Sukses

Aktor Kabuki Jepang Ichikawa Ennosuke IV Mengklaim Bantu Orang Tua Bunuh Diri

Aktor Ichikawa Ennosuke IV awalnya juga ingin bunuh diri, tetapi hanya orang tuanya yang meninggal.

Liputan6.com, Tokyo - Dunia Kabuki di Jepang sedang terguncang oleh tragisnya kasus aktor Ichikawa Ennosuke IV. Aktor senior itu mencoba melakukan bunuh diri bersama kedua orang tuanya. 

Ennosuke merupakan aktor yang berasal dari keluarga kabuki turun-temurun. Pada Mei 2023 lalu, ia dilarikan ke rumah sakit karena berupaya bunuh diri. 

Fakta-fakta gelap kemudian terungkap terkait alasan bunuh diri keluarganya.

Berdasarkan laporan media Jepang Kyodo, Selasa (18/7/2023), Ennosuke ternyata membantu kedua orang tuanya untuk bunuh diri bersama. Gagasan bunuh diri itu dicetuskan karena Ennosuke terkena skandal dugaan bullying dan kekerasan seksual.

Aktor berusia 47 tahun itu berupaya bunuh diri dengan ayahnya (76) dan ibunya (75). Ennosuke meminumkan obat tidur ke orang tuanya hingga kadar yang mematikan, tetapi ia sendiri selamat. Ia sudah mengakui perbuatannya. 

"Benar bahwa saya membantu orang tua saya bunuh diri," ujarnya kepada polisi.

Keputusan itu dibuat sebelum berita majalah terkait kasus-kasus Ennosuke dirilis. Mereka lantas memutuskan pergi ke "dunia berikutnya". 

Tubuh Ennosuke ditemukan pada 18 Mei 2023 pukul 10.15 pagi oleh manajernya. Ia masih sadar, meski kondisinya disebut mengawang-ngawang. Surat bunuh diri juga ditemukan. Ia lalu dirawat di rumah sakit, resmi ditangkap pada 27 Juni 2023. 

Karier Sejak Tahun 1980-an 

Kyodo menyebut Ennosuke sebagai figur besar di dunia Kabuki. Ia juga pernah tampil dengan konsep manga "One Piece". Selain itu, ia juga punya rencana tampil dengan konsep "Demon Slayer" pada 2024.

Situs kabuki21.com menyebut ia pertama kali tampil pada Juli 1980 di pentas klasik berjudul "Yoshitsuni Senbon Zakura".

Pada 2006, ia pernah tur di Eropa Barat, termasuk di London dan Amsterdam. Selain itu ia juga pernah unjuk gigi di Paris pada 2007.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontak Bantuan

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.