Sukses

10 Negara Terdingin di Dunia Termasuk 4 Negara Nordik, Suhunya Ada yang Capai Minus 40 Derajat Celcius

Negara-negara dengan suhu terdingin memiliki karakteristik geografis yang sama. Berikut adalah 10 daftar negara yang paling dingin sedunia.

Liputan6.com, Ontario - Tahukah Andah bahwa negara-negara terdingin di dunia berada tersebar di seluruh dunia. Mereka mempunyai karakterisitk geografis yang sama.

Biasanya mereka adalah negara-negara yang terkurung daratan atau kepulauan, negara-negara Nordik, dan negara-negara yang dekat dengan kutub atau Lingkaran Arktik. Sementara, negara yang memiliki pantai laut cenderung mempunyai suhu yang lebih hangat.

Disadur Liputan6.com dari World Atlas, Sabtu (25/3/2023), berikut ini adalah 10 daftar negara terdingin di dunia dengan suhu rata-rata tahunannya:

1. Kanada - 22.37°F (-5,35 °C)

Kanada, negara terbesar kedua di dunia mencapai puncak daftar ini. Negara ini memiliki populasi penduduk yang tidak banyak, dengan hanya empat orang per km persegi. Memiliki iklim yang beragam, dua pertiga bagian utara negara ini mengalami kondisi cuaca yang sangat dingin sepanjang tahun.

Januari adalah bulan terdingin secara historis, tetapi bulan Februari cukup menyaingi dinginnya beberapa tahun terakhir ini.

Setiap wilayah di Kanada memiliki suhu yang bervariasi dan berbeda jauh. Musim dingin di pedalaman dapat betahan lebih lama.

Suhu bervariasi secara dramatis di berbagai wilayah, dengan musim dingin yang keras di pedalaman yang dapat bertahan -15 °C atau kurang selama berminggu-minggu dan turun hingga -40 °C, biasanya beberapa hari setelah hujan salju yang sangat lebat.

Musim dingin di negara bagian utara dan timur bahkan lebih parah dan bisa berlangsung selama lima bulan. Suhu terdingin yang pernah tercatat adalah -63,0 °C (-81,4 °F) di Snag, Wilayah Yukon, pada tahun 1947. Dengan suhu yang sangat dingin, beberapa hotel bahkan memiliki pintu berpemanas.

2. Rusia - 22.82°F (-5,1 °C)

Negara lintas benua besar yang terkurung daratan ini membentang dari Eropa Timur hingga tepi paling timur daratan Asia. Dengan sebagian besar daratan yang jauh dari laut, iklim kontinental mendominasi negara ini.

Rusia biasa dicirikan oleh musim panas yang ringan dan musim dingin yang sangat panjang, dingin, bersalju, dan beku. Saat musim panas, suhunya berkisaran sekitar 2 °C, dan -7 °C pada hari normal di bulan Januari. Bahkan ketika musim dingin yang parah, suhunya sering mencapai -40 °C. Sebagian besar Rusia Eropa utara dan Siberia, antara Semenanjung Skandinavia dan Samudra Pasifik, memiliki iklim subarktik.

Suhu di pedalaman Siberia timur laut pernah merosot ke titik terendah bersejarah -89,86 °F (yaitu -67,7 °C) pada 6 Februari 1933, di Oymyakon.

Uniknya, Rusia memiliki salah satu pemukiman terdingin yang berpenghuni di dunia, dengan sekitar 500-900 penduduk tetap. Di sana, gadget membeku, baterai mati, penduduknya kebanyakan makan daging tanpa tanaman, dan transportasi yang hampir mustahil untuk dipakai. Negara dengan hanya dua bulan musim panas tanpa sinar matahari selama sisa tahun (di sebagian besar wilayah), setidaknya, dapat menikmati "Malam Putih" di St. Petersburg.

2 dari 4 halaman

3. Mongolia - 30.74°F (-0,7 °C)

Negara kecil yang terkurung daratan, antara Asia Tengah dan Asia Timur, terkenal dalam sejarah sebagai tempat tinggal Jenghis Khan yang selalu berperang.

Ada berbagai budaya geopolitik saat ini, hidup di negara terdingin ketiga di dunia. Ini mungkin menjelaskan sifat orang yang gaduh di masa lalu sebagai cara untuk tetap hangat dalam keadaan sub-beku sepanjang tahun.

Suhu terendah yang pernah tercatat di Mongoloa ada pada -55,28 °C di Züüngovi, Provinsi Uvs, pada bulan Desember tahun 1976.

Musim dingin yang panjang, bersalju, dan berangin dapat membuat suhu turun hingga -40 °C. Selama bulan November dan bulan Maret, suhu dapat naik di atas titik beku, sedangkan bulan April dan Oktober yang paling hangat, memiliki suhu puncak sekitar 38 °C di wilayah Gobi selatan.

Mongolia adalah salah satu negara terakhir di mana beberapa orang masih hidup secara nomaden, walaupun mayoritas telah beradaptasi untuk menahan suhu yang keras dengan cara modern yang setara.

4. Norway - 34.70°F (1,5 °C)

Sebagian besar negara Nordik ini terletak di atas Lingkaran Arktik, di dalam zona iklim subarktik.

Norwegia bisa jadi lebih dingin lagi, tetapi karena efek moderat dari Atlantik Utara dan arus laut Norwegia, menaikkan suhu udara di wilayah pesisir. Namun, pedalaman Norwegia tetap menghadapi cuaca ekstrem dengan perbedaan jauh antara suhu musim panas dan musim dingin.

Pegunungan indah di Norwegia berada di bawah iklim Tundra Kutub yang lebih menggigil dengan derajat lebih rendah. Finnmarksvidda, dataran tinggi terbesar di Norwegia, mengalami cuaca terdingin di daratan Finlandia. Dan di desa Karasjok, yang memecahkan rekor terdingin di negara itu pada akhir tahun 1900-an, dengan suhu -51 °C.

5. Kyrgystan - 34.79°F (1,55 °C)

Secara resmi, Republik Kyrgyz, Kyrgyzstan, adalah negara kecil yang terkurung daratan di Asia Tengah dengan iklim yang sangat bervariasi.

Lembah Fergana barat daya sering mencapai suhu terik 40 °C di musim panas, sedangkan pegunungannya tetap dingin pada suhu sekitar -30 °C dari bulan Desember hingga Februari. Sementara negara pinggiran Timur Tengah memiliki suhu rata-rata 1,55 °C, sedangkan suhu terendah yang memecahkan rekor adalah -53 °C.

Musim dingin yang keras dan dingin menutupi beberapa pemandangan lembah dan lereng gunung dengan salju.

3 dari 4 halaman

6. Finlandia - 35.06°F (1,7 °C)

Bertetangga dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia, negara ini mempunyai suhu yang dingin. Finlandia menempati urutan keenam dengan suhu rata-rata 1,7 °C dan rekor terendah -51,5 °C.

Negara ini terkenal dengan sesi musim dingin terlama di dunia, yaitu sekitar 100 hari di barat daya dan 200 hari di Lapland utara.

Musim dingin empat bulan dicirikan oleh rata-rata -20 °C, hujan salju ekstrem, badai salju, dan angin kencang dingin yang mendesak penduduk untuk hibernasi hingga selsai. Uniknya, alam memberikan kembali kepada orang Skandinavia dengan cahaya utara yang indah, biasanya mewarnai langit dari akhir Agustus hingga awal April di bagian utara negara itu.

7. Islandia - 35.15°F (1,75 °C)

Negara Nordik lainnya, Islandia, paling dikenal sebagai tanah yang pernah dihuni oleh Viking. Hari ini, dengan bangga bergabung dengan jajaran negara terdingin di dunia dengan suhu tahunan rata-rata 1,8 °C.

Iklim Polar Tundra membuat Islandia selalu dingin, dengan musim panas yang juga dingin sekitar 10 °C dan musim dingin dengan rata-rata 2,8 °C di bulan Januari. Garis lintang yang unik, pengaruh samudera, dan arus hangat dari Pusaran Atlantik Utara, menjaga suhu Islandia tetap sejuk dengan perbedaan kecil di antara yang ekstrem, sehingga Islandia tidak membeku meskipun namanya demikian.

Dataran rendah di selatan mempunyai rata-rata 0 °C  di musim dingin, sedangkan bagian utara tercatat sekitar -10 °C, dan suhu terendah yang tercatat adalah -39,7 °C.

Wisatawan tidak mengunjungi kesini untuk berjemur di musim panas, atau untuk jalan-jalan di kota besar dan kecil yang diterangi matahari, tetapi untuk ke Blue Lagoon yang indah, gunung berapi, dan gletser, bersama dengan Aurora Borealis yang sangat terkenal.

8. Tajikistan - 35.60°F (2 °C)

Negara terkurung daratan Asia Tengah lainnya yang ada dalam daftar ini, Tajikistan, sangat bergunung-gunung, dengan 93% wilayah daratannya ditutupi oleh puncak tinggi Pamir, Pegunungan Alay, dan pegunungan Tian Shan. Maka, tidak heran jika negara ini muncul dalam daftar ini.

Negara ini mengalami iklim kontinental, semi kering, dan subtropis yang berubah secara dramatis dengan ketinggian. Suhu di dataran rendah negara itu berkisar dari -1 hingga 3 °C pada bulan Januari, sementara di bagian yang lebih tinggi, seperti pegunungan di Pamir timur, suhunya bisa mencapai -15 hingga −20 °C pada bulan yang sama.

4 dari 4 halaman

9. Swedia - 35.78°F (2,1 °C)

Sekali lagi dengan musim dingin yang panjang, keras, dan melumpuhkan, negara Nordik di Eropa Utara menempati daftar kesembilan.

Ini adalah bagian dari Lingkaran Arktik dengan suhu tahunan rata-rata 2,1 °C, dan rekor terendah -53 °C di Malgovik, Wilayah Västerbotten.

Jangkauan utara melihat musim panas yang relatif ringan dan musim dingin yang sangat dingin dengan pembacaan umum -40 °C dan lanskap di bawah penutup salju penuh selama berbulan-bulan. Pertengahan Swedia dan bagian selatan terhindar dari suhu yang jauh lebih rendah sepanjang tahun, dengan hari-hari musim dingin yang membekukan sekitar -30 °C.

10. Estonia - 41,18°F (5,1 °C)

Estonia, sebuah negara Baltik di Eropa utara, terletak di zona transisi antara iklim benua dan maritim. Ini melengkapi daftar ini di tempat kesepuluh dengan suhu tahunan rata-rata 5 °C.

Daerah pesisir dan pulau-pulau memiliki iklim yang lebih sejuk karena pengaruh Laut Baltik sementara tempat-tempat pedalaman mengalami musim dingin yang parah. Februari adalah bulan terdingin di Estonia.

Sungguh menarik bagaimana alam suka bermain-main dengan hal-hal ekstrem, daftar ini juga berisi beberapa tempat terdingin dan terpanas di dunia di satu negara dan menghasilkan kondisi yang ironis dan tidak mungkin terjadi di negara lain. Meskipun Mongolia berperingkat lebih dingin, bulan-bulan musim panasnya yang beruap dicemburui oleh Norwegia, yang mengalami kondisi layak-sweter bahkan di musim panas.Â