Sukses

Hari Kedua di Labuan Bajo: Jokowi Tinjau Gladi Pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN

Presiden Joko Widodo diagendakan akan melakukan tinjauan gladi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN pada hari kedua kunjungan kerjanya di Labuan Bajo.

Liputan6.com, Labuan Bajo - Presiden Joko Widodo diagendakan akan melakukan tinjauan gladi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN pada hari kedua kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin, 8 Mei 2023.

Presiden Jokowi akan meninjau gladi ketibaan para pemimpin ASEAN di lobi Hotel Meruorah, demikian disebutkan dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com dari Setpres, Senin (8/5/2023).

Setelahnya, dilanjutkan dengan gladi sesi foto tiap pemimpin ASEAN dengan Presiden Jokowi hingga gladi foto bersama.

Selepas itu, Presiden akan menuju Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, untuk meninjau tempat acara puncak KTT ASEAN.

Kepala Negara juga akan melihat tempat untuk jamuan santap siang para pemimpin ASEAN.

Agenda hari kedua kemudian akan ditutup dengan peninjauan gladi jamuan santap malam para pemimpin ASEAN yang akan digelar di Ayana Komodo Waecicu Beach pada malam hari.

Sementara itu, Ibu Iriana juga diagendakan untuk melakukan peninjauan gladi acara para pendamping pemimpin ASEAN.

Para Pemimpin ASEAN akan membahas sejumlah isu penting dalam rangka mendorong kawasan ASEAN yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan, serta memperkuat ketahanan ekonomi ASEAN.

Upaya ini sejalan dengan tema yang diusung dalam Keketuaan Indonesia ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

2 dari 4 halaman

Suasana Bandara Komodo Jelang KTT ASEAN di Labuan Bajo: Ramai dan Pengamanan Ketat

genda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN akan segera dimulai. Perhelatan yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut akan dimulai besok, 9 Mei hingga berakhir pada 11 Mei 2023. 

Menjelang KTT dimulai, situasi Bandara Komodo mulai ramai dipadati pengunjung. 

Menurut pantauan Liputan6.com, Senin (8/5/2023), berbagai pihak mulai dari media hingga perwakilan berbagai kementerian yang terlibat dalam acara KTT ASEAN mulai berdatangan. 

Wisatawan domestik maupun asing juga terlihat memenuhi area ruang tunggu bandara. 

Sementara itu, protokol pengamanan juga sudah mulai terlihat di berbagai titik penyelenggaraan acara KTT ASEAN. Sejumlah area penting termasuk bandara hingga lokasi utama KTT, Hotel Ayana dan Hotel Meruorah, juga telah dijaga secara ketat oleh pihak berwenang. 

Menurut informasi, beberapa delegasi asing telah tiba di Labuan Bajo sejak hari ini, sehingga mengharuskan adanya penerapan rekayasa lalu lintas. Buka tutup jalan juga diberlakukan di sejumlah kawasan, terutama jika terpantau ada delegasi yang melintas. 

3 dari 4 halaman

Bandara Komodo Beroperasi 24 Jam dan Layani Extra Flight

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan bandara Komodo di Labuan Bajo untuk gelaran Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN. Nantinya Bandara Komodo ini akan beroperasi selama 24 jam dalam sehari.

Menhub Budi mengatakan, untuk menjamin pemenuhan aspek keselamatan, keamanan dan kelancaran lima jenis penerbangan yaitu VVIP, militer, charter, private, maupun penerbangan reguler, Kemenhub telah melakukan sejumlah pengaturan untuk menyeimbangkan pergerakan kelima jenis penerbangan tersebut.

“Selama kegiatan KTT ASEAN berlangsung, kami tidak menutup akses penerbangan reguler dari dan ke Labuan Bajo, bahkan operasional bandara kami buka 24 jam dan ada penambahan atau extra flight, untuk penerbangan reguler,” ujar Menhub Budi, mengutip keterangan resmi, Senin (8/5/2023).

 

4 dari 4 halaman

Penyediaan Angkutan Jalur Udara

Pengaturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023 di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, yang telah diterbitkan pada 18 April 2023 dan mulai berlaku pada 7-13 Mei 2023.

SE tersebut telah disampaikan kepada penyelenggara angkutan udara baik operator bandara maupun penerbangan jauh-jauh hari, agar lebih siap untuk mengantisipasi adanya perubahan jadwal penerbangan.

“Kami mengimbau kepada pengelola maskapai dan bandara, untuk proaktif memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada para penumpang, sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Surat Edaran. Seperti misalnya, informasi perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, proses refund, dan lain sebagainya,” tutur Menhub Budi.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan penerbangan reguler dari dan ke Labuan Bajo lewat Bandara Komodo, agar memperhatikan kembali jadwal penerbangan di tanggal tersebut. Khususnya di hari puncak kedatangan pesawat VVIP pada 9 Mei 2023 dan kepulangan pesawat VVIP pada 11 Mei 2023.