Sukses

Kisah Ke Huy Quan, Aktor Cilik yang Terlupakan hingga Menangkan Piala Oscar

Ke Huy Quan memenangkan Aktor Pendukung Terbaik di Oscar 2023, berikut adalah kisah bagaimana ia memulai di dunia akting.

Liputan6.com, Los Angeles - Salah satu pemeran di film "Everything Everywhere All at Once", Ke Huy Quan, memenangkan kategori Best Actor in Supporting Role atau Aktor Pendukung Terbaik dalam ajang bergengsi Oscar 2023.

Ajang penghargaan bergengsi di dunia perfilman itu diselenggarakan pada Minggu, 12 Maret 2023 dan berlokasikan di Dolby Theatre, Hollywood, California, Amerika Serikat (AS).

Setelah dirinya dinobatkan sebagai pemenang dalam kategori tersebut, Ke Huy Quan memberikan ucapan yang cukup mengharukan.

"Mereka bilang cerita seperti ini hanya terjadi di film," kata Quan sembar menangis dalam pidato penerimaan penghargaannya.

"Saya tidak percaya ini terjadi pada saya. Ini adalah impian Amerika."

Ke Huy Quan adalah bintang cilik di dua film terbesar pada 1980-an, tetapi menyerah di dunia akting ketika Hollywood tidak memberikannya banyak kesempatan. Kini, ia telah membuat kemunculan kembali yang luar biasa dengan memenangkan Oscar atau Academy Awards ke-95 itu.

Melansir dari BBC, Senin (13/3/2023), saat Quan masih kecil, ia pindah dari Vietnam ke Hong Kong sebagai pengungsi. Kemudian, ia menetap di AS.

Ia mendapat audisi secara tidak sengaja untuk bermain sebagai Short Round pada 1984 di "Indiana Jones and the Temple of Doom". Saat itu ia berusia 12 tahun.

Ia juga membintangi tokoh bernama Data, pencinta gadget di "The Goonies" tahun berikutnya.

Namun seiring bertambahnya usia, peran tersebut mengering, dan ia menetap untuk bekerja di belakang layar sebagai koordinator pemeran pengganti dan asisten sutradara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ke Huy Quan Terinspirasi untuk Balik Lagi ke Dunia Akting

Ke Huy Quan mengatakan bahwa ia terinspirasi saat menonton "Crazy Rich Asians". Film itu merupakan film pertama Hollywood yang mayoritas aktornya keturunan Asia-Amerika.

Quan memutuskan untuk mencoba lagi mengejar mimpi beraktingnya saat ia mendekati usia 50 tahun.

Seorang teman agen setuju untuk mewakilinya. Dua minggu kemudian, Quan menerima telepon tentang film "Everything Everywhere All at Once".

Film itu pun memberinya terobosan besar kedua di dunia perfilman dan penghargaan Academy Award pertamanya.

"Ibuku berusia 84 tahun dan ia menonton di rumah. Ma, aku baru saja memenangkan Oscars!," kata Quan ketika menerima penghargaannya, diliputi oleh emosi. Ia kemudian mencium patung emasnya dan mengangkatnya tinggi-tinggi.

"Perjalanan saya dimulai dengan perahu. Saya menghabiskan satu tahun di kamp pengungsi dan entah bagaimana saya berakhir di sini di panggung terbesar Hollywood."

Ketika Quan menerima naskah untuk "Everything Everywhere All at Once", ia mengatakan bahwa dirinya sama sekali tidak menyangka film itu akan membawanya sampai ke Oscars. 

3 dari 4 halaman

Peran Ke Huy Quan di film Everything Everywhere All at Once

Film "Everything Everywhere All at Once" bisa terdengar seperti penjualan yang sulit.

Film itu adalah persilangan inventif antara drama indi tentang keluarga imigran, petualangan fiksi ilmiah lucu, dan film aksi pahlawan super.

Quan berperan sebagai Waymond Wang, suami dari manajer binatu yang diperankan oleh Michelle Yeoh. Ia juga memainkan versi Waymond dari alam semesta alternatif.

Filmnya meski memiliki alur cerita yang tidak masuk akal, berhasil memenangkan hati Hollywood.

Film tersebut memenangkan tujuh Oscars, termasuk di kategori Film Terbaik dan Aktris Terbaik untuk Michelle Yeoh.

Quan menjadi salah satu tokoh paling populer di ajang penghargaan tahun ini, memesona dengan antusiasmenya yang tidak tertahankan dan selfie tersenyum bersama bintang-bintang Hollywood lainnya, yang tampak sama bahagianya bertemu dengannya.

Dalam pidato penerimaan penghargaannya, Quan tidak lupa berterima kasih kepada ibunya atas pengorbanan yang dilakukan untuk membawanya ke tahap ini.

Ia juga berterima kasih kepada saudara laki-laki dan istrinya, "Cinta dalam hidup saya, yang bulan demi bulan, tahun demi tahun selama 20 tahun, memberi tahu saya bahwa waktu saya akan tiba".

Quan juga menambahkan, "Mimpi adalah sesuatu yang harus Anda percayai. Saya hampir menyerah pada mimpi saya. Untuk kalian semua di luar sana, tolong jaga mimpi kalian tetap hidup. Terima kasih banyak telah menyambutku kembali. Aku mencintaimu."

4 dari 4 halaman

Ke Huy Quan Juga Menang di Golden Globes 2023

Tidak hanya Oscars 2023, Ke Huy Quan juga membawa pulang piala Golden Globe Awards 2023 sebagai Aktor Pendukung Terbaik lewat perannya di film "Everything Everywhere All at Once".

Dilansir dari Variety dan People, Rabu  (11/1/2023) ini adalah kemenangan Golden Globes pertama bagi aktor berdarah Vietnam ini.

Saingannya dalam kategori ini juga tidak main-main. Ada Brendan Gleeson di film "The Banshees of Inisherin", Barry Keoghan di "The Banshees of Inisherin", Brad Pitt di "Babylon", hingga Eddie Redmayne di "The Good Nurse".

Saat berdiri di panggung kehormatan yang digelar di Beverly Hilton Hotel, California, ada satu sosok yang secara khusus ia sebut, yakni sutradara kawakan Steven Spielberg.

"Saya tumbuh besar dengan nasihat untuk tidak pernah melupakan dari mana saya berasal, untuk selalu ingat siapa yang memberi kesempatan pertama kepada saya. Saya sangat senang melihat Steven Spielberg di sini malam ini," kata Quan.

Baca selebihnya di sini...

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.