Sukses

Dukungan Nyata Indonesia bagi Keanggotaan Penuh Timor Leste di ASEAN: 30 ASN-nya Magang di Kementerian RI

Melalui upaya Indonesia tersebut, Timor Leste diharapkan semakin memahami kewajiban sebagai anggota ASEAN.

Liputan6.com, Labuan Bajo - Indonesia mengambil langkah konkret dalam membantu Timor Leste mendapat keanggotaan penuh ASEAN, yaitu dengan melibatkan aparatur sipil negara (ASN) Timor Leste dalam penyelenggaraan keketuaan ASEAN.

"Tiga puluh ASN (Timor Leste) akan berpartisipasi di berbagai kementerian Indonesia, yang akan menyelenggarakan pertemuan menyangkut keketuaan," ungkap Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Sidharto Reza Suryodipuro atau yang akrab disapa Arto dalam press briefing di media center KTT ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, NTT, Senin (8/5/2023).

Arto menambahkan, "Jadi, Kementerian Luar Negeri Timor Leste dimagangkan di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Kementerian Perdagangan Timor Leste di Kementerian Perdagangan Indonesia, Kementerian Pertahanan Timor Leste di Kementerian Pertahanan Indonesia."

Melalui upaya Indonesia tersebut, Timor Leste diharapkan semakin memahami kewajiban sebagai anggota ASEAN.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ASEAN Persiapkan Roadmap bagi Timor Leste

Keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN turut dibahas di pertemuan pejabat senior ASEAN atau ASEAN Senior Officials Meeting (ASEAN SOM) pada Senin.

ASEAN, ungkap Arto, kini tengah menyiapkan roadmap yang memuat unsur penting seperti instrumen hukum, skema kontribusi finansial, dan penguatan kapasitas ASN Timor Leste, dalam rangka mempersiapkan partisipasi penuh negara itu di ASEAN.

Roadmap juga mencakup sejumlah hal yang harus dipenuhi Timor Leste di berbagai pilar, termasuk politik, keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

"Dalam hal ini yang paling rumit adalah di pilar ekonomi karena menyangkut berbagai aspek ekonomi, termasuk berbagai perundingan perdagangan yang harus mereka selesaikan dengan anggota ASEAN," tambahnya.

Roadmap yang disiapkan, jelas Arto, akan direkomendasikan ke ASEAN Coordinating Council (ACC) dan jika disahkan maka akan diteruskan ke KTT untuk diadopsi menjadi keputusan.

"Intinya untuk meletakkan, mengidentifikasi, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan Timor Leste hingga mencapai keanggotaan penuh," kata Arto.

Keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN akan ditandai dengan penandatanganan instrumen aksesi terhadap Piagam ASEAN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini