Sukses

Obama hingga Donald Trump, 11 Presiden AS Ini Ternyata Punya Nama Rahasia

Sederet nama presiden AS rupanya memiliki nama samaran yang digunakan oleh badan pengamanan presiden untuk melindungi kepala negara.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang presiden tentu memiliki banyak keistimewaan yang tidak bisa dirasakan oleh orang lain. Terlebih ketika menjadi presiden Amerika Serikat, sebagai negara adidaya yang berpengaruh secara global. 

Banyak keistimewaan yang didapat ketika seseorang menjabat sebagai seorang presiden AS. Tinggal di Gedung Putih, menaiki pesawat kepresidenan dan satu keuntungan lainnya adalah mendapat nama samaran khusus. 

Presiden dan anggota keluarganya diberi nama kode oleh Badan Komunikasi Gedung Putih yang dapat digunakan personel Secret Service saat berada di dalam Gedung Putih.

Nama samaran ini dipilih oleh agen tersebut atau presiden dari daftar opsi yang telah disetujui oleh agensi. Kemudian, nama dengan huruf pertama yang sama diberikan kepada anggota keluarga lainnya. Seringkali, nama samarannya diawali dengan huruf yang sama dengan nama belakang keluarga.

Meskipun dirancang untuk dirahasiakan, kode nama tersebut sering dibocorkan ke media oleh informan, melalui pengajuan pemerintah. Nama ini juga kerap terlihat saat para agen rahasia mendiskusikannya di pertemuan terbuka. 

Nama-nama itu tidak lagi dirahasiakan karena teknologi modern memungkinkan personel keamanan untuk mengawasi para presiden maupun pejabat lainnya dengan berbagai cara.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah nama samaran yang diperuntukkan untuk presiden AS:

2 dari 12 halaman

1. John F Kennedy: Lancer

Pemerian nama kode untuk John F. Kennedy sangatlah tepat, mengingat pemerintahannya sering dibandingkan dengan Camelot.

Camelot sendiri merupakan pengadilan magis legenda Arthurian di mana Lancelot adalah seorang ksatria legendaris. Sementara itu, istrinya, Jackie Kennedy memiliki nama samaran yakni Lace.

3 dari 12 halaman

2. Richard Nixon: Searchlight

Nama samaran yang diberikan Nixon menggabarkan salah satu kejadian ironi selama masa pemerintahannya.

Yang dimaksud adalah skandal Watergate dan menyebabkan pengunduran diri Nixon dari jabatan.

4 dari 12 halaman

3. Gerald Ford: Passkey

Julukan untuk Gerald Ford juga memiliki ironi tertentu. 

Nama tersebut diberikan dengan alasan bahwa dia mengunci pintu dari kemungkinan penuntutan pidana terhadap pendahulunya, Nixon. Ketika itu, Nixon memberinya "pengampunan penuh, bebas, dan mutlak".

5 dari 12 halaman

4. Jimmy Carter: Deacon

Nama Jimmy Carter mencerminkan keyakinannya yang sangat religius.

Bahkan saat menjadi presiden, ia aktif di sebuah gereja Baptis dan mengajar sekolah minggu. 

Deacon atau diakon sendiri memiliki arti sebagai pelayan gereja yang posisinya ada di bawah imam. 

6 dari 12 halaman

5. Ronald Reagan: Rawhide

Ronald Reagan merupakan seorang mantan aktor ternama, sebelum akhirnya menjadi presiden. 

Nama tersebut kemudian diberikan karena merujuk pada peran yang ia mainkan di film-filmnya sebelum menjadi orang nomor satu di AS. 

7 dari 12 halaman

6. George H.W Bush: Timberwolf

Sayangnya, tidak diketahui mengapa George H.W. Bush dinamai dari salah satu jenis anjing.

8 dari 12 halaman

7. Bill Clinton: Eagle

Bill Clinton juga memiliki nama samaran dari hewan yang tidak dapat dijelaskan.

Beberapa orang berspekulasi bahwa nama kode tersebut berkaitan dengan hubungannya dengan Pramuka. Eagle Scout adalah peringkat teratas organisasi pramuka hingga menjadi nama yang cocok untuk seseorang yang memegang jabatan tertinggi di negeri Paman Sam. 

9 dari 12 halaman

8. George W Bush: Trailblazer

Nama kode kepresidenan untuk George W. Bush merupakan suatu bentuk pujian.

Tetapi nama tersebut baru didapatkannya saat menjadi presiden.

Namanya saat ayahnya menjadi presiden kurang bisa dibanggakan, yakni Tumbler. Menurut beberapa laporan, itu didasarkan pada kecenderungannya untuk berpesta.

10 dari 12 halaman

9. Renegade

Barack Obama dikabarkan memilih nama ini dari daftar nama kode yang dimulai dengan R. Sayangnya, ia tidak memiliki pilihan lain selain nama tersebut. 

11 dari 12 halaman

10. Mogul

Sebelumnya, Donald Trump memilih nama "Humble" sebagai nama kodenya. Namun, pihak agen Secret Service memilih nama Mogul untuknya. 

 

12 dari 12 halaman

11. Joe Biden: Celtic

Nama kode Joe Biden sama dengan yang digunakan saat dia menjadi wakil presiden. Nama ini merujuk pada keturunan Irlandia-nya.