Sukses

Pasca Pandemi COVID-19: Tahun Baru di Negara-Negara Asia Penuh Gaya

Orang-orang yang bersuka ria merayakan Tahun Baru di seluruh Asia dari China hingga Filipina hingga Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Australia merayakan Malam Tahun Baru bebas pembatasan pertamanya setelah dua tahun gangguan COVID-19, ketika dunia mulai mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang ditandai bagi banyak orang oleh perang di Ukraina, tekanan ekonomi, dan efek pemanasan global.

Orang-orang yang bersuka ria merayakan di seluruh Asia dari China hingga Filipina hingga Thailand, demikian seperti dikutip dari Gulf Today, Minggu (1/1/2023).

Sydney, salah satu kota besar pertama di dunia yang menyambut Tahun Baru, melakukannya dengan pertunjukan kembang api yang biasanya mempesona, yang untuk pertama kalinya menampilkan air terjun pelangi dari Harbour Bridge yang terkenal.

"Malam Tahun Baru ini kami mengatakan Sydney kembali saat kami memulai perayaan di seluruh dunia dan membawa Tahun Baru dengan keras," kata Clover Moore, walikota kota, menjelang acara tersebut.

Penguncian pada akhir 2020 dan lonjakan kasus Omicron pada akhir 2021 menyebabkan pembatasan kerumunan dan berkurangnya perayaan di Australia. Namun, pembatasan perayaan dicabut tahun ini setelah Australia, seperti banyak negara di seluruh dunia, membuka kembali perbatasannya dan menghapus pembatasan jarak sosial.

Pertunjukan di Sydney menampilkan ribuan kembang api yang diluncurkan dari empat layar Sydney Opera House dan dari Harbour Bridge.

Di China, pembatasan COVID yang ketat dicabut hanya bulan ini dalam pembalikan pemerintah terhadap kebijakan "nol-COVID", sebuah peralihan yang telah menyebabkan melonjaknya infeksi dan membuat beberapa orang tidak berminat untuk merayakannya.

"Virus ini seharusnya pergi dan mati, tidak percaya tahun ini saya bahkan tidak dapat menemukan teman yang sehat yang dapat pergi bersama saya dan merayakan perjalanan menuju Tahun Baru", tulis salah satu pengguna media sosial yang berbasis di provinsi Shandong timur. Yang lain menyatakan harapan Tahun Baru akan menandai kembalinya China ke kehidupan pra-pandemi.

"Saya hidup dan bekerja di bawah COVID sepanjang tahun 2022 ... Saya berharap 2023 adalah saat semuanya bisa kembali seperti sebelum 2020," kata salah satu pengguna yang berbasis di provinsi tetangga Jiangsu.

 

2 dari 3 halaman

Kehadiran Keamanan

Di kota Wuhan, tempat pandemi dimulai tiga tahun lalu, puluhan ribu orang berkumpul untuk merayakan di tengah kehadiran keamanan yang ketat.

Barikade didirikan dan ratusan petugas polisi dan pekerja keamanan lainnya berjaga pada malam pertemuan spontan berskala besar pertama di kota itu sejak protes nasional pada akhir November - segera setelah itu pihak berwenang China mengabaikan kebijakan nol-COVID.

Petugas membawa orang-orang menjauh dari setidaknya satu titik kumpul Malam Tahun Baru yang populer dan menggunakan pengeras suara di berbagai lokasi meledakkan pesan singkat pada lingkaran yang menyarankan orang untuk tidak berkumpul.

"Demi kepentingan kesehatan dan keselamatan Anda, jangan berkumpul atau berhenti," pesan itu menyarankan kerumunan besar orang yang bersuka ria, yang tidak memperhatikan. Di Shanghai, banyak yang memadati jalan setapak tepi sungai yang bersejarah, Bund.

"Kita semua telah melakukan perjalanan dari Chengdu untuk merayakannya di Shanghai," kata Da Dai, seorang eksekutif media digital berusia 28 tahun yang bepergian dengan dua temannya. "Kami sudah menderita COVID, jadi sekarang merasa aman untuk menikmati diri kami sendiri."

Beberapa hari setelah Hong Kong mencabut batasan pertemuan kelompok, puluhan ribu orang berkumpul di dekat Pelabuhan Victoria kota untuk menghitung mundur. Lampu-lampu menyinari beberapa bangunan depan pelabuhan terbesar di kota ini.

Itu adalah perayaan Malam Tahun Baru terbesar di kota itu dalam beberapa tahun. Acara ini dibatalkan pada tahun 2019 karena kerusuhan sosial yang sering disertai kekerasan, dan diperkecil pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi.

Pemerintah Malaysia membatalkan acara hitung mundur dan kembang api Tahun Baru di Dataran Merdeka di Kuala Lumpur setelah banjir di seluruh negeri membuat puluhan ribu orang mengungsi dan tanah longsor menewaskan 31 orang bulan ini.

Perayaan di Menara Kembar Petronas yang terkenal di negara itu dikupas tanpa pertunjukan atau kembang api.

 

3 dari 3 halaman

Perang Ukraina

Eropa mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang melihat perang besar meletus setelah invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari, tanpa akhir yang terlihat untuk konflik.

Jam malam mulai dari jam 7 malam hingga tengah malam tetap berlaku di seluruh Ukraina, membuat perayaan awal tahun 2023 tidak mungkin dilakukan di ruang publik. Beberapa gubernur daerah memposting pesan di media sosial yang memperingatkan penduduk untuk tidak melanggar pembatasan pada Malam Tahun Baru, dengan beberapa bahkan memperingatkan bahwa kehadiran polisi di jalan-jalan kota akan ditingkatkan pada malam hari.

"Saya benar-benar ingin tahun ini berakhir", kata penduduk Kyiv Oksana Mozorenko, 35, meskipun dia mengatakan keluarganya telah memasang pohon Natal dan membeli hadiah untuk menjadikannya "liburan nyata".

Rusia melakukan putaran besar kedua serangan rudal ke Ukraina dalam tiga hari pada hari Sabtu, kata para pejabat Ukraina, dengan ledakan dilaporkan di seluruh negeri.

"Negara teroris meluncurkan beberapa gelombang rudal. Mereka mengucapkan selamat Tahun Baru kepada kami. Tapi kami akan bertahan," tulis gubernur wilayah Kyiv, Oleksiy Kuleba, di Telegram.

Presiden Rusia Vladimir Putin mencurahkan pidato Tahun Baru tahunannya untuk mengumpulkan orang-orang Rusia di belakang pasukannya yang bertempur di Ukraina.

Paris akan menggelar kembang api Tahun Baru pertamanya sejak 2019. Pertunjukan kembang api selama 10 menit akan dimulai pada tengah malam, dengan 500.000 orang diperkirakan akan berkumpul di jalan Champs-Elysees untuk menonton.

Seperti banyak tempat, ibu kota Ceko, Praha, merasakan cubitan ekonomi dan karenanya tidak mengadakan pertunjukan kembang api.

"Alasan utama termasuk situasi di Ukraina dan situasi ekonomi yang tidak menguntungkan dari banyak rumah tangga Praha dan kebutuhan terkait untuk mencari penghematan keuangan di pihak ibu kota," kata juru bicara balai kota Vit Hofman. "Mengadakan perayaan sepertinya tidak pantas."

Dalam gema cuaca ekstrem yang terkadang keras di seluruh dunia pada tahun 2022, hujan lebat dan angin kencang pada hari Sabtu berarti pertunjukan kembang api di kota-kota utama Belanda termasuk Amsterdam dan Den Haag - dan pertunjukan televisi nasional di kota pelabuhan Rotterdam - dibatalkan.

Tetapi beberapa kota di Eropa mencatat rekor kehangatan sepanjang tahun. Institut Hidro-meteorologi Ceko mengatakan di Twitter bahwa pihaknya melihat Malam Tahun Baru terhangat yang tercatat, dengan suhu di pusat Praha, di mana catatan kembali 247 tahun, mencapai 17,7 Celcius (63,9 Fahrenheit).

Itu juga merupakan Malam Tahun Baru terhangat yang pernah tercatat di Prancis, kata peramal cuaca resmi Meteo France.

Di Kroasia, puluhan kota, termasuk ibu kota Zagreb, membatalkan kembang api setelah pecinta hewan peliharaan memperingatkan tentang efek merusak dari kebisingan dan gas pada hewan dan manusia, menyerukan perayaan yang lebih sadar lingkungan.

Kota Adriatik Rovinj berencana untuk mengganti kembang api dengan pertunjukan laser dan Zagreb mengenakan confetti, efek visual, dan musik. Kota pelabuhan Rijeka bertujuan untuk mengarahkan kembali dana yang dialokasikan untuk kembang api ke asosiasi perawatan hewan, kata pihak berwenang.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.
    Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru 2023

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19