Sukses

Update Banjir Malaysia: 5 Orang Tewas dan Lebih dari 40 Ribu Mengungsi

Johor, disebut paling terdampak banjir, dengan lebih dari 40.000 orang dievakuasi ke sejumlah sekolah dan pusat-pusat komunitas.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Polisi Malaysia menemukan mayat seorang wanita muda yang terperangkap di dalam mobil, menandai kematian kelima akibat banjir musiman yang melanda negara itu.

"Seorang wanita berusia 23 tahun yang dilaporkan hilang diyakini sedang mengemudi untuk bekerja pada hari sebelumnya di jalan yang banjir di selatan Negara Bagian Johor ketika mobilnya hanyut. Tim penyelamat mengevakuasi mobilnya beberapa jam kemudian dan menemukan jasadnya," demikian pernyataan polisi, seperti dilansir AP, Selasa (7/3/2023).

Seorang korban tewas akibat banjir sebelumnya juga ditemukan di dalam mobil, sementara tiga lainnya dilaporkan tenggelam.

Johor, disebut paling terdampak banjir, dengan lebih dari 40.000 orang dievakuasi ke sejumlah sekolah dan pusat-pusat komunitas. Jumlah pengungsi itu turun dari lebih dari 50.000 beberapa hari yang lalu.

Beberapa negara bagian lain, termasuk daerah terpencil di Pulau Kalimantan, juga terdampak banjir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hujai dan Badai Lanjutan

Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengunjungi korban banjir di Johor pada Minggu (5/3). Dia berjanji untuk mempercepat proyek penanggulangan banjir di negara bagian tersebut.

"Masalah ini tidak bisa ditunda dan harus ditangani lebih serius agar (banjir) tidak terjadi lagi," cuitnya.

Departemen Meteorologi Malaysia mengatakan, negara itu mengalami episode keenam hujan lebat terus menerus dari musim hujan tahunan yang dimulai pada November. Pada Desember, puluhan ribu orang juga dievakuasi akibat banjir.

Gambar yang diposting oleh polisi di Johor menunjukkan jalan dan rumah menghilang di bawah air berlumpur, dengan hanya terlihat atap rumah.

Hujan dan badai lebih lanjut diperkirakan terjadi pada Selasa di beberapa bagian Johor dan negara bagian Malaysia di Kalimantan, yang dapat menyebabkan lebih banyak banjir bandang. Pihak berwenang juga memperingatkan air di lebih dari selusin sungai di seluruh negeri telah mencapai tingkat berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.