Sukses

Binus Hadirkan SATU University, Kampus Berkualitas dengan Biaya Kuliah Bersubsidi

SATU University sudah memiliki dua kampus. Satu berlokasi di Bandung, Jawa Barat, dan lainnya di Pontianak, Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Hong Kong - Binus Higher Education menghadirkan SATU University, kampus yang memiliki sistem dan materi pembelajaran yang sama dengan Binus University dan menjangkau mahasiswa hingga pelosok Indonesia. Langkah itu merupakan bentuk nyata dalam menjawab kebutuhan sumber daya manusia yang unggul di Nusantara.

"Kehadiran SATU University akan berkontribusi memenuhi kebutuhan sumber daya manusia berkualitas untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya dalam memajukan industri kecil/menengah dan UMKM. Kami siap untuk membantu memulihkan pendidikan daerah dengan menerapkan sistem akademik holistik dan memfasilitasi setiap potensi pelajar," ujar Presiden BINUS Higher Education Stephen Wahyudi Santoso seperti dikutip dari pernyataan tertulis pada Selasa (18/7/2023).

Rektor Binus University Prof. Harijanto Prabowo atau yang akrab disapa Prof. Har menceritakan latar belakang berdirinya SATU University.

"Memang diakui ada banyak yang tidak bisa bergabung di Binus karena keadaan ekonomi. Tapi bagaimana pun juga kan Binus lahirnya dari kelompok ini. Mulai dari jatuh bangun, kuliah sambil kerja, itu yang membangun Binus," ujar Prof. Har di sela-sela rangkaian kegiatan Program School Executive Excursion (SEE) 2023 di Hong Kong pada Senin (17/7).

"Binus yang punya kemampuan, punya sistem dan kompeten, kita atur supaya bisa melayani masyarakat lewat perguruan tinggi SATU University. Yang beda Cuma dosennya, semua sistem dan kontennya sama."

Prof. Har menuturkan SATU University didirikan dengan mengambil alih sejumlah perguruan tinggi yang ditutup oleh pemerintah dan ditargetkan menjadi sumber daya manusia yang unggul di daerahnya masing-masing.

SATU University menggandeng sejumlah perusahaan ternama untuk memberikan bantuan dana dalam bentuk beasiswa kepada calon mahasiswa.

"Kita mencoba banyak perusahaan yang punya dana CSR agar bisa memberikan dana beasiswa. Karena saat ini sifatnya subsidi dan biayanya seperlima dari biaya kuliah di Binus University," tambah Prof. Har.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SATU University Sudah Punya 2 Kampus

Kegiatan perkuliahan di SATU University akan dimulai pada September 2023. Saat ini SATU University sudah memiliki dua kampus. Satu berlokasi di Bandung, Jawa Barat, dan lainnya di Pontianak, Kalimantan Barat.

Program studi untuk jenjang pendidikan sarjana yang ditawarkan untuk kampus Satu University di Bandung meliputi akuntansi, manajemen, informatika, sistem Informasi, desain komunikasi visual, dan psikologi. Sedangkan program studi yang ditawarkan untuk kampus di Pontianak adalah akuntansi dan manajemen.

SATU University diharapkan memberikan napas baru dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan dunia pendidikan saat ini dengan keunggulan penggunaan teknologi dan hybrid dalam perkuliahan. Kurikulum yang berbasis industri dan wirausaha akan membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan di dunia kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini