Sukses

Korban Tewas Penembakan Perayaan Imlek di California Jadi 10 Orang, Pelaku Masih Buron

Seorang pria bersenjata menewaskan 10 orang dan melukai 10 lainnya di klub dansa ballroom area Los Angeles, California, setelah perayaan Tahun Baru Imlek.

Liputan6.com, California - Seorang pria bersenjata menewaskan 10 orang dan melukai 10 lainnya di klub dansa ballroom area Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) setelah perayaan Tahun Baru Imlek.

Insiden penembakan itu memicu perburuan tersangka yang masih buron, AP melaporkan (23/1/2023).

Itu merupakan pembunuhan massal kelima di AS bulan ini

Kapten Andrew Meyer dari Departemen Sheriff Los Angeles mengatakan pada hari Minggu bahwa yang terluka dibawa ke rumah sakit dan kondisinya berkisar dari stabil hingga kritis.

Dia mengatakan 10 orang itu tewas di tempat kejadian di kota Monterey Park.Meyer mengatakan orang-orang "berhamburan keluar dari lokasi sambil berteriak" ketika petugas tiba sekitar pukul 22.30 Sabtu.

Dia mengatakan petugas kemudian masuk ke ballroom dan menemukan korban saat petugas pemadam kebakaran merawat yang terluka.

Meyer tidak memberikan deskripsi tentang tersangka pria atau senjata yang dia gunakan, atau mengapa polisi tidak memberikan informasi tentang penembakan selama berjam-jam sementara penembak tetap dalam pelarian.

Dia juga mengatakan polisi sedang menyelidiki insiden lain di kota terdekat Alhambra untuk melihat apakah itu terhubung.

Meyer mengatakan masih terlalu dini dalam penyelidikan untuk mengetahui apakah pria bersenjata itu mengenal seseorang di ballroom atau apakah itu kejahatan kebencian atau bukan. Dia tidak memberikan rincian lain.

Perayaan Tahun Baru Imlek telah menarik ribuan orang.

 

2 dari 2 halaman

Terjadi di Kota Mayoritas Berpenduduk Keturunan Asia

Monterey Park adalah kota berpenduduk sekitar 60.000 orang yang terletak di tepi timur Los Angeles. Mayoritas penduduknya adalah imigran Asia atau keturunan mereka, kebanyakan dari mereka adalah orang Tiongkok.

Studio tari di pusat kota Monterey Park hanya beberapa blok dari balai kota di jalan raya utama Garvey Avenue, yang dihiasi dengan mal strip yang penuh dengan bisnis kecil yang tanda-tandanya dalam bahasa Inggris dan Chna.

Bahasa Kanton dan Mandarin keduanya digunakan secara luas, hari libur China dirayakan, dan film-film China diputar di kota.

Tragedi itu tidak hanya menandai pembunuhan massal kelima di A.S. sejak awal tahun, tetapi juga merupakan yang paling mematikan sejak 24 Mei 2022 - ketika 21 orang tewas di sebuah sekolah di Uvalde, Texas, demikian menurut database The Associated Press/USA Today tentang pembunuhan massal di A.S.

Basis data juga menunjukkan bahwa 2022 juga merupakan salah satu tahun terburuk yang pernah ada dalam hal pembunuhan massal, dengan 42 serangan semacam itu - jumlah tertinggi kedua sejak penciptaan pelacak pada tahun 2006. Database mendefinisikan pembunuhan massal sebagai empat orang yang terbunuh tidak termasuk pelaku.