Sukses

Penny Wong dari Australia Bakal Hadir Pertemuan Menlu ASEAN, Ini Misi Lain Kunjungannya ke Jakarta

Senator Penny Wong, Menteri Luar Negeri Australia, akan melakukan kunjungan ke Jakarta untuk menghadiri pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN. Ini misinya selama di ibu kota.

Liputan6.com, Jakarta - Senator Penny Wong yang merupakan Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia juga akan berkunjung ke Jakarta pekan ini. Kedatangannya untuk menghadiri pertemuan sejumlah pertemuan dengan Menlu ASEAN dan Asia Timur.

"Minggu ini saya akan berkunjung ke Jakarta untuk menghadiri pertemuan tahunan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN-Australia, Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur, dan Forum Regional ASEAN," ujar Menlu Penny Wong melalui keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta yang diterima Selasa (11/7/2023). 

Dalam pertemuan tersebut, Senator Wong akan membahas kerja sama antara Australia dan negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang, termasuk perubahan iklim, ketahanan kesehatan, dan pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik.

"Australia melihat ASEAN sebagai pusat kawasan yang stabil, damai, dan makmur," ungkap Senator Penny Wong.

Australia memiliki hubungan yang kuat dengan negara-negara di Asia Tenggara dalam berbagai aspek, seperti keluarga, pendidikan, pariwisata, dan bisnis. Oleh karena itu, masa depan Australia sangat terkait dengan masa depan kawasan tersebut.

Senator Wong menekankan pentingnya ASEAN yang kuat bagi stabilitas kawasan. "Australia akan terus bekerja dalam kemitraan dengan ASEAN untuk membentuk kawasan yang kita semua ingin capai," ujarnya.

Dalam pertemuan dengan para Menteri Luar Negeri ASEAN, Senator Wong akan membahas peluang untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Selain pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN, Senator Wong juga akan menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN. Pada kesempatan tersebut, Senator Wong akan menyampaikan visi Australia untuk kawasan serta bagaimana Australia dan ASEAN dapat bekerja sama dalam mengatasi tantangan yang dihadapi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Kemitraan dengan ASEAN hingga Luncurkan Pameran Foto

Kunjungan Senator Wong ke Jakarta terjadi sepakan setelah kunjungan Presiden Indonesia, Joko Widodo, ke Australia.

"Ini merupakan kesempatan untuk lebih memperkuat kemitraan kami dengan Indonesia dan menegaskan kembali dukungan kami terhadap prioritas Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023," tutur Menlu Penny Wong.

Dalam kunjungan kali ini, Senator Wong juga akan meluncurkan pameran foto yang menandai 70 tahun beasiswa Australia di Indonesia, berpartisipasi dalam diskusi dengan kaum muda Indonesia, dan mengunjungi pusat kesehatan setempat untuk menegaskan kemitraan Australia dan Indonesia dalam reformasi kesehatan.

Dengan kunjungan ini, Senator Wong mengharapkan dapat memperkuat hubungan Australia dengan negara-negara ASEAN, khususnya Indonesia, dan bekerja sama dalam mencapai kawasan yang stabil, damai, dan makmur. 

Kunjungan ini juga merupakan langkah Australia untuk memperkuat kemitraan dengan ASEAN dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini