Sukses

3 Tips Agar Bulu Kucing Sehat dan Lebat

Kucing dapat merawat bulunya sendiri, tapi ada loh cara untuk bantu dapatkan bulu kucing yang sehat dan lebat. Dijamin bulu kucingmu halus dan berkilau!

Liputan6.com, Jakarta - Secara alami, kucing merawat bulu mereka sendiri dengan menjilatnya untuk membersihkan dan menjaga bulu agar sehat dan bebas dari kutu. 

Jika kamu memelihara kucing, ada baiknya untuk coba bantu menjaga kesehatan dan kebersihan bulu si anabul dengan melakukan perawatan bulu kucing yang tepat.

Dikutip dari AnimalWised, berikut tips untuk merawat bulu kucing agar tetap lembut dan sehat:

1. Sisir Bulu Kucing Secara Teratur

Menyisir bulu kucingmu setiap lima menit adalah cara paling efektif untuk merawat bulu kucing, terlebih jika kucingmu memiliki bulu panjang dan mudah rontok, seperti kucing anggora.

Namun, bagi pemilik kucing yang aktivitas sehari-harinya padat dan sibuk, melakukan perawatan ini selama lima menit sekali akan cukup merepotkan. Jika tidak bisa lima menit sekali maka pastikan kamu secara teratur menyisir bulu kucingmu. 

Menyisir bulu kucing juga memperlihatkan bahwa kamu menyayangi peliharaanmu, kucing akan merasa senang dan rasa percayanya padamu akan meningkat.

Selain itu, menyisir bulu kucing secara teratur juga menjauhkan kucing dari trichobezoars yaitu bulu yang menggumpal di dalam perut kucing. Gumpalan bulu tersebut dapat membuat kucing stres dan muntah.

2. Pola Makan yang Baik

Makanan yang banyak mengandung Omega 6 dan Omega 12 dapat melebatkan dan menyehatkan bulu, bulu kucing akan tampak berkilau.

Salmon, tuna, dan haring adalah beberapa makanan kucing yang kandungannya dapat membantu merawat bulu kucing.

Hindari memberi kucing ikan mentah atau dengan tulang. Setidaknya, cukup rebus sebentar untuk menghilangkan bakteri dan parasit.

Disarankan untuk memberi kucing makanan basah berbahan dasar ikan setiap seminggu sekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bahan Makanan dan Suplemen untuk Bulu Sehat

Telur

Terdapat dua cara untuk menjadikan telur sebagai bahan atau vitamin untuk bulu. Kuning dan putih telur masing-masing memiliki kegunaannya masing-masing, disarankan untuk menggunakannya secara terpisah.

Kuning telur memiliki nutrisi yang tinggi dan lebih kental, dapat digunakan untuk menggelapkan warna bulu dan membuatnya cerah. 

Sedangkan putih telur, membantu untuk menghilangkan kotoran dan mencerahkan bulu, memberikannya efek kilauan.

Untuk menggunakannya, cukup campur dan aduk kuning atau putih telur dengan air hangat. Setelah kucing mandi atau dibilas, ratakan campuran tersebut pada bulu kucing menggunakan spons, hindari wajah dan kemaluan kucing.

Berikan pijatan pada bulu kucing menggunakan jari jangan agar kulit dan bulu dapat menyerap nutrisi telur dengan maksimal.

Diamkan bulu kucing selama lima menit dan bilas hingga bersih, jangan sampai bulu masih lengket atau terdapat sisa-sisa telur.

Madu

Madu juga dapat digunakan untuk menutrisi bulu kucing. Bulu kucing yang ternutrisi akan memberikan efek kilauan dan terlihat lebih cerah dan sehat.

Dengan menggunakan pengaduk elektrik, campurkan satu sendok madu dengan setengah liter air hangat. Sama seperti adonan telur, ratakan campuran ke bulu kucing setelah mandi atau dibilas.

Pastikan tidak ada sisa-sisa madu pada bulu kucing. Madu bisa menjadi sangat lengket dan mengganggu kenyamanan kucing.

3 dari 4 halaman

Keratin

Keratin adalah protein yang menjadi komponen utama rambut hewan maupun manusia, serta kuku dan cakar.

Kamu bisa mendapatkan keratin dalam bentuk cairan, tetapi penggunannya tidak disarankan jika kamu bukan ahlinya. Dibutuhkan keterampilan tinggi untuk menggunakan bahan yang kaya akan belerang ini.

Lebih baik cari sampo kucing yang mengandung keratin dalam formulanya, pH juga pasti sudah disesuaikan untuk kulit kucing.

Bir

Faktanya, bir sudah digunakan dalam kosmetik rambut baik untuk hewan maupun manusia. Kandungannya dapat menutrisi akar dan rambut, menjadikannya lebih kuat, lembut, dan berkilau.

Tentu saja, pastikan kamu menggunakan bir non-alkohol untuk kucingmu.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah, setelah mandi dan dibilas, aplikasikan bir hangat menggunakan spons ke seluruh bulu kecuali wajah dan bagian kemaluan. Pijat perlahan bulu kucing agar nutrisi terserap dengan maksimal.

Diamkan hingga tiga menit lalu bilas kembali bulu kucing dengan air hingga benar-benar bersih. Setelah dikeringkan, sisir perlahan bulu kucing.

4 dari 4 halaman

Viral Kucing Besar Jadi Daya Tarik Wisata Utama di Polandia

Siapa yang tidak suka kucing? Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan paling populer di dunia. Saking populernya, negara ini jadikan kucing sebagai salah satu daya tarik wisatawan.

Tak sedikit pecinta kucing dari seluruh Eropa telah terbang ke Polandia untuk bertemu dengan daya tarik wisata terbaik di kota ini. Seekor kucing warna hitam putih yang cukup gemuk bernama Gacek, kini menjadi ikon lokal di Szczecin, sebuah pelabuhan laut besar.

Dikutip dari Daily Star, Minggu, 19 Februari 2023, kucing tersebut telah menjadi objek wisata teratas di kota Polandia. Ia tercatat dalam lebih dari 2.500 ulasan online dan mendapat skor hampir sempurna 4,9/5, laporan berita lokal.

Pencapaian itu sangat tidak biasa untuk daya tarik wisata lokal. Selama bertahun-tahun Gacek telah hidup di luar kotak di Jalan Kaszubska, mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari penduduk setempat yang ingin memberi makan kucing jalanan yang lapar.

Ketenaran internasionalnya dimulai pada 2020 setelah outlet berita lokal wSzczecinie menampilkannya dalam sebuah video yang kemudian viral. Sejak saat itu, banyak orang bepergian ke Szszecin untuk bertemu dengan Gacek.

Satu orang mengaku telah bepergian jauh dari Oslo, Norwegia perjalanan hampir 1.000 km untuk bertemu kucing itu. "Seperti yang diharapkan, dia tidak memerhatikan saya yang membuat pengalaman itu sepenuhnya bermanfaat," tulis seorang pengunjung dari Oslo.

"Jika saya bisa makan malam dengan siapa pun di dunia, saya akan terbang lagi dalam sekejap untuk memberinya makan," tulis lainnya.

"Kucing yang bagus untuk malam yang menyenangkan atau bahkan sore hari," komentar yang lain.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.