhadap Donald Trump

Parlemen AS menyerukan tuntutan pidana terhadap Trump.

Liputan6.com, Washington - Anggota parlemen yang menyelidiki serangan tahun lalu di US Capitol merekomendasikan pada Senin 19 Desember bahwa Donald Trump didakwa dengan berbagai pelanggaran termasuk pemberontakan - meningkatkan taruhan dalam penyelidikan kriminal paralel yang dapat memenjarakan mantan presiden.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (20/12/2022), komite pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat menyerukan dakwaan - serta tuduhan menghalangi proses resmi dan konspirasi untuk menipu Amerika Serikat - setelah penyelidikan selama 18 bulan terhadap penyerbuan Kongres pada 6 Januari 2021.

Sedikitnya lima orang tewas setelah massa yang dipicu oleh klaim palsu Trump tentang pemilihan yang dicuri, dan diarahkan untuk berbaris di Kongres oleh presiden yang kalah, mengobrak-abrik kursi demokrasi AS dalam upaya yang digagalkan untuk mencegah pengalihan kekuasaan kepada Presiden Joe Biden.

Komite bipartisan memilih dengan suara bulat untuk merujuk dakwaan ke Departemen Kehakiman setelah pidato pembukaan oleh wakil ketua Liz Cheney di mana dia menuduh Trump "jelas melalaikan tugas" karena gagal untuk segera menghentikan kerusuhan dan menyebutnya "tidak layak untuk kantor manapun".

"Tidak ada orang yang berperilaku seperti itu pada saat itu yang dapat menjabat dalam posisi otoritas apa pun di negara kita lagi," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyelidikan Terhadap Trump

Rujukan tersebut sebagian besar dilihat sebagai simbolis, karena panel tidak memiliki kendali atas keputusan pembebanan, yang berada di tangan Departemen Kehakiman.

Jack Smith, jaksa khusus independen yang ditunjuk oleh Jaksa Agung Merrick Garland, memimpin penyelidikannya sendiri terhadap Trump terkait pemilu 2020.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Trump

Trump mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bahwa tujuan penyelidikan adalah untuk "mencegahnya mencalonkan diri sebagai presiden karena mereka tahu saya akan menang" dan bahwa setiap tuntutan akan menjadi "upaya partisan untuk mengesampingkan saya".

Peringkat persetujuan Trump berada di bawah - minus 20 poin persentase dalam rata-rata RealClearPolitics, dibandingkan dengan minus delapan persen untuk Biden.

Tetapi langkah anggota parlemen tetap bersejarah, karena Kongres tidak pernah membuat rujukan pidana terhadap presiden atau mantan presiden, dan itu akan menambah tuntutan di antara lawan Trump untuk penuntutan.

Ini juga merupakan pukulan besar bagi Trump di tengah serangkaian kesalahan langkah dalam minggu-minggu sejak dia mengumumkan tawaran kembali untuk Gedung Putih - termasuk pemilihan paruh waktu Partai Republik yang buruk di negara bagian di mana taipan tersebut mendukung kandidat.

4 dari 4 halaman

Tuduhan Terhadap Trump

Tuduhan tersebut dapat mengakibatkan pelarangan jabatan publik untuk Republikan berusia 76 tahun, yang masih memegang kekuasaan besar di Partai Republik, dan bahkan hukuman penjara.

"Memberikan suara di Amerika Serikat adalah tindakan iman dan harapan," kata ketua komite Bennie Thompson.

"Keyakinan pada sistem kita adalah fondasi demokrasi Amerika. Jika keyakinan rusak, begitu pula demokrasi kita. Donald Trump merusak keyakinan itu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.