Sukses

Bertemu Jokowi di KTT G7, PM Narendra Modi: India Prioritaskan Hubungan yang Kuat dengan Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri India di KTT G7 2023, Hiroshima, Jepang.

Liputan6.com, Hiroshima - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri India di KTT G7 2023, Hiroshima, Jepang.

Kebersamaan kedua pemimpin negara Indonesia dan India itu beredar di media sosial, saat PM Narendra Modi membagikan beberapa foto dari pertemuannya dengan Presiden Indonesia Joko Widodo dan istrinya.

"India sangat memprioritaskan hubungan yang kuat dengan Indonesia," kata PM Modi dalam tweetnya, dikutip dari laman latestly, Minggu (21/5/2023).

Sebelumnya pada hari itu, video PM Narendra Modi dan Presiden AS Joe Biden saling menyapa dengan hangat dan saling berpelukan saat mereka bertemu di Hiroshima, Jepang juga viral di media sosial.

Selain itu, Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengadakan pertemuan di sela-sela KTT G7 Hiroshima, Jepang pada Minggu 21 Mei 2023.

"Bertemu dengan Presiden Joko Widodo," cuit Zelensky di Twitternya.

"Menjelaskan kepadanya tentang jalannya kekeransan di Ukraina, khususnya tentang penembakan artileri Rusia terhadap infrastruktur sipil. Kami membahas implementasi Formula Perdamaian Ukraina. Saya meminta dukungan terhadap Ukraina dalam upaya mengembalikan anak-anak yang dideportasi secara ilegal," lanjut presiden Ukraina itu.

Zelensky juga berterimakasih kepada Joko Widodo atas undangan untuk berpartisipasi dalam KTT G20 pada November 2022, di mana Formula Perdamaian Ukraina dipresentasikan kepada dunia, serta kesiapan Indonesia untuk mendukung upaya pemulihan Ukraina khususnya di bidang kesehatan.

Presiden Ukraina itu juga menyampaikan apresiasi atas peran Indonesia untuk mengupayakan perdamaian. Zelensky masih ingat bahwa Presiden Jokowi adalah salah satu dari pemimpin negara yang pertama berkunjung ke Kiev di tengah situasi sulit yang dihadapi Ukraina.

"Saya ingat kedatangan Yang Mulia termasuk yang pertama ke Ukraina. Terima kasih dan kami akan selalu ingat," ucap Zelensky, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Berduka Atas Jatuhnya Korban Perang di Ukraina

Pada kesempatannya, Jokowi mengatakan turut berduka atas korban perang di Ukraina yang terus berjatuhan.

"Presiden Zelensky, saya ikuti terus perkembangan situasi di Ukraina. Turut berduka atas korban yang terus berjatuhan," ujar Presiden Jokowi dalam pengantarnya.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa Indonesia terus mendukung upaya perdamaian di Ukraina dan menyatakan kesiapannya untuk menjadi jembatan perdamaian. "Indonesia siap jadi jembatan perdamaian antara Ukraina dan Rusia," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.