Sukses

Presiden COP28 Bertemu Raja Inggris di LCAW 2023, Sorot Ekosistem Holistik untuk Aksi Iklim

Presiden yang ditunjuk untuk ajang COP28 di UEA menghadiri London Climate Action Week (LCAW) 2023.

Liputan6.com, London - Perhelatan COP28, Konferensi Perubahan Iklim ke-28 akan digelar dalam hitungan bulan. Acara konferensi untuk menilai kemajuan upaya memerangi perubahan iklim -- di mana mewajibkan negara-negara maju untuk mengurangi emisi gas rumah kaca-- dijadwalkan berlangsung November 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Menjelang upaya menyelamatkan Bumi dari krisis iklim melalui agenda yang juga dikenal sebagai COP28 summit atau KTT COP28, diselenggarakan London Climate Action Week (LCAW) 2023 atau Pekan Aksi Iklim London 2023 pada 24 Juni hingga 2 Juli.

President-Designate atau presiden yang ditunjuk untuk ajang KTT Iklim COP28, Dr. Sultan Al Jaber, melakukan perjalanan ke London untuk menghadiri momen tersebut. Pada kesempatan tersebut, ia berkolaborasi dengan pemangku kepentingan Inggris untuk mengembangkan ekosistem holistik yang menghubungkan kebijakan, teknologi, keuangan, dan manusia.

"Jika kita ingin mengurangi emisi sebesar 43 persen dalam 7 tahun ke depan, kita membutuhkan ekosistem holistik yang menghubungkan kebijakan, teknologi, keuangan, dan manusia. Kami membutuhkan kebijakan yang mendukung untuk mendorong adopsi energi bersih dan mendorong dekarbonisasi," ujar Dr. Al Jaber.

"Kami jelas perlu menerapkan teknologi terbaru dengan cepat dan dalam skala besar. Itu akan membutuhkan keuangan dan banyak modal di seluruh dunia, dan khususnya di negara berkembang dan berkembang. Dan faktor penentu keberhasilan adalah manusia. Kami membutuhkan peningkatan kapasitas, dan pengembangan keterampilan untuk melatih kaum muda untuk pekerjaan di masa depan. Karena kita harus memberikan aksi iklim dan peluang sosial-ekonomi pada saat yang bersamaan," paparnya lagi.

"Ini adalah momen kejelasan yang harus kita hadapi dengan kejujuran total – kita membutuhkan koreksi arah yang besar, dan kita membutuhkannya sekarang. Tujuan kita harus berhenti berbicara dan mulai menyampaikan".

Selama kunjungannya itu, dalam keterangan tertulis dari COP28 UAE yang diterima Selasa (4/6/2023), Dr. Sultan Al Jaber disebutkan bekerja sama dengan Pemerintah Inggris dalam kebijakan yang mendukung investasi iklim yang lebih besar iklim yang lebih baik.

Selain itu dia juga mendorong investor untuk mendanai teknologi iklim, dan berkonsultasi dengan advokat pemuda iklim untuk membantu membentuk agenda COP28.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menggandeng Pemuda, Generasi Penting

Dr. Sultan Al Jaber juga bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan utama selama kunjungan ke London pekan ini, termasuk Raja Charles III, Sekretaris Negara untuk Keamanan Energi dan Net Zero Grant Shapps, dan Menteri Negara untuk Wilayah Luar Negeri, Persemakmuran, Energi, Iklim dan Lingkungan Lord Zac Goldsmith, serta para pemimpin bisnis, mahasiswa, dan pemuda pendukung urusan iklim.

Presiden COP28 itu juga menghadiri roundtable atau sesi diskusi tentang solusi iklim yang diikuti oleh Raja Inggris Charles III dan dihadiri oleh Wali Kota London Sadiq Khan, Menteri Keamanan Energi dan Net Zero Rt. Graham Stuart, Wakil Rektor Universitas Oxford dan Cambridge, dan CEO HSBC, AstraZeneca, OVO Energy, dan Gridserve.

Dalam salah satu sorotan kunjungannya, pada saat Dr. Al Jaber menghadiri sesi roundtable dengan mahasiswa dan advokat iklim muda dipandu oleh Shamma Al Mazrui COP28 Youth Climate Champion. Konsultasi tersebut mencari pandangan dari kaum muda untuk membentuk agenda di COP28, termasuk bagaimana presiden yang ditunjuk dapat membantu memastikan bahwa proses dan hasil dapat lebih inklusif dan adil.

Menanggapi konsultasi tersebut, Presiden COP28 mengatakan "generasi Anda sangat penting, karena Anda akan mewarisi beberapa tantangan terbesar dari perubahan iklim dan juga akan memberikan banyak solusi. Perspektif Anda harus didengar. Dan Anda harus diberdayakan untuk membuat perbedaan. Kami membutuhkan perintis seperti Anda – yang tidak sabar menetapkan tolok ukur baru."

Dia juga menegaskan kembali komitmennya untuk menjadikan COP28 sebagai COP paling inklusif yang pernah ada, dengan memberikan “kesempatan bagi kaum muda yang belum pernah dilibatkan dalam proses dan yang berasal dari negara-negara yang telah melihat bencana iklim secara langsung" melalui inisiatif seperti Program Delegasi Iklim Pemuda.

Dalam sambutannya, Dr. Al Jaber juga menekankan perlunya suara anak muda diikutsertakan dalam COP28 dan menyatakan komitmennya untuk mengajak anak muda untuk “membawa semangat, fokus, dan keberanian untuk menghadapi tantangan", mencerminkan hal itu. "sudah waktunya untuk melakukan sesuatu secara berbeda karena kita tidak dapat mengandalkan bisnis seperti biasa".

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Peluang Kolaborasi Jelang COP28

Dalam pertemuan dengan Menteri Pemerintah Inggris dari Departemen Keamanan Energi dan Net Zero serta Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan, Dr. Sultan Al Jaber membahas inisiatif utama dan bidang kolaborasi menjelang COP28.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Dr. Sultan Al Jaber juga mengunjungi Octopus Energy dan CEO pendirinya, Greg Jackson, di kantor pusat mereka di London. Mereka membahas teknologi terbaru yang mendukungpeluncuran energi terbarukan dan solusi penyimpanan, meningkatkan efisiensi energi, dan membantu dalam perlombaan menuju nol bersih.

Masdar, perusahaan energi terbarukan UEA yang terkemuka di dunia dan diketuai oleh Dr. Sultan al-Jaber, telah berkomitmen untuk menginvestasikan 1 miliar poundsterling untuk bidang battery storage Inggris, menyusul akuisisi Arlington Energy.

Masdar telah bermitra dengan Octopus Energy untuk melisensikan platform teknologi inovatifnya, Kraken, untuk mengelola portofolio baterainya dengan biaya rendah dan efisiensi maksimum. Platform ini bertujuan untuk mengelola 100.000 perangkat dan kapasitas energi 6GW pada akhir tahun 2023. Ini akan membantu membawa lebih banyak energi terbarukan ke jaringan lebih cepat dan menurunkan harga.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Sekilas Tentang COP28

 

COP28 UEA akan berlangsung di Expo City Dubai mulai 30 November - 12 Desember 2023. Konferensi ini diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 70.000 peserta, termasuk kepala negara, pejabat pemerintah, pemimpin industri internasional, sektor swasta perwakilan, akademisi, pakar, pemuda, dan aktor non-negara.

eperti yang dimandatkan oleh Perjanjian Iklim Paris, COP28 UEA akan melakukan Pendataan Global yang pertama – evaluasi komprehensif kemajuan terhadap tujuan iklim.

UEA akan memimpin proses bagi semua pihak untuk menyepakati peta jalan yang jelas untuk mempercepat kemajuan melalui transisi energi global pragmatis dan pendekatan "tidak meninggalkan siapa pun" untuk aksi iklim yang inklusif.

Sementara itu, melalui Youth Climate Delegate Program (Program Delegasi Iklim Pemuda), akan didukung 100 pemuda untuk bergabung dari negara pulau kecil yang sedang berkembang, negara kurang berkembang dan masyarakat adat dari seluruh dunia. Informasi lebih lanjut bisa ditemukan di situs web COP28 - https://www.cop28.com/en/youth-delegates.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.