Sukses

Film Barbie Raih Pujian dari Kritikus Film: Margot Robbie Panen Review Positif

Barbie yang disutradarai Greta Gerwig meraih pujian. Akting Margot Robbie disorot.

Liputan6.com, Jakarta - Film "Barbie" sukses panen review positif dari para kritikus film. Akting aktris utama Margot Robbie yang cemerlang berhasil mendapat sorotan. 

Berdasarkan konsensus situs Rotten Tomatoes, Rabu (19/7/2023), film "Barbie" meraih skor 89 persen dari 96 reviewer. 

Christy Lemire dari RogerEbert.com memuji film "Barbie" sebagai sebuah pencapaian cemerlang, baik dari segi teknik, tone, hingga visualnya.

Lemire turut menyorot bahwa desainer kostum di film ini adalah Jaqcueline Duran yang memiliki dua piala Oscar dan produksi filmnya dirancang Sarah Greenwood yang mendapatkan enam nominasi Oscar. 

Margot Robbie Sebagai Barbie

Margot Robbie juga dinilai sebagai pemeran yang sempurna untuk Barbie. Yang dipuji bukan hanya rambut pirang dan mata biru Robbie, melainkan karakterisasinya.

"Sebagai bintang film, Margot Robbie menemukan keseimbangan antara satir dan ketulusan. Ia adalah pilihan pemeran yang sempurna; tidak mungkin untuk membayangkan orang lain di peran ini," ujar Lamire.

Unsur komedi film ini juga mendapat pujian tinggi. Tak lupa, Lemire memuji marketing "Barbie" yang cerdas.

Reviewer dari situs Time Out memuji "Barbie" sebagai film yang menyenangkan untuk ditonton. Selain akting Margot Robbie yang dipuji, film ini dinilai berhasil menunjukkan sisi satir dari brand "Barbie", serta elemen feminisme dan girliness secara berbarengan. 

2 dari 2 halaman

Ada Kritikan, Tapi Tetap Seru

Ada kritikan terhadap Barbie terkait banyaknya elemen yang ditampilkan. Ann Hornaday dari Washington Post menyebut kepentingan sutradara Greta Gerwig dalam menolak patriarik terkadang membuat filmnya berat, tetapi ia masih memuji "Barbie".

Film ini ia dideskripsikan sebagai "hot-pink mess" dan penonton bisa melihat "Barbie" dalam berbagai wujud, mulai dari yang stereotip, presiden, dokter, pengacara, dokter, hingga yang aneh.

"Dalam sebagian besar, ia mencapai keseimbangan yang menyenangkan antara silly dan serious," ujarnya. 

Reviewer dari The Australian berkata film ini "sepenuhnya gila-gilaan", namun ia juga menyebut bahwa "mungkin itulah yang kita butuhkan saat ini".

Kritik yang murni negatif datang dari New Statesman yang menilai film arahan Greta Gerwig ini memiliki feminisme yang hampa.

Film "Barbie" sudah mulai tayang di Indonesia pada 19 Juli 2023. Sejumlah pemain film ini adalah Margot Robbie, Ryan Gosling, Simu Liu, dan Kate McKinnon.