Sukses

Rusia Tembak 120 Rudal, Ukraina Keluarkan Peringatan Serangan Udara ke Seluruh Penjuru Negeri

Peringatan serangan udara telah dikeluarkan di seluruh Ukraina, karena gelombang baru serangan rudal Rusia menargetkan kota-kota besar.

Liputan6.com, Kyiv - Peringatan serangan udara telah dikeluarkan di seluruh Ukraina, karena gelombang baru serangan rudal Rusia menargetkan kota-kota besar.

Menurut laporan BBC, Kamis (29/12/2022), penasihat Presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan lebih dari 120 rudal telah diluncurkan ke penduduk dan infrastruktur sipil.

Setidaknya tiga orang - termasuk seorang gadis berusia 14 tahun - dibawa ke rumah sakit setelah ledakan menghantam ibu kota Kyiv, kata Wali Kota Vitaliy Klitschko.

Ledakan juga terdengar di Kota Kharkiv, Odesa, Lviv dan Zhytomyr.

Pemimpin regional provinsi selatan Odesa, Maksym Marchenko, berbicara tentang "serangan rudal besar-besaran di Ukraina".

Angkatan Udara Ukraina mengatakan Rusia menyerang negara itu dari "berbagai arah dengan rudal jelajah berbasis udara dan laut". Ia menambahkan bahwa sejumlah drone Kamikaze juga telah digunakan.

Peringatan serangan udara terdengar di seluruh wilayah negara pada Kamis pagi. Penasihat kepresidenan Oleksiy Arestovych mendesak warga sipil untuk mencari perlindungan dan mengatakan pertahanan udara negara itu beroperasi.

Di Kyiv, dua rumah rusak akibat puing-puing rudal yang dicegat, menurut administrasi militer kota. Klitschko mengatakan 16 rudal dihancurkan di atas kota oleh pertahanan udara.

Di wilayah selatan Mykolaiv, Gubernur Vitaly Kim menulis bahwa lima rudal dicegat oleh pertahanan udara.

Marchenko mengatakan 21 rudal ditembak jatuh di wilayah Odesa. Dia menambahkan bahwa pecahan rudal telah menghantam sebuah bangunan tempat tinggal tetapi tidak ada korban yang dilaporkan.

Dan di kota barat Lviv Wali Kota Andriy Sadovy mengatakan beberapa ledakan telah dilaporkan.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rusia Dituding Bunuh Warga Sipil Secara Massal

Penasihat Presiden Ukraina Mykhailo Podolyak menuduh Moskow berusaha "menghancurkan infrastruktur kritis dan membunuh warga sipil secara massal".

Di Ranok, sebuah desa di wilayah barat Ivano-Frankivsk, seorang penasihat senior Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan sebuah rudal telah jatuh ke rumah penduduk tetapi tidak meledak. BBC tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen.

Lusinan serangan Rusia telah menghantam Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, menyebabkan pemadaman listrik berulang kali di seluruh negeri. Walikota Lviv mengatakan pada hari Kamis bahwa 90% dari kotanya tanpa listrik, sementara Klitschko memperingatkan mungkin ada pemadaman listrik dan air lagi di ibu kota.

Pemadaman listrik telah dilaporkan di wilayah Odesa dan Dnipropetrovsk. "Mereka diperkenalkan karena ancaman serangan rudal, untuk menghindari kerusakan yang signifikan jika musuh berhasil menyerang fasilitas energi," tulis pemasok energi DTEK.

 

3 dari 4 halaman

Rudal dari Pesawat dan Kapal Rusia

Oleksandr Vilkul, kepala Administrasi Militer di pusat kota Kryvyi Rih, mengatakan rudal yang ditembakkan ke kotanya diluncurkan dari "kapal dan pesawat Rusia dari Laut Hitam". Listrik di kota telah dimatikan sebagai "pencegahan", tambahnya.

Komando selatan Ukraina telah mengeluarkan peringatan bahwa pasukan Rusia bersiap untuk meluncurkan hingga 20 rudal dari posisi di Laut Hitam.

Dalam satu serangan awal bulan ini, Ukraina menembak jatuh 60 dari lebih dari 70 rudal yang ditembakkan oleh pasukan Rusia.

 

4 dari 4 halaman

Moskow Bantah Targetkan Warga Sipil

Moskow telah berulang kali membantah menargetkan warga sipil dalam serangan misilnya. Namun, Presiden Vladimir Putin baru-baru ini mengakui bahwa pasukan Rusia telah menghantam fasilitas energi kritis Ukraina.

Pengakuan itu menyusul tuduhan dari beberapa pemimpin internasional, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang menargetkan fasilitas energi bisa menjadi kejahatan perang.

Pemerintah di Kyiv telah memohon kepada para pemimpin Barat untuk memberikannya pertahanan udara tambahan, dan Presiden AS Joe Biden baru-baru ini setuju untuk memasok sistem rudal Patriot-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.