Sukses

PM Narendra Modi Waspadai Peningkatan Kasus COVID-19 di China Juga Melanda India

PM Narendra Modi mulai memberi peringatan soal meningkatnya kasus COVID-19.

Liputan6.com, New Delhi - Perdana Menteri India Narendra Modi telah mendesak orang-orang untuk mulai memakai masker lagi saat negara tersebut meningkatkan pengawasan terhadap kasus COVID-19. Modi pun mengadakan pertemuan tinjauan pada Kamis 22 Desember di tengah lonjakan kasus di China yang membuat India waspada.

Dilansir BBC, Jumat (23/12/2022), Modi menyerukan peningkatan pengujian dan mendorong kembali ke perilaku yang sesuai protokol kesehatan COVID-19. India sebelumnya telah melonggarkan aturan COVID-19, termasuk pemakaian masker pada awal 2022 setelah penurunan tingkat infeksi.

Negara ini menyaksikan dua gelombang mematikan pada 2020 dan 2022 - dan pemerintah mendapat kecaman keras atas penanganan gelombang kedua pada musim panas 2021 ketika ribuan orang meninggal di tengah kekurangan pasokan oksigen dan obat-obatan kritis.

Modi meminta negara bagian untuk memastikan kesiapan operasional infrastruktur rumah sakit, termasuk pasokan tabung oksigen dan ventilator yang sehat. 

Meskipun tidak ada alasan untuk panik, perdana menteri memperingatkan agar tidak berpuas diri dan mendesak warga untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan. Menurut data pemerintah, India saat ini hanya memiliki sekitar 3.400 kasus aktif virus corona, tetapi laporan lonjakan di China menimbulkan rasa takut di antara banyak orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus di India

Selama beberapa bulan terakhir, India telah melaporkan empat kasus Covid-19 yang disebabkan oleh BF.7, subvarian Omicron yang terkait dengan lonjakan kasus di China.

Kasus yang terdeteksi sebanyak 4, tiga di negara bagian Gujarat dan satu di Odisha - terdeteksi pada Juli, September dan November dan pasien telah pulih, kata pejabat kesehatan.

Beberapa ahli mengatakan bahwa India tidak punya alasan untuk panik.

3 dari 4 halaman

Tingkat Vaksinasi

Di Delhi, Ketua Menteri Arvind Kejriwal telah meyakinkan masyarakat bahwa tidak ada kasus varian Covid yang terdeteksi di ibu kota negara. Di negara bagian selatan Karnataka, pemerintah telah mewajibkan tes Covid untuk gejala mirip flu dan mengatakan masker akan segera diwajibkan di ruang tertutup.

Pejabat tinggi kesehatan telah meminta orang untuk mendapatkan vaksinasi dan mengambil dosis booster. 

Lebih dari 2,2 miliar dosis vaksin Covid telah diberikan sejauh ini di negara tersebut, tetapi hanya 27% populasi yang telah menggunakan dosis penguat - yang disebut India sebagai "dosis pencegahan" - sejauh ini.

4 dari 4 halaman

Tingkat Mobilitas

Pemerintah mengatakan belum memiliki rencana untuk menghentikan penerbangan dari negara tempat kasus baru dilaporkan. 

Tetapi negara itu telah melanjutkan pengujian acak terhadap pelancong internasional di bandara.Pada hari Kamis, menteri kesehatan India Mansukh Mandaviya mengatakan di parlemen bahwa meskipun kasus di China meningkat, kasus di India "menipis". 

Dia menambahkan bahwa kementerian memantau dengan cermat varian baru dan menyarankan negara bagian untuk meningkatkan pengurutan genom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.