Sukses

Wahana Misi Antariksa Rusia Luna-25 Jatuh di Bulan, di Tengah Balapan dengan Misi India

Wahana pendarat Rusia, pesawat ruang angkasa Luna-25, menabrak bulan setelah berputar ke orbit yang tidak terkendali, kata badan antariksa Roscosmos.

Liputan6.com, Moskow - Wahana pendarat Rusia, pesawat ruang angkasa Luna-25, menabrak Bulan setelah berputar ke orbit yang tidak terkendali, kata badan antariksa Roscosmos pada Minggu 20 Agustus 2023.

"Wahana memasuki lintasan orbit yang tidak dapat diprediksi dan kini telah tiada sebagai akibat dari tabrakan dengan permukaan Bulan," bunyi pernyataan dari agensi tersebut dikutip dari USA Today, Minggu (20/8/2023).

Sebelumnya, Roscosmos mengatakan kehilangan kontak dengan pesawat ruang angkasa pada Sabtu 19 Agustus setelah mengalami masalah saat mempersiapkan orbit pra-pendaratan setelah melaporkan "situasi abnormal" yang dianalisis oleh para spesialisnya.

"Selama operasi, situasi abnormal terjadi, yang tidak memungkinkan manuver dilakukan dengan parameter yang ditentukan," kata Roscosmos dalam sebuah posting Telegram.

Pesawat ruang angkasa itu dijadwalkan mendarat di kutub selatan bulan pada Senin 21 Agustus, berlomba untuk mendarat di satelit Bumi lebih dulu dari wahana antariksa India.

Kutub selatan bulan sangat menarik bagi para ilmuwan, yang percaya kawah kutub yang dibayangi secara permanen mungkin mengandung air. Air beku di bebatuan dapat diubah oleh penjelajah masa depan menjadi bahan bakar udara dan roket.

Peluncuran awal bulan ini adalah yang pertama Rusia sejak 1976, ketika itu adalah bagian dari Uni Soviet.

2 dari 2 halaman

Misi Antariksa India Chandrayaan-3 Kirim Foto Bulan dari Jarak Dekat

Sebelumnya; badan antariksa India telah merilis gambar terbaru Bulan ketika misi penerbangan angkasa luar negara itu mulai turun menuju kutub selatan satelit alami Bumi yang jarang dieksplorasi.

Foto-foto telah diambil oleh Vikram, pendarat Chandrayaan-3, yang memulai fase terakhir misinya pada Kamis 17 Agustus 2023.

Vikram, yang membawa wahana rover, akan mendarat di dekat kutub selatan pada 23 Agustus 2023, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (19/8/2023)

Vikram dilepas dari modul propulsi, yang membawanya dekat ke Bulan, pada Kamis 17 Agustus.

Gambar hitam-putih menunjukkan foto close-up batu dan kawah di permukaan Bulan. Salah satu foto menunjukkan modul propulsi juga.

Baca selengkapnya...

Video Terkini