Sukses

5 Mei 2007: Kenya Airways Jatuh di Kamerun Akibat Kelalaian Pilot, Tidak Ada yang Selamat

Pada 5 Mei 2007, sebuah penerbangan Kenya Airways Boeing 737-800 jatuh di Kamerun. Sayangnya, penumpang serta kru kabin dalam pesawat itu tidak ada yang selamat.

Liputan6.com, Yaounde - Pesawat Kenya Airways Boeing 737-800 dengan nomor 5Y-KYA jatuh ketika badai menghantam. Pesawat ini setelah lepas landas dari Bandara Internasional MD-Douala (DLA) di Kamerun pada 5 Mei 2007.

Kenya Airways nomor penerbangan KQ 507 itu adalah penerbangan terjadwal reguler antara Bandara Internasional Félix-Houphouët-Boigny (ABJ) dan Bandara Internasional Jomo Kenyatta (NBO) dengan perhentian di Bandara Internasional MD-Douala (DLA) di Kamerun.

Setelah penerbangan lancar antara Pantai Gading dan Kamerun, penerbangan Kenya Airways KQ 507 adalah satu dari tiga pesawat yang dijadwalkan berangkat dari Douala sekitar tengah malam. Royal Air Maroc dan Cameroon Airlines mengoperasikan dua penerbangan lainnya.

Namun, badai petir yang intens dan hujan lebat di daerah itu telah menunda kepergian ketiga pertarungan. Sementara itu, kedua pilot pesawat Maroko dan Kamerun memutuskan untuk menunggu lebih lama, Kapten Francis Mbatia Wamwea yang berusia 52 tahun menyimpulkan bahwa cuaca telah cukup membaik untuk berangkat, demikian dilansir dari Simple Flying, Selasa (2/5/2023).

Meski belum mendapat izin lepas landas dari menara, Kapten Wamwea berangkat dari Douala pada pukul 00.06 waktu setempat. Mendaki di malam hari tanpa referensi visual di ketinggian sekitar 304 m, kapten melepaskan kontrol penerbangan sambil berteriak "Oke",  menunjukkan kepada petugas pertama untuk menggunakan autopilot. Perintah itu tidak dibacakan kembali oleh co-pilot, menunjukkan bahwa ia tidak mengakui perintah tersebut.

Kini terbang tanpa ada yang memegang kendali, pesawat secara bertahap mulai membelok ke kanan. Saat sudut mencapai 34 derajat, peringatan sudut bank menyala, memperingatkan kapten untuk mengambil kendali untuk mencoba dan memperbaiki perbankan.

Pada sudut 50 derajat, itu terus meningkat dengan masukan dari kemudi kanan, mengambil sudut lebih dari 90 derajat dan mengirim pesawat ke spiral menyelam. Pesawat jatuh di rawa mangga 19 km tenggara Douala dan ditemukan terendam di bawah lumpur dan air.

Sayangnya, tidak ada satu pun dari 108 penumpang dan enam awak dalam kecelakaan pesawat itu selamat.

2 dari 4 halaman

Hasil Investigasi dari Kecelakaan Pesawat

Pemerintah Kamerun segera membentuk komisi untuk menyelidiki kecelakaan tersebut dengan Badan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB).

Kecurigaan awal terfokus pada kemungkinan mesin ganda padam karena kondisi meteorologi dan posisi hidung pesawat berada di bawah. Teorinya adalah bahwa itu akan konsisten dengan pesawat yang kehilangan tenaga pada kedua mesin dan terhenti saat mencoba meluncur kembali ke bandara.

Ketika laporan akhir tentang kecelakaan itu dirilis pada 2010, penyelidikan menemukan bahwa hal-hal berikut telah terjadi:

  • Pesawat berangkat tanpa mendapat izin dari kontrol lalu lintas udara.
  • Kapten, pilot terbang, mengoreksi tepi kanan beberapa kali setelah lepas landas.
  • Setelah 42 detik penerbangan, kapten mengindikasikan bahwa ia telah mengaktifkan autopilot.
  • Autopilot tidak terlibat, pesannya juga tidak diakui oleh co-pilot.
  • Pilot tidak memperhatikan bahwa pesawat semakin berbelok ke kanan.
  • Ketika peringatan sudut bank terdengar 40 detik kemudian, kapten mengaktifkan autopilot tetapi masukannya pada kontrol menyebabkan peningkatan sudut bank lebih lanjut.
  • Hidung pesawat turun setelah mencapai 883 m dengan tepi kanan 115 derajat.
  • Kedua pilot menggunakan input kontrol yang berlawanan dan bertentangan untuk mencoba memulihkan pesawat.

Setelah mempertimbangkan semuanya, para penyelidik menentukan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan pilot yang disebabkan oleh disorientasi spasial (ketidakmampuan seseorang untuk menentukan posisi, gerakan, dan ketinggian tubuhnya yang sebenarnya relatif terhadap bumi atau lingkungannya). Tanpa referensi visual yang tersedia dan tanpa pemindaian instrumen, mereka memutuskan bahwa Kapten Wamwea bingung dalam menghadapi situasi tersebut.

3 dari 4 halaman

Kecelakaan Pesawat Airbus Tewaskan 261 Orang di Jepang, Penyebab Masih Jadi Misteri

Tidak hanya Kenya Airways Boeing 737-800, tragedi penerbangan juga terjadi pada jet jumbo Taiwan yang jatuh dan terbakar saat mendarat di bandara Nagoya Jepang pada 26 April 1994

Pihak China Airlines mengatakan, pesawat jet Airbus A300-600R membawa 256 penumpang dan 15 awak ketika jatuh saat malam sekitar pukul 20.16. (07.16 EDT).

Melansir dari The Washington Post, Rabu (19/4/2023), rekaman menara kontrol menunjukkan bahwa pilot dari China Air Flight 140 tersebut mengirim pesan radio satu menit sebelum kecelakaan, "Kami akan mengulangi pendekatan kami."

Sementara, saksi mata mengatakan kepada jaringan NHK News Jepang bahwa pesawat itu tampaknya mendarat tanpa roda pendaratan. Hidung pesawat jatuh terlebih dahulu, dan menabrak landasan, kata mereka.

Ada tiga ledakan yang terjadi secara berturut-turut dengan cepat, dan jet itu dengan cepat dilalap api.

Pencarian korban kecelakaan pesawat ini memakan waktu sekitar sembilan jam.

Para penyintas yang ditemukan, dilarikan ke rumah sakit di Nagoya, sebuah pusat industri dan manufaktur otomotif sekitar 273 km barat daya Tokyo.

Di antara mereka ada seorang anak laki-laki berusia tiga tahun yang selamat, dan ada juga seorang bayi perempuan yang mengalami luka bakar parah, dan kemudian meninggal di rumah sakit.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Pesawat Sterling Airways Tabrak Pegunungan di Dubai, 112 Orang Meninggal Dunia

Begitu juga Sterling Airways dengan nomor penerbangan 296 yang menabrak punggung gunung saat mendekati Dubai dekat Kalba, Uni Emirat Arab pada 14 Maret 1972. 

Semua 112 penumpang dan awak di dalamnya tewas dalam kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan pilot.

Penerbangan nomor 296 saat itu membawa sekelompok turis Eropa pulang dari Sri Lanka, dilansir dari Simple Flying, Senin (13/3/2023). Pesawat berangkat dari Kolombo dan dijadwalkan untuk berhenti di Bombay, Dubai, dan Ankara dalam perjalanan ke Kopenhagen.

Hasil investigasi untuk kecelakaan Sterling Airways Penerbangan 296 disimpulkan bahwa kecelakaan itu adalah penerbangan terkendali ke daerah pegunungan. Tidak ada kelainan yang ditemukan pada pesawat dan merupakan kasus yang disayangkan karena tidak menyadari lokasinya yang benar.

Saat itu, fasilitas radar belum dipasang di bandara Dubai. Pemandu lalu lintas udara mengandalkan laporan pilot yang melewati titik arah atau melakukan kontak visual ke tanah. Kecelakaan itu kemungkinan besar dapat dihindari jika jangkauan radar tersedia.

Tidak diketahui secara pasti mengapa pilot salah posisi. Laporan investigasi memberikan dua faktor yang paling mungkin berkontribusi:

  • Awak disesatkan oleh informasi yang salah tentang rencana penerbangan yang sudah ketinggalan zaman atau karena salah membaca radar cuaca di dalam pesawat. Awak penerbangan sebelumnya yang terbang ke Dubai menunjukkan bahwa pantai tidak terlihat jelas di radar meteorologi karena badai petir di daerah tersebut.
  • Para kru akan melihat cahaya dari kota Fujayrah, Ghurayfah atau Kalba dan bisa saja mengira itu adalah Dubai.

Baca selebihnya di sini...

Video Terkini