Sukses

Fenomena Astronomi Unik dan Langka, Planet Terlihat di Langit Malam yang Sama

Semua planet di tata surya terlihat di langit malam pada waktu yang sama. Fenomena ini dianggap oleh para ahli sebagai peristiwa astronomi yang langka.

Liputan6.com, Jakarta - Semua planet di tata surya terlihat di langit malam pada waktu yang sama pada Rabu 28 Desember 2022.

Menurut informasi dari The Guardian, yang dikutip Kamis (29/12/2022), setiap planet di tata surya terlihat di langit malam secara bersamaan pada Rabu kemarin. Fenomena ini dianggap oleh para ahli sebagai peristiwa astronomi yang langka.

Venus, Merkurius, Saturnus, Jupiter, dan Mars semuanya dapat dilihat dalam urutan di belahan Bumi utara dengan mata telanjang, mulai dari ufuk barat daya dan bergerak ke timur.

Uranus yang terletak di antara Mars dan Jupiter, dan Neptunus yang berada di antara Saturnus dan Jupiter dapat dilihat dengan teropong atau teleskop hingga akhir tahun.

Kedelapan planet itu hanya tampak terpisah 1,5 derajat pada Rabu malam dan ditetapkan untuk mencapai konjungsi – titik terdekatnya – pada Kamis pukul 21.00 GMT.

Planet-planet tersebut dapat terlihat rendah di barat, dengan penampakan paling jelas diperkirakan terjadi sekitar 30 menit setelah matahari terbenam, dengan Venus menghilang sekitar 40 menit kemudian, setiap hari hingga akhir tahun.

Gianluca Masi, seorang astronom dengan Virtual Telescope Project di Italia, mengatakan kepada Newsweek: "Malam-malam ini, kita dapat melihat sekilas semua planet di tata surya kita, segera setelah matahari terbenam. Itu terjadi dari waktu ke waktu, tetapi selalu menjadi pemandangan yang spektakuler."

Merkurius adalah planet yang paling sulit dilihat tanpa pembesaran, karena berada di bagian langit yang terang. Namun, itu bisa terlihat di dekat Venus yang jauh lebih terang.

 

2 dari 4 halaman

Planet Lainnya

Planet-planet lainnya berbaris ke arah timur, dengan Jupiter tampak lebih terang dari semua bintang dan tinggi di langit selatan.

Jupiter diperkirakan tidak akan terlihat sekitar tengah malam. Namun, Mars ditetapkan akan terlihat sepanjang malam setelah terbit di timur tepat sebelum matahari terbenam pada hari Rabu, dan akan tampak lebih merah dan lebih terang daripada kebanyakan bintang.

Saturnus, planet terbesar kedua, akan berwarna keemasan ketika muncul di barat daya setelah kegelapan turun setiap hari hingga tahun 2023. Saturnus ditetapkan sekitar pukul 2000 GMT pada hari Rabu, sementara bulan diharapkan muncul sebagai bulan sabit antara Jupiter dan Jupiter. Saturnus.

 

3 dari 4 halaman

Fenomena Serupa Terakhir Terlihat Juni

Terakhir kali semua planet terlihat di langit secara bersamaan adalah pada bulan Juni.

Kelima planet yang terlihat dengan mata telanjang berbaris di langit dalam urutan urutan yang sama bahwa mereka secara fisik mengorbit matahari - Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus - keselarasan yang tidak terjadi selama 18 tahun.

 

4 dari 4 halaman

Hujan Meteor

Peristiwa penting lainnya bagi para astronom adalah hujan meteor Quadrantids, yang diperkirakan akan mencapai puncaknya sekitar 3 Januari, dan diketahui menghasilkan meteor biru yang bergerak dengan kecepatan 40 km (25 mil) per detik dan bola api terang sesekali.