Sukses

Arab Saudi dan 8 Negara Ini Rayakan Hari Raya Idul Fitri Jumat 21 April 2023

"... Perayaan Idul Fitri dimulai pada Jumat, 21 April 2023," kata Crescent Sighting Committee (Komite Penampakan Bulan Sabit) Arab Saudi.

Liputan6.com, Riyadh - Arab Saudi merayakan Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023.

Mengutip Arab News, Jumat (21/4/2023), bulan sabit telah terlihat di Arab Saudi sehingga Kamis 20 April adalah hari terakhir bulan suci Ramadhan.

"... Perayaan Idul Fitri dimulai pada Jumat, 21 April 2023," kata Crescent Sighting Committee (Komite Penampakan Bulan Sabit) Arab Saudi. 

Sholat Idul Fitri akan diadakan di seluruh Kerajaan tepat setelah matahari terbit pada hari Jumat di tengah pengaturan yang rumit untuk acara tersebut. 

Kota-kota di seluruh Kerajaan kemudian bersiap untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 2023.

Pemerintah Kota Jeddah menyelesaikan persiapan untuk menyambut wisatawan ke tempat-tempat terbaik kota, termasuk taman, alun-alun, tepi laut, pantai, dan jalur pendakian, selama Lebaran Idul Fitri.

Wali Kota Jeddah Saleh bin Ali Al-Turki meminta semua wilayah terkait dan wilayah yang berafiliasi untuk mengintensifkan upaya lapangan untuk melayani pejalan kaki dan pengunjung kegubernuran sehingga mereka dapat menikmati waktu mereka di taman, tempat umum, dan di sepanjang Corniche. Dia menekankan pentingnya meningkatkan tingkat kontrol atas perusahaan komersial dan makanan.

Pemerintah Kota Jeddah dan wilayah sekitarnya meningkatkan tingkat koordinasi dan kesiapan dalam persiapan Lebaran Idul Fitri. Mereka akan terus mengintensifkan pekerjaan pembersihan umum di area tersebut dan rencana lainnya, sesuai dengan strategi operasional yang telah disetujui. Mereka juga akan menyelesaikan rencana kontrol musiman untuk menindaklanjuti makanan, kesehatan, dan perusahaan komersial, serta memproses laporan yang masuk sepanjang waktu.

2 dari 2 halaman

8 Negara yang Merayakan Idul Fitri Jumat 21 April 2023

Mengutip Al Arabiya, UEA, Qatar, Kuwait, Bahrain, Yaman, Sudan, Yordania, dan Mesir juga mengumumkan bahwa hari pertama Idul Fitri akan jatuh pada hari Jumat.

Perayaan Idul Fitri mengikuti akhir Ramadhan yang berlangsung 29 atau 30 hari berdasarkan saat bulan sabit terlihat.

Muslim mengikuti kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam setahun 354 atau 355 hari.

Karyawan di sektor swasta dan nirlaba Kerajaan akan menikmati liburan berbayar selama empat hari yang akan dimulai pada akhir hari kerja hari Kamis, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial setempat mengumumkan.

Di UEA, libur Idul Fitri untuk pegawai federal dan swasta dimulai pada 20 April. Libur diperpanjang hingga 3 Syawal yang jatuh pada 23 April.