Sukses

Mengenang Mendiang Marilyn Monroe, Simbol Seks Dunia yang Terlahir dari Sosok Norma Jeane

Marilyn Monroe, citra seks simbol dan bintang film yang dengan hati-hati dibangunnya memungkinkannya mencapai karir yang luar biasa dengan caranya sendiri.

Liputan6.com, Los Angeles - Marilyn Monroe, bintang besar yang lahir dengan nama Norma Jeane Mortenson, adalah seorang aktris, model dan penyanyi terkenal di tahun 1950-an dan 1960-an. 

Sampai saat ini, dia tetap dikenang sebagai "simbol seks", ikon budaya pop dan sebagai lambang revolusi seksual pada masanya.

Ibunya, Gladys Baker, mengalami masalah mental sehingga masa kecil Norma Jeane dihabiskan sebagian besar di panti asuhan. Saat itu ia masih berhubungan dengan sang ibu kandung, namun ia hilang kontak setelah sang ibu didiagnosis menderita skizofrenia.

Marilyn kemudian melanjutkan hidup dengan beberapa keluarga, tapi sayangnya dia menjadi korban dari beberapa kasus pelecehan seksual.

Merangkum dari Raffia Magazine, Sabtu (5/8/2023), Marilyn Monroe muda akhirnya menikah setelah ulang tahunnya yang ke-16 dengan harapan menemukan kehidupan yang sesuai. Ia menikahi tetangganya, Jimmy Dougherty, pada tahun 1942. 

Pada tahun 1944, saat sang suami bertugas di Pasifik Selatan dengan Merchant Marines, Norma Jeane bertemu dengan fotografer David Conover. Pertemuan itu ternyata berbuah manis, membawanya ke masa jaya sebagai sosok populer.

Karir Norma Jeane sebagai model foto berkembang pesat usai teken kontrak pada tahun 1945, karirnya di dunia modelling pun melejit.

Marilyn Monroe muda mengaku bahwa pelecehan di masa lalunya yang membuat dirinya ingin menjadi seorang aktris, sebagai pelarian dari kenyataan hidup. 

Pada tahun 1946, dia menandatangani kontrak pertamanya dengan studio akting 20th Century Fox dan mengganti namanya menjadi Marilyn Monroe.

Ini adalah waktu di mana dia memilih nama panggungnya menjadi Marilyn Monroe, yang kemudian menjadi nama yang dikenal semua orang. Saat itulah penampilan ikoniknya dengan rambut pirang berasal; dia mengecat rambutnya mirip dengan Rita Hayworth yang terkenal kala itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Karirnya di Dunia Model dan Film

Dikutip dari BBC on This Day, setahun setelah Monroe menandatangani kontrak pertamanya dengan studio akting 20th Century Fox ia telah membintangi banyak film.

Sejak tahun 1947, dia telah tampil dalam 30 film, termasuk "The Prince and the Showgirl", "Bus Stop", "The Seven Year Itch", "How to Marry a Millionaire", dan "Some Like it Hot", yang membawanya sebagai peraih Golden Globe Best Actress in a Comedy (kategori Aktris Terbaik dalam Komedi).

Marilyn Monroe memulai karirnya dari peran kecil hingga kemudian tumbuh menjadi bintang besar dalam film-film yang lebih besar. Popularitasnya melejit dan banyak penggemar yang mengaguminya.

Namun, saat bekerja di film-film besar, dia terlibat dalam skandal terkait pose foto telanjang. Meskipun kontroversial, Marilyn dengan jujur mengakui bahwa dia melakukannya karena membutuhkan uang, alasan yang lantas menarik perhatian dan simpati banyak orang. 

Dari sinilah citra simbol seks lahir dan melekat pada Marilyn Monroe.

Sejak saat itu, ia banyak mendapat peran yang semakin memperkuat citra sensualnya.

Salah satu film yang paling mencolok adalah "Niagara" pada tahun 1953, di mana Monroe memerankan seorang wanita penggoda. Di film ini, dia menetapkan penampilan khasnya dengan rambut pirang, alis gelap, tahi lalat, dan bibir merah sensual yang terkenal. 

Citra 'persona film' Marilyn Monroe kemudian terbentuk dalam film "Gentlemen Prefer Blondes", di mana dia menetapkan persona seorang 'wanita berambut pirang (blond) bodoh' seperti yang orang sebut.  Tapi tidak lama kemudian, Marilyn Monroe merasa bosan dengan peran-peran semacam itu dan menyatakan bahwa dia "lelah dengan peran sensual yang sama". Dia akhirnya melepaskan kontraknya.

Di bawah kontrak baru, Marilyn Monroe mulai memilih dan memilih film-filmnya sendiri, dan akhirnya mendapatkan pengakuan sebagai aktris serius. Dia bahkan memenangkan Golden Globe untuk kategori Best Actress (Aktris Terbaik) dalam film "Some Like It Hot" pada tahun 1959. Dia juga menjadi wanita pertama yang menjadi penulis naskah dan sutradara untuk film-filmnya.

Pernikahan Sang Bintang

 

Pernikahan Marilyn Monroe dengan sang suami, Jimmy Dougherty, tak semulus karirnya di dunia model. Biduk rumah tangga keduanya kandas pada tahun 1946, konon karena kepopulerannya sebagai model foto.

Di puncak ketenarannya pada tahun 1954, Marilyn Monroe menikah dengan bintang bisbol Joe DiMaggio. Namun pernikahan keduan hanya berlangsung selama sembilan bulan.

Pada 29 Juni 1956 sang bintang menikah dengan penulis drama Arthur Miller. Tapi pernikahan itu berakhir pada tahun 1961.

Kehidupan romantis Marilyn Monroe telah lama menjadi bahan spekulasi. Dia bahkan telah dikaitkan dengan Presiden John F. Kennedy.

3 dari 4 halaman

Penampilan Terakhirnya

Salah satu penampilan publik besar terakhirnya adalah ketika dia menyanyikan "Happy Birthday, Mr. President" pada perayaan ulang tahun Presiden AS John F. Kennedy. Penampilannya dengan gaun ketat berwarna kulit dan berhias rhinestone atau berlian imitasi.

Penampilan Monroe mengejutkan publik, tetapi Kennedy berkomentar: "Sekarang saya bisa pensiun dari politik setelah mendengarkan 'Happy Birthday' dinyanyikan dengan cara yang manis dan baik."

Jelas, Marilyn Monroe adalah ikon budaya yang tetap dikenang hingga saat ini. Meskipun dia dihadapkan pada tantangan karena citranya sebagai "simbol seks", seperti tidak dianggap serius dan bodoh, Marilyn Monroe berhasil membuktikan banyak orang salah. 

Dia pintar memanfaatkan citranya tersebut. Dia menggunakan citranya untuk keuntungannya, dan pada saat yang sama, dia berhasil keluar dari kontraknya dan mengalihkan perhatian orang dari penampilannya, namun lebih kepada bakatnya sebagai aktris. 

Citra simbol seks dan bintang film yang dengan hati-hati dibangunnya memungkinkannya mencapai karir yang luar biasa dengan caranya sendiri. 

Hingga saat ini, dia tetap menjadi salah satu aktris paling terkenal, dan seperti yang dia katakan sendiri: "Saya tidak keberatan hidup di dunia pria, asalkan saya bisa menjadi wanita di dalamnya." 

Meskipun masa kecilnya penuh kesulitan dan dihadapkan pada prasangka, Marilyn Monroe berhasil memanfaatkan patriarki untuk keuntungannya.

Sebagai aktivis hak-hak perempuan dan hak sipil, dia menjadi contoh bagi banyak wanita muda dan masih diingat hingga kini. Bukan apa yang dapat Anda lakukan untuk patriarki, tetapi apa yang patriarki dapat lakukan untuk Anda.

4 dari 4 halaman

Marilyn Monroe Ditemukan Meninggal

Sang bintang, Marilyn Monroe ditemukan tewas di tempat tidur di rumahnya di Los Angeles. Tubuh aktris yang kala itu berusia 36 tahun ditemukan pada 5 Agustus 1962 dini hari oleh dua dokter yang dipanggil ke rumahnya di Brentwood oleh pengurus rumah tangga yang bersangkutan.

Para dokter masuk paksa ke kamar Marilyn Monroe karena tidak bisa membuka pintu. Lalu menemukan sang bintang terbaring telanjang di tempat tidurnya dengan botol kosong bertuliskan pil tidur Nembutal di sisinya.

Koroner setempat, yang kemudian mengunjungi tempat kejadian, mengatakan keadaan kematian Marilyn Monroe menunjukkan "kemungkinan bunuh diri".

Marilyn Monroe kemudian dimakamkan di Pemakaman Corridor of Memories di Westwood Memorial Park Los Angeles, AS.

Jutaan penggemar di seluruh dunia sangat terkejut dengan kematian dini dan tragis sang bintang.

Selama 20 tahun setelah kematiannya, bunga dari mantan suaminya Joe DiMaggio dikirimkan setiap minggu ke makam Marilyn Monroe.

Ada banyak spekulasi tentang kematian Marilyn Monroe dan penyebabnya. Banyak yang berpendapat bahwa sangat tidak mungkin dia melakukan bunuh diri, tetapi mungkin secara tidak sengaja meminum obat secara berlebihan.

Yang lain berpendapat bahwa pihak ketiga mungkin telah memberikan obat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini