Sukses

Paus Fransiskus di Malam Misa: Yesus Hidup Miskin, Manusia Jangan Haus Kekuasaan

Paus Fransiskus mengutuk perang, kemiskinan, dan konsumerisme yang rakus.

Liputan6.com, Vatikan - Mengingat kelahiran Yesus di sebuah kandang, Paus Fransiskus menegur mereka yang "rakus" akan kekayaan dan kekuasaan dengan mengorbankan yang rentan, termasuk anak-anak, dalam homili Malam Natal.

Paus Fransiskus mengutuk perang, kemiskinan, dan konsumerisme yang rakus, dikutip dari NST.com.my, Minggu (25/12/2022).

Dalam kemegahan Basilika Santo Petrus, Fransiskus memimpin Misa malam yang dihadiri oleh sekitar 7.000 umat, termasuk turis dan peziarah.

Mereka berduyun-duyun ke gereja pada malam yang hangat dan mengambil tempat di belakang barisan dengan paus berjubah putih.

Fransiskus menarik pelajaran dari kerendahan hati pada jam-jam pertama kehidupan Yesus di palungan.

“Sementara hewan makan di kandang mereka, pria dan wanita di dunia dalam kelaparan saat yang lain bangga akan kekayaan dan kekuasaan,” keluh Paus.

"Berapa banyak perang yang telah kita saksikan. Dan di berapa banyak tempat, bahkan hari ini, martabat dan kebebasan manusia diperlakukan dengan hina."

"Seperti biasa, korban utama dari keserakahan manusia ini adalah yang lemah dan rentan," kata Francis, yang tidak menyebutkan konflik atau situasi tertentu.

“Natal ini juga, seperti dalam kasus Yesus, dunia yang rakus akan uang, kekuasaan, dan kesenangan tidak memberi ruang bagi anak-anak kecil, begitu banyak anak yang belum lahir, miskin dan terlupakan,” kata paus dengan suara yang terdengar lelah dan hampir serak.

"Saya pikir di atas segalanya anak-anak dilahap oleh perang, kemiskinan dan ketidakadilan."

Meski begitu, Paus mendesak orang-orang untuk berhati-hati.

"Jangan biarkan diri Anda dikuasai oleh rasa takut, pasrah atau putus asa."

Yesus berbaring di palungan menunjukkan di mana "kekayaan sejati dalam hidup dapat ditemukan: bukan dalam uang dan kekuasaan, tetapi dalam hubungan dan pribadi."

"Yesus lahir miskin, hidup miskin dan mati miskin," kata Fransiskus.

"Dia tidak banyak berbicara tentang kemiskinan, melainkan menjalaninya, sampai akhir, demi kita."

Francis mendesak orang-orang untuk "tidak membiarkan Natal ini berlalu tanpa melakukan sesuatu yang baik."

2 dari 3 halaman

Pidato Urbi et Orbi

Pada hari Minggu, Fransiskus akan menyampaikan berkat dan pesan tradisional Urbi et Orbi (ke kota dan dunia) dari balkon Basilika Santo Petrus kepada umat Katolik di alun-alun di bawah dan di seluruh dunia.

Di Inggris, Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, diperkirakan akan mengatakan bahwa meskipun ada perang dan konflik di seluruh dunia, serta krisis biaya hidup di rumah, ada "harapan yang tak terkalahkan" dalam kelahiran Yesus Kristus.

Merefleksikan kunjungannya baru-baru ini ke Ukraina, dan melihat ke depan untuk kunjungannya yang akan datang ke Sudan Selatan bersama Paus dan Moderator Gereja Skotlandia, pemimpin Komuni Anglikan di seluruh dunia juga diharapkan untuk memohon kepada para pemimpin Sudan Selatan dan Rusia untuk mengakhiri kekerasan dan "membawa harapan bagi jutaan orang".

 

3 dari 3 halaman

Pesan Natal Presiden Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mendesak rakyatnya untuk bertahan dalam menghadapi serangan Rusia saat negara itu merayakan Natal.

Dalam pidato menantang pada hari Sabtu, dia berkata: "Kebebasan datang dengan harga tinggi. Tetapi perbudakan memiliki harga yang lebih tinggi," demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (25/12/2022).

Serangan rudal dan drone Rusia telah membuat jutaan orang Ukraina tanpa daya, pemanas, dan air mengalir.

Sebelumnya pada Sabtu, serangan udara Rusia menewaskan 10 orang di kota Kherson selatan Ukraina, kata para pejabat.

Otoritas regional mengatakan 68 orang lainnya terluka dan meminta penduduk setempat untuk segera mendonorkan darah.

Menggambarkan Rusia sebagai "negara teroris", Zelensky menuduh pasukan Rusia "membunuh demi intimidasi dan kesenangan".

Dalam sebuah posting di media sosial, ia menunjukkan gambar-gambar jalan-jalan yang penuh dengan mayat dan mobil yang terbakar, mengatakan "dunia harus melihat dan memahami kejahatan mutlak apa yang kita lawan".

Kherson, satu-satunya ibu kota regional yang direbut oleh Rusia sejak melancarkan invasi skala penuh pada 24 Februari, dibebaskan oleh Ukraina bulan lalu.