Sukses

Peringati 78 Tahun Bom Atom Hiroshima, Jepang Serukan Penghapusan Senjata Nuklir

Jepang menandai peringatan 78 tahun pemboman atom Amerika Serikat di Hiroshima pada Minggu 6 Agustus 2023.

Liputan6.com, Hiroshima - Jepang menandai peringatan 78 tahun bom atom Hiroshima, ulah Amerika Serikat pada Perang Dunia II, pada Minggu 6 Agustus 2023.

Dalam peringatan itu, Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui mendesak penghapusan senjata nuklir dan menyebut gagasan para pemimpin Kelompok Tujuh atau G7 tentang pencegahan nuklir sebagai "kebodohan", demikian seperti dikutip dari Channelnewsasia, Minggu (6/8/2023).

Hari untuk memperingati para korban serangan nuklir pertama di dunia datang ketika Rusia telah meningkatkan momok penggunaan senjata nuklir dalam perangnya dengan Ukraina.

Itu juga datang ketika film biografi "Oppenheimer", mencatat penciptaan bom atom, telah menjadi hit box-office di Amerika Serikat.

Beberapa orang mengkritik film tersebut karena sebagian besar mengabaikan penghancuran senjata Hiroshima --dan Nagasaki yang dibom tiga hari kemudian pada 9 Agustus 1945.

Rilis film "Oppenheimer" di Jepang juga belum diumumkan.

Hiroshima menjadi sorotan pada bulan Mei, ketika Perdana Menteri Fumio Kishida menjadi tuan rumah KTT G7 di kota barat, daerah pemilihannya.

Para pemimpin G7 mengeluarkan pernyataan yang menyatakan komitmen mereka untuk mencapai perlucutan senjata tetapi mengatakan bahwa selama senjata nuklir ada, mereka harus berfungsi untuk mencegah agresi dan mencegah perang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan di Hiroshima

Pada Minggu 6 Agustus 2023, bel perdamaian berbunyi pukul 08.15 pagi waktu setempat, saat bom dijatuhkan.

Sekitar 50.000 peserta dalam upacara peringatan di luar ruangan, termasuk para penyintas yang menua, mengheningkan cipta, dengan suhu musim panas mencapai 30 derajat Celcius.

"Para pemimpin di seluruh dunia harus menghadapi kenyataan bahwa ancaman nuklir yang sekarang disuarakan oleh pembuat kebijakan tertentu mengungkapkan kebodohan teori pencegahan nuklir," kata Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui pada upacara tersebut, yang juga dihadiri oleh PM Jepang Fumio Kishida.

Perdana menteri mengatakan jalan menuju dunia tanpa senjata nuklir semakin curam, sebagian karena ancaman nuklir Rusia, tetapi ini membuatnya semakin penting untuk membawa kembali momentum internasional menuju tujuan itu.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres menyatakan dukungannya.

"Para pemimpin dunia telah mengunjungi kota ini, melihat monumen-monumennya, berbicara dengan para penyintasnya yang berani, dan muncul dengan berani untuk mengambil penyebab perlucutan senjata nuklir," katanya dalam sambutan yang dibacakan oleh perwakilan PBB.

"Lebih banyak yang harus melakukannya, karena genderang perang nuklir berdetak sekali lagi."

Bom yang dijatuhkan di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, dijuluki "Little Boy", menewaskan ribuan orang seketika dan sekitar 140.000 pada akhir tahun. Jepang menyerah pada 15 Agustus 1945.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini