Sukses

Simak Daftar 10 Ikan Tercantik di Dunia, Ada yang Asli dari Indonesia

Spesies ikan mencapai ribuan, di antaranya berikut ini 10 ikan paling cantik di dunia, salah satunya asli Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak heran ikan menjadi salah satu hewan peliharaan populer di dunia. Warna, rupa, dan bentuknya yang sangat bermacam menjadi salah satu daya tariknya.

Ada sekitar 34.000 spesies ikan berbeda yang sudah ditemukan baik di air tawar maupun air asin, sangat mungkin jumlah spesies sebenarnya jauh lebih banyak dari angka tersebut.

Di antara ribuan spesies ikan, berikut ini 10 ikan tercantik di dunia, melansir Owl Cation, Selasa (16/5/2023).

1. Ikan Cupang Crowntail Merah

Ikan Cupang Crowntail Merah. (instagram/@bettafishpics)

Ikan ini terkenal karena sirip ekornya yang sangat menarik perhatian. Ikan air tawar ini sering diikutkan dalam kegiatan pertarungan kecil di Asia Selatan.

Sirip ekornya memiliki ekstensi besar yang dapat berdiameter hingga delapan inci atau tiga kali ukuran tubuhnya.

Cupang crowntail memiliki panjang sekitar 2,5 inci (6,3 cm) hingga tiga inci (7,6 cm). Umurnya bisa dua hingga tiga tahun. Memiliki warna cerah dan menarik, yang paling menonjol adalah biru gelap dan merah.

2. Ikan Discus

Ikan Discus. (instagram/@aquascapingtheworld)

Merupakan ikan asli lembah sungai Amazon di Amerika Selatan. Ikan ini milik keluarga Cichlidae.

Karena bentuk, perilaku, warna dan polanya yang unik, discus populer sebagai ikan akuarium air tawar, dan mereka juga disebut sebagai “Raja Akuarium”. 

Diskus umumnya tenang dan damai, tetapi bisa menjadi agresif saat bertelur dan mencoba berpasangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Banggai Cardinalfish

Ikan laut kecil bertulang belakang ini merupakan endemik di Kepulauan Banggai Indonesia.

Banggai cardinalfish sudah terkenal hingga mancanegara melalui perdagangan terumbu hias hidup. Mereka sangat populer bagi para penggemar akuarium.

Sebagian besarnya berwarna perak dengan pola polkadot kecil di siripnya juga memiliki tiga pita hitam dalam arah vertikal dengan masa hidup rata-rata 2,5 hingga tiga tahun, dan maksimal lima tahun.

4. Ikan Mandarin

Ikan mandarin. (instagram/@ntlabs_official)

Ikan mandarin adalah salah satu ikan terindah dan menakjubkan di lautan. 

Mereka asli samudera Pasifik, dapat ditemukan mulai dari di Kepulauan Ryukyu selatan hingga Australia.

Ikan tropis ini kecil dan pemalu. Populer dijadikan subjek fotografi karena keindahannya yang mencolok dan kebiasaannya yang menarik.

Salah satu fitur yang menonjol adalah matanya yang besar, yang merupakan adaptasi ideal untuk berburu makanan dan mencari makan di lingkungan bawah laut yang remang-remang.

5. Angelfish Air Tawar

<p>Angelfish Air Tawar. (instagram/@planted_tanks)</p>

Angelfish air tawar mungkin adalah ikan yang paling dikenal oleh para pegiat hobi akuarium. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan tropis, termasuk sebagian besar sistem Sungai Amazon.

Di alam liar, mereka terlihat di daerah yang remang-remang, di bawah vegetasi atau pohon yang tumbang ke sungai yang berarus lambat.

Mereka memiliki berbagai warna dan pola yang indah, mulai dari garis-garis berwarna hingga perak padat, atau marmer hitam dan perak. 

Mereka umumnya damai, tetapi bisa menjadi agresif saat berpasangan dan bertelur.

3 dari 4 halaman

6. Ram Cichlid

Ikan akuarium ini kecil, berwarna-warni, dan sangat populer. Merupakan spesies endemik di lembah Sungai Orinoco, di Savannah of Columbia dan Venezuela.

Ikan tersebut memiliki tubuh oval dengan sirip dan ekor yang runcing. Jantan dewasa dapat mengembangkan sirip punggung yang lebih runcing daripada betina.

Di akuarium, jantan dapat tumbuh sekitar dua inci (5 cm) lebih panjang daripada betina.

Ram cichlid adalah ikan yang mudah dipelihara dan cocok untuk pemula. 

7. Arwana

Ikan arwana. (instagram/@evoarwana)

Arwana adalah ikan bertulang air tawar yang ditemukan di sungai, danau, dan kolam di Asia, Amerika Selatan, dan Australia, tubuhnya menyerupai belut. 

Ada sekitar 10 jenis Arwana, 4 dari Asia, 3 dari Amerika Selatan, 2 dari Australia, dan 1 dari Afrika. Mereka biasanya disimpan sebagai hewan peliharaan.

Ikan ini menjadi simbol kekayaan bagi para pria di Asia. Pada tahun 2009, Arwana albino dijual dengan harga rekor $300.000, setara 4,4 miliar rupiah, tidak heran mereka dibudidayakan di tempat berkeamanan tinggi.

Mereka adalah ikan soliter, yang hanya menemani saat muda. Ketika dewasa mereka sangat mungkin menunjukkan agresi dan dominasi terhadap orang lain.

4 dari 4 halaman

8. Sea Goldie

Ditemukan di Samudra Hindia bagian barat, termasuk Laut Merah, dan di Samudra Pasifik hingga ke timur sejauh Jepang dan Australia tenggara, sea goldie adalah ikan tropis kecil yang menghuni perairan laguna dan terumbu karang yang tembus cahaya, hingga kedalaman 20 meter. 

Ikan ini adalah hermaprodit protogini, seperti anggota keluarga lainnya. Mereka dilahirkan sebagai betina tetapi berubah menjadi jantan di suatu waktu.

Ketika sebuah kelompok kehilangan sang jantan, ikan betina dapat mengubah jenis kelaminnya menjadi jantan. 

Warnanya akan berubah dari jingga menjadi merah muda ketika betina mengubah jenis kelaminnya menjadi jantan. 

9. Gurame Kerdil

Gurame kerdil. (instagram/@aquarium_photos)

Gurami kerdil berasal dari sungai, kolam, danau, dan sawah air tawar yang mengalir lambat di Asia Selatan. Namun, kini dapat juga ditemukan di AS, Singapura, dan Kolombia.

Ikan yang sangat berwarna-warni ini tidak begitu sulit dipelihara. Mereka memilih hidup berkelompok agar merasa aman dan nyaman.

Rentang hidup rata-ratanya sekitar lima tahun, tetapi dalam kondisi yang baik ikan kecil ini dapat hidup lebih lama lagi. Ukuran rata-ratanya adalah sembilan cm.

10. Clown Triggerfish

<p>Clown Triggerfish. (insragram/@oceana)</p>

Ikan badut ini berwarna cerah dan terkenal sebagai seekor predator.

Mereka tersebar luas di seluruh perairan tropis dan subtropis Samudera Hindia dan Samudera Pasifik bagian barat.

Mereka dapat ditemukan di sekitar terumbu karang di perairan liar. Ikan ini sangat agresif dan teritorial.

Meskipun sangat menarik dan penuh warna, mereka bisa menjadi penghuni akuarium yang paling agresif. Jadi saat memilih teman akuariumnya, pilihlah ikan besar dan agresif lainnya. 

Begitu mereka mencapai ukuran sekitar 13-15 cm, hampir tidak ada lagi yang ditakuti ikan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.