Sukses

Update Korban Banjir Korea Selatan, 24 Orang Tewas dan 6.400 Warga Dievakuasi

Jumlah korban banjir Korea Selatan (Korsel) diperkirakan akan terus bertambah. tim penyelamat di Korea Selatan berjuang untuk mencapai mobil yang terjebak di terowongan yang terendam banjir Korsel terkini, setelah berhari-hari hujan lebat.

Liputan6.com, Seoul - Korban banjir di Korea Selatan (Korsel) dilaporkan bertambah. Setidaknya 24 orang kini diketahui telah tewas dan 10 lainnya hilang.

"Setidaknya 24 orang tewas dan 10 lainnya hilang setelah hujan lebat menyebabkan banjir dan tanah longsor di Korea Selatan," lapor Kantor Berita Yonhap pada Sabtu 15 Juli 2023 mengutip pejabat bantuan bencana setempat.

"Menurut otoritas penyelamat, penghitungan awal menunjukkan 24 orang tewas akibat hujan lebat sejauh ini," demikian laporan Yonhap seraya menambahkan bahwa 10 orang lainnya hilang, sebagian besar terkubur tanah longsor atau jatuh ke waduk yang banjir.

Sementara itu, mengutip BBC, Minggu (16/7/2023), tim penyelamat di Korea Selatan berjuang untuk mencapai mobil yang terjebak di terowongan yang terendam banjir Korsel terkini, setelah berhari-hari hujan lebat.

Tidak jelas berapa banyak orang yang terjebak, namun sekitar 19 kendaraan dilaporkan berada di terowongan di Cheongju, Provinsi Chungcheong Utara.

Sebagian besar korban jiwa akibat banjir Korea Selatan ini berada di wilayah pegunungan Gyeongsang Utara, tempat tanah longsor menyapu rumah-rumah.

Gambar udara dari daerah yang terkena banjir menunjukkan lumpur coklat dan air banjir yang begitu dalam, hanya bagian atas atap yang terlihat mencuat.

Ribuan orang terkena dampak perintah evakuasi yang dikeluarkan oleh berbagai pemerintah daerah dan Perdana Menteri Han Duck-soo telah meminta militer untuk membantu upaya penyelamatan.

Otoritas pemadam kebakaran mengatakan bahwa terowongan, di pinggiran Osong di Cheongju, dibanjiri oleh banjir bandang terlalu cepat bagi pengemudi dan penumpang untuk melarikan diri, lapor kantor berita Korea Selatan Yonhap.

Satu orang dipastikan tewas, sementara sembilan lainnya berhasil diselamatkan.

Sementara itu pada Sabtu 16 Juli dini hari waktu setempat, sekitar 6.400 warga dievakuasi setelah Bendungan Goesan mulai meluap, kata otoritas pemadam kebakaran tersebut.

Sejumlah desa dataran rendah di dekat bendungan serta banyak jalan yang menghubungkannya terendam, menyebabkan beberapa warga terperangkap di rumah mereka.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kereta Tergelincir

 

Pada Jumat malam, tanah longsor menyebabkan kereta tergelincir di Chungcheong Utara. Seorang masinis terluka, tapi untungnya kereta tersebut tidak membawa penumpang saat itu.

Korail, operator kereta nasional negara itu, telah mengumumkan penangguhan semua kereta lambat dan beberapa kereta peluru, dan mengatakan layanan peluru lainnya akan terganggu.

Korea Meteorological Administration (Administrasi Meteorologi Korea) memperkirakan lebih banyak curah hujan hingga Rabu pekan depan 19 Juli. Ia memperingatkan bahwa kondisi cuaca menimbulkan bahaya "besar".

Hujan ekstrem telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa negara termasuk India, China dan Jepang selama dua minggu terakhir.

Meskipun banyak faktor yang menyebabkan banjir, para ilmuwan mengatakan bahwa pemanasan atmosfer yang disebabkan oleh perubahan iklim membuat curah hujan yang ekstrem lebih mungkin terjadi.

Semakin hangat suhunya, semakin banyak uap air yang bisa ditahan atmosfer.

3 dari 4 halaman

Jumlah Korban Diperkirakan Meningkat

AFP mengutip Yonhap juga melaporkan bahwa jumlah keseluruhan kematian diperkirakan akan meningkat, karena lembaga pemerintah daerah menilai kerusakan secara nasional.

Semua layanan kereta reguler di seluruh negeri ditangguhkan pada pukul 14:00 (05.00 GMT), meskipun kereta berkecepatan tinggi KTX tetap beroperasi dengan potensi penyesuaian jadwal, menurut Korea Railroad Corporation.

Jalan ditutup dan jalan setapak di taman nasional ditutup karena hujan dan banjir.

Administrasi Meteorologi Korea mengeluarkan peringatan hujan lebat, mengatakan lebih banyak hujan diperkirakan hingga Rabu pekan depan, dengan mengatakan kondisi cuaca menimbulkan bahaya "besar".

Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo mendesak para pejabat untuk mencegah luapan sungai dan tanah longsor, dan meminta dukungan untuk operasi penyelamatan dari kementerian pertahanan.

 

4 dari 4 halaman

Sering Banjir Saat Musim Panas

Korea Selatan sering dilanda banjir selama periode musim panas, tetapi negara tersebut biasanya memiliki persiapan yang baik dan jumlah kematian biasanya relatif rendah.

Negara itu mengalami hujan dan banjir yang memecahkan rekor tahun lalu, yang menyebabkan lebih dari 11 orang tewas.

Mereka termasuk tiga orang yang tewas terperangkap di sebuah apartemen bawah tanah Seoul yang dikenal secara internasional karena film Korea pemenang Oscar "Parasite".

Pemerintah mengatakan pada saat itu bahwa banjir tahun 2022 merupakan curah hujan terberat sejak catatan cuaca Seoul dimulai 115 tahun lalu, menyalahkan perubahan iklim atas cuaca ekstrem tersebut

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini