Sukses

Kedubes Korea Selatan Sumbang Papan Nama ke Akademi Hangeul di Baubau

Dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Korea-Indonesia, Kedubes Republik Korea menyumbangkan papan nama ke Akademi Hangeul Baubau di Suku Ciacia.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Korea-Indonesia, Kedubes Republik Korea menyumbangkan papan nama ke Akademi Hangeul Baubau di Suku Ciacia.

Pada Rabu, 28 Juni 2023, dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Korea-Indonesia, Bapak Lee Sang-deok, Dubes Republik Korea mengunjungi Kota Baubau, Pulau Buton, Sulawesi untuk menyumbangkan papan nama ke Akademi Hangeul Baubau, yang mengajarkan huruf Korea, yang disebut 'hangeul', kepada Suku Ciacia.

Suku Ciacia berperan dalam menghubungkan kedua negara melalui 'hangeul'. Oleh karena itu, untuk merayakan tahun yang penuh makna ini, ‘Team Korea’ memberikan paket bantuan secara menyeluruh, demikian disebutkan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari Kedubes Korea Selatan, Kamis (29/6/2023).

Kedubes Korea Selatan memberikan papan nama ke Akademi Hangeul Baubau, lalu KOTRA dan perusahaan Korea seperti KB Bukopin dan Arasoft mendonasikan program digital, e-books, perlengkapan IT seperti laptop dan tablet PC kepada Akademi Hangeul Baubau untuk membantu Suku Ciacia mempelajari dan menggunakan 'hangeul' dengan mudah.

Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan kapasitas IT di daerah tersebut, ‘Team Korea’ juga berperan dalam memberikan seminar peningkatan kapasitas IT bagi para pegawai pemerintah di Kota Baubau.

Dubes Lee Sang-deok mengatakan dalam rangka merayakan 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara, kunjungan ke Kota Baubau untuk menyumbangkan papan nama ke Akademi Hangeul Baubau merupakan hal yang berkesan.

'Hangeul' diciptakan berdasarkan mekanisme ilmiah, sehingga saya berharap bahwa hangeul dapat digunakan dalam pendidikan Suku Ciacia dan perangkat IT serta program digital yang telah disumbangkan oleh perusahaan Korea akan dapat mendukung lingkungan pembelajaran tak hanya bagi Suku Ciacia, tetapi juga bagi Kota Baubau.

 

2 dari 2 halaman

Pertukaran SDM

Sebagai tambahan, acara ini akan memperluas pertukaran SDM dan meningkatkan pemahaman masyarakat kedua negara.

Selain memperkenalkan budaya Korea di Indonesia, Kedubes Korea Selatan akan terus berkolaborasi bersama KOTRA dan perusahaan Korea dalam berkontribusi pada pembangunan daerah di Indonesia untuk mempromosikan pertukaran budaya dua arah antara Korea dan Indonesia, yang merupakan faktor utama dalam membangun hubungan kedua negara.