Sukses

Fans Manchester United Rela Bersepeda dari Mongolia ke Old Trafford demi Tonton Klub Bola Idolanya

Alasan utamanya melakukan perjalanan tersebut adalah agar ia bisa melupakan traumanya dan bisa menginspirasi banyak orang.

Liputan6.com, Ulaanbaatar - Pesepakbola Mongolia yang merupakan penggemar fanatik Manchester United rela bersepeda lebih dari 11.000 km untuk menyaksikan klub kesayangannya bermain di Old Trafford secara langsung untuk pertama kalinya.

Dilansir SCMP, Rabu (5/7/2023), Ochirvaani Batbold telah memulai perjalanannya sejak 5 Mei 2023 dan sudah menempuh jarak 3.000 km dari tempat tinggalnya di ibu kota Mongolia, Ulaanbaatar. 

Pria yang memiliki julukan "Ochiroo" dan "Wazza" sebagai bentuk penghormatan terhadap pemain favoritnya Wayne Rooney, saat ini berada di China dan selanjutnya akan melewati Kazakhstan, Uzbekistan, Turkmenistan, Iran, Turki, Bulgaria, Makedonia Utara, Kosovo, Serbia, Hungaria, Austria, Jerman, Prancis, dan akhirnya akan tiba di Inggris pada bulan Desember 2023.

"Semuanya dimulai dengan imajinasi dan mimpi. Saya melakukan yang terbaik untuk semua yang saya bayangkan dan impikan. Saya telah melalui banyak hal," tulis pria berusia 25 tahun yang pernah bermain di Liga Utama Mongolia. 

"Tetapi suatu hari saya mencoba mencapai tujuan saya tanpa kehilangan harapan. Saya sangat senang bahwa mimpi saya dapat mendengar suara saya dan saya dapat merasakan gairah saya," tambahnya. 

Ochiroo, yang rata-rata menempuh 100 km sehari dengan sepedanya, memutuskan melakukan perjalanan tersebut untuk membantu dirinya melupakan penipuan yang dialaminya pada tahun 2015 di Facebook oleh agen palsu.

Ketika itu, dia merupakan seorang pesepakbola amatir yang masih berusia 17 tahun di Bayangol FC. Ia yang hidup dalam kemiskinan bersama orang tuanya, mengalami penipuan senilai USD 4.000 (Rp59,9 juta) dengan dijanjikan bisa mengikuti seleksi sepak bola dengan klub Major League Soccer LA Galaxy.

Sayangnya, keluarganya melakukan pinjaman untuk membayarkan nominal tersebut ke pihak penipu sehingga ia harus melakukan penggalangan dana untuk melunasi utang tersebut. 

Tetapi, luka mentalnya butuh waktu lama untuk sembuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Menginspirasi Orang Banyak

Alasan utamanya melakukan perjalanan tersebut, kata Ochiroo, adalah untuk memberikan inspirasi bagi orang lain. 

"Saya suka petualangan dan Manchester United, dan sangat ingin bangga dengan semua yang telah saya lalui. Juga, saya ingin melakukan sesuatu yang banyak menginspirasi orang lain. Lalu aku bisa hidup tanpa penyesalan. Jadi saya memutuskan untuk bersepeda ke Old Trafford," katanya. 

"Saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya akan mewujudkan impian saya, bukan hanya untuk diri saya sendiri, tetapi untuk mereka yang mempercayai saya dan selalu mendukung saya," tambahnya.

Ochiroo telah menjadi penggemar Manchester United sejak tahun 2010, sejak menyaksikan Dimitar Berbatov mencetak hat-trick dalam kemenangan 3-2 melawan Liverpool.

"Setiap kali saya menonton televisi, ada pertandingan dan cerita Man United," katanya kepada situs web United.

"Begitulah cara saya bertemu United untuk pertama kalinya. Pertandingan pertama yang saya ingat adalah United v Liverpool pada September 2010. Juga paman saya adalah penggemar berat Man United. Jadi saya mendukung Man United dan khususnya Wayne Rooney. Wazza adalah pemain yang sangat kuat. Saya menyukai gaya permainannya," ungkapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.