Sukses

AS: Balon Mata-Mata China Muncul untuk Kedua Kalinya di Amerika Latin

Sebuah balon mata-mata China telah terlihat di atas Amerika Latin, kata Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah balon mata-mata China telah terlihat di atas Amerika Latin, kata Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) pada Jumat 3 Februari 2023, sehari setelah pesawat serupa terlihat di langit AS.

Kemunculan serupa di AS sebelumnya mendorong pembatalan perjalanan langka Menlu AS Antony Blinken ke Beijing.

Pentagon mengatakan balon pertama sekarang menuju ke timur di atas Amerika Serikat bagian tengah, menambahkan balon itu tidak ditembak jatuh karena alasan keamanan.

Pada Jumat, juru bicara Pentagon Pat Ryder mengatakan: "Kami melihat laporan tentang balon yang transit di Amerika Latin," demikian seperti dikutip dari AFP, Sabtu (4/2/2023).

"Kami sekarang menilai itu adalah balon pengintai China lainnya," tambahnya, tanpa merinci lokasi pastinya.

Beberapa saat sebelum keputusan Blinken untuk membatalkan perjalanannya - yang bertujuan meredakan ketegangan antara kedua negara - China mengeluarkan pernyataan penyesalan yang langka atas balon pertama dan menyalahkan angin karena mendorong apa yang disebutnya sebagai pesawat sipil ke wilayah udara AS.

Tetapi pemerintahan Presiden AS Joe Biden menggambarkannya sebagai "balon pengintai" yang dapat bermanuver.

 

2 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut:

3 dari 4 halaman

Menlu AS Tunda Lawatan ke China

Dengan Partai Republik saingannya sudah menyerang, Blinken menunda kunjungan dua hari yang seharusnya dimulai hari Minggu.

Dalam panggilan telepon dengan pejabat senior China Wang Yi, Blinken mengatakan dia "menjelaskan bahwa kehadiran balon pengintai ini di wilayah udara AS adalah pelanggaran yang jelas terhadap kedaulatan AS dan hukum internasional, bahwa itu adalah tindakan yang tidak bertanggungjawab."

Blinken mengatakan, bagaimanapun, dia mengatakan kepada Wang "Amerika Serikat berkomitmen untuk keterlibatan diplomatik dengan China dan bahwa saya berencana untuk mengunjungi Beijing ketika kondisinya memungkinkan."

"Langkah pertama adalah mengeluarkan aset pengawasan dari wilayah udara kita. Itulah yang menjadi fokus kami," kata Blinken kepada wartawan.

Menurut kantor berita negara China Xinhua, Wang mengatakan keduanya membahas insiden itu "dengan cara yang tenang dan profesional."

"China adalah negara yang bertanggung jawab dan selalu mematuhi hukum internasional dengan ketat," kata Wang seperti dikutip Xinhua kepada Blinken.

"Kami tidak menerima spekulasi dan tuduhan yang tidak berdasar," katanya, menyebut kedua belah pihak untuk "menghindari kesalahan penilaian dan mengelola divergensi."

 

4 dari 4 halaman

Dalih untuk Menyerang China?

Pada Sabtu, kementerian luar negeri China merilis pernyataan yang membahas pengumuman Blinken bahwa perjalanannya tidak akan dilanjutkan.

"Beberapa politisi dan media di Amerika Serikat menggunakan insiden [balon] itu sebagai dalih untuk menyerang dan mencoreng China," katanya.

Pernyataan itu lebih lanjut ditambahkan sehubungan dengan perjalanan Blinken, yang telah dipublikasikan secara luas di Amerika Serikat: "Faktanya, baik China maupun Amerika Serikat belum mengumumkan kunjungan apa pun.

"Ini adalah keputusan Amerika Serikat sendiri untuk merilis informasi yang relevan dan kami menghormati itu."

Blinken akan menjadi diplomat top AS pertama yang mengunjungi China sejak Oktober 2018, menandakan pencairan menyusul gesekan hebat di bawah mantan presiden Donald Trump.

Bulan lalu, Blinken mengatakan dia akan menggunakan perjalanan itu untuk membantu membangun "pagar pembatas" untuk mencegah hubungan itu meningkat menjadi konflik habis-habisan.