Sukses

PTRI Jenewa Rayakan HUT ke-78 RI dengan Lomba Olahraga, Upacara Bendera hingga Pesta Rakyat

Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI di PTRI Jenewa telah dimulai sejak awal Agustus 2023, dengan berbagai lomba olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa (PTRI Jenewa) menggelar upacara peringatan HUT ke-78 RI pada Kamis (17/8/2023) di kantor PTRI Jenewa, Swiss. Untuk pertama kalinya pasca pandemi COVID-19, upacara tersebut dipenuhi warga negara Indonesia

"Kegiatan dimulai pukul 9.30 waktu setempat, dan dihadiri oleh seluruh staf PTRI Jenewa serta masyarakat Indonesia yang tinggal di kota Jenewa dan sekitarnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia yang hadir adalah pekerja profesional pada organisasi internasional/badan PBB," demikian kutipan dari pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Wakil Tetap Republik Indonesia di Jenewa Duta Besar Febrian Ruddyard bertindak sebagai pembina upacara. Sementara itu, komandan upacara adalah Letnan Satu Marinir Andi Adi Yonathan yang merupakan salah satu anggota dari kesatuan UNIFIL Indobatt XXIII-Q di Lebanon.

Selain bertugas sebagai komandan upacara, Yonathan juga telah melatih Paskibraka PTRI Jenewa selama dua minggu menjelang upacara peringatan HUT ke-78 RI.

Selain upacara bendera, PTRI Jenewa juga akan menyelenggarakan acara "Pesta Rakyat" pada Sabtu (19/8) dan resepsi diplomatik pada 4 September 2023.

Rangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan ke-78 RI telah dimulai sejak awal Agustus 2023, dengan berbagai lomba olahraga yang melibatkan masyarakat Indonesia di Jenewa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci Keberhasilan Kegiatan 17-an

Masyarakat Indonesia di Jenewa menyambut antusias rangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan ke-78 RI sebagai bagian dari tradisi perayaan 17-an di tanah air.

"Dukungan masyarakat Indonesia di Jenewa ini merupakan kunci keberhasilan rangkaian acara 17-an," sebut PTRI Jenewa.

"Kegiatan peringatan hari kemerdekaan ini merupakan salah satu wujud kolaborasi guna kuatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di luar negeri. Bersama kita bisa terus melaju untuk Indonesia maju."

Kota Jenewa adalah tuan rumah dari 40 organisasi internasional, antara lain PBB, WTO, WHO, WIPO, ILO, ITU, IPU, UNHCR, UNCTAD, ICRC dan berbagai badan/lembaga internasional lainnya. PTRI Jenewa merupakan perwakilan RI yang diakreditasikan pada PBB dan organisasi-organisasi internasional di Jenewa.

Saat ini Indonesia memiliki tiga PTRI, yaitu di New York dan di Jenewa untuk PBB, serta PTRI ASEAN di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini