Sukses

Tragedi Bocah Vietnam Terjebak di Pilar Beton Berlubang Berujung Hilang Nyawa

Tragedi terjadi pada Malam Tahun Baru 2023 tatkala orang-orang di dunia tengah bersuka cita menyambut jelang pergantian tahun. Seorang bocah berusia 10 tahun dilaporkan jatuh ke pilar beton berlubang.

Liputan6.com, Dong Thap - Tragedi terjadi pada Malam Tahun Baru 2023 tatkala orang-orang di dunia tengah bersuka cita menyambut jelang pergantian tahun. Seorang bocah berusia 10 tahun dilaporkan jatuh ke pilar beton berlubang pada Sabtu 31 Desember 2022.

Upaya evakuasi dilakukan sejak itu.

Bocah Vietnam bernama Thai Ly Hao Nam itu jatuh ke batang pilar beton selebar 25 cm (10 inci) di lokasi konstruksi saat mencari besi tua.

Tim penyelamat di Provinsi Dong Thap mencoba mengangkat pilar dari lubang sedalam 35 meter dan memotong bocah itu.

Wakil Kepala Provinsi Vietnam Selatan Doan Tan Buu mengatakan, tidak ada cukup oksigen baginya untuk bertahan hidup dan dia menderita banyak luka.

"Kami memprioritaskan penyelamatan bocah itu. Namun, kondisinya tidak memungkinkan bocah itu selamat," katanya seperti dikutip dari BBC, Kamis (5/1/2023).

Bocah itu terdengar menangis minta tolong setelah dia jatuh ke pilar, tetapi penyelamat mengatakan mereka tidak menerima tanggapan darinya ketika menurunkan kamera ke lubang pada Senin 2 Januari.

Pihak berwenang Vietnam mengerahkan ratusan tentara dan ahli teknik untuk mencoba menyelamatkannya, dengan perdana menteri memberi tahu penyelamat untuk menggunakan semua peralatan dan kekuatan yang diperlukan untuk menyelamatkannya.

Mereka telah membuang lumpur dan air dalam upaya untuk mengangkat pilar, dan oksigen dipompa ke dalam pilar untuk membantu anak itu bernafas.

Rabu 5 Januari 2023, pihak berwenang mengkonfirmasi bahwa bocah laki-laki Vietnam berusia 10 tahun yang jatuh ke pilar beton berlubang pada Malam Tahun Baru telah meninggal.

Pihak berwenang sekarang bekerja untuk menemukan jenazahnya untuk dimakamkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Gagal Evakuasi

Menurut laporan AFP, Wakil Kepala Provinsi Vietnam Selatan Doan Tan Buu mengatakan, pengumuman kematian bocah itu dilakukan setelah berkonsultasi dengan ahli medis.

Tim penyelamat bertekad untuk membawa jenazahnya sesegera mungkin untuk dimakamkan, tetapi Buu mengakui itu adalah "tugas yang sangat sulit".

Vietnam pada hari Selasa mengerahkan ratusan tentara dan ahli teknik untuk mencoba menyelamatkan Nam.

Pipa logam sepanjang 19 meter diturunkan di sekitar tabung beton tempat bocah itu terjebak untuk memungkinkan mereka menghilangkan lumpur dan mencoba mengangkatnya keluar.

Tim penyelamat telah mencoba menghilangkan lumpur dan air untuk mengurangi tekanan di sekitar pilar, tetapi upaya evakuasi berhari-hari gagal membuahkan hasil.

3 dari 4 halaman

Bocah Moroko yang Jatuh dalam Sumur Tewas Setelah 4 Hari Terjebak

Tragedi serupa pernah menimpa seorang anak laki-laki Maroko berusia lima tahun yang terjebak di dalam sumur selama empat hari. Ia pun meninggal, meskipun ada upaya keras untuk menyelamatkannya.

Sebuah pernyataan kerajaan mengumumkan kematiannya segera setelah dikeluarkan dari sumur, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (6/2/2022).

Upaya untuk membebaskan bocah itu, bernama Rayan, telah mencengkeram negara itu, dengan ratusan orang berkumpul di sumur dan ribuan lainnya mengikuti secara online.

Anak laki-laki itu terjun 32m (104ft) melalui pembukaan sumur yang sempit. Penyelamatan telah terhambat oleh kekhawatiran tanah longsor.

Tim penyelamat akhirnya membawa bocah itu keluar dari sumur pada Sabtu malam.

Tidak ada kabar yang diberikan pada saat itu tentang kondisinya, dan penyelamatan yang jelas pada awalnya disambut dengan sorak-sorai dari kerumunan.

Di media sosial, orang-orang yang menggunakan tagar #SaveRayan, yang telah menjadi tren di seluruh negeri dan sekitarnya, menyatakan kegembiraan mereka.

Tapi ini berubah menjadi patah hati beberapa menit kemudian ketika pernyataan itu mengumumkan bahwa Rayan telah meninggal.

Pengguna Twitter kemudian mulai mengungkapkan kesedihan menggunakan hashtag yang sama.

"Setelah kecelakaan tragis yang mengorbankan nyawa anak Rayan Oram, Yang Mulia Raja Mohammed VI memanggil orang tua dari anak laki-laki yang meninggal setelah jatuh ke dalam sumur," kata pernyataan dari istana kerajaan.

Raja telah menyatakan belasungkawa terdalam dan belas kasih yang tulus, tambahnya.

Kronologi dan upaya penyelamatan bocah Rayan, klik di sini...

4 dari 4 halaman

Terperangkap di Sumur 3 Hari, Bocah di Afghanistan Meninggal Usai Dievakuasi

Kasus serupa lainnya dialami seorang bocah lelaki berusia lima tahun yang terperangkap selama tiga hari di sebuah desa terpencil di Afghanistan. Ia meninggal meski telah dievakuasi, beberapa saat setelah ditarik keluar hidup-hidup, kata para pejabat, Jumat (18 Februari).

Anak itu, bernama Haidar, tergelincir pada hari Selasa ke dasar sumur yang digali di Shokak, sebuah desa kering di provinsi Zabul, sekitar 400 km barat daya ibu kota Kabul. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (18/2/2022).

"Dengan sangat sedih, Haidar muda dipisahkan dari kami selamanya," kata penasihat senior kementerian dalam negeri Taliban Anas Haqqani, dalam sebuah tweet yang digaungkan oleh beberapa rekannya.

Juru bicara polisi Zabul, Zabiullah Jawhar, mengatakan kepada AFP bahwa Haidar masih hidup ketika penyelamat mencapainya.

"Pada menit-menit pertama setelah operasi penyelamatan selesai dia bernapas, dan tim medis memberinya oksigen," katanya.

"Ketika tim medis mencoba membawanya ke helikopter, dia kehilangan nyawanya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.