Sukses

4 Negara yang Tawarkan Bantuan untuk Gempa Maroko

Korban selamat gempa Maroko berjuang untuk mendapatkan makanan, air, dan tempat berlindung pada Minggu (10/9/2023), sementara operasi pencarian orang hilang terus berlanjut di desa-desa terpencil.

Liputan6.com, Jakarta - Korban selamat gempa Maroko berjuang untuk mendapatkan makanan, air, dan tempat berlindung pada Minggu (10/9/2023), sementara operasi pencarian orang hilang terus berlanjut di desa-desa terpencil.

Banyak orang menghabiskan malam ketiga di tempat terbuka. Para pekerja bantuan dilaporkan menghadapi tantangan untuk menjangkau desa-desa yang terdampak paling parah di High Atlas, wilayah pegunungan terjal yang menjadi pusat gempa.TV pemerintah mengumumkan bahwa jumlah korban tewas akibat gempa Maroko meningkat menjadi 2.122 orang dan 2.421 lainnya terluka.

Kerusakan yang terjadi terhadap warisan budaya Maroko menjadi lebih jelas ketika media lokal melaporkan runtuhnya sebuah masjid bersejarah yang penting pada Abad ke-12. Gempa juga telah merusak sebagian kota tua Marrakesh, yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.

Yassin Noumghar (36) mengeluhkan kekurangan air, makanan, dan listrik, dan mengatakan sejauh ini dia hanya menerima sedikit bantuan pemerintah.

"Kami kehilangan segalanya, kami kehilangan seluruh rumah," kata Noumghar seperti dilansir Reuters, Senin (11/9). "Kami hanya ingin pemerintah membantu kami."

Kini, sejumlah bantuan telah masuk ke Maroko. Dikutip dari berbagai sumber, Senin (11/9/2023) berikut 4 negara yang sudah mengirim bantuan ke Maroko:

1. Spanyol

Spanyol pada Minggu (10 September) mengirim 86 orang anggota penyelamat dan delapan anjing pencari ke Maroko menyusul gempa kuat yang menewaskan lebih dari 2.100 orang, sebagai tanggapan atas permintaan bantuan resmi dari otoritas di Rabat.

Sebuah pesawat militer lepas landas pada Minggu pagi dari sebuah pangkalan di kota Zaragoza di timur laut dengan regu penyelamat dan anjing pencari menuju Marrakesh, kata pernyataan kementerian pertahanan, dikutip dari CNA, Selasa (11/9).

Misi mereka adalah untuk "membantu pencarian dan penyelamatan korban gempa dahsyat yang dialami negara tetangga kita".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Inggris

Inggris mengirim 60 anggota spesialis pencarian dan penyelamatan yang dibantu empat ekor anjing pencari dan peralatan penyelamatan ke Maroko setelah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter.

Lebih dari 60 spesialis pencarian dan penyelamatan Inggris dikerahkan ke Maroko setelah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter, dikutip dari gov.uk.

Tim Medis Darurat Inggris dikerahkan untuk menilai kapasitas layanan kesehatan yang ada dan tingkat kerusakannya.

Menteri Luar Negeri Maroko telah menghubungi Menteri Luar Negeri Inggris untuk tetap berhubungan erat dengan pihak berwenang Maroko.

 

3 dari 4 halaman

3. Qatar

Mayor Khaled Abdullah Al Hamidi, yang memimpin tim penyelamat Qatar, juga tiba di Marrakesh pada hari Minggu untuk membantu mengatasi dampak gempa, dikutip dari moroccoworldnews.

Pemimpin tim penyelamat Qatar menekankan bahwa seluruh anggota timnya akan bekerja membantu pihak berwenang Maroko berdasarkan apa yang disepakati melalui saluran komunikasi dan koordinasi.

 

4 dari 4 halaman

4. Uni Emirat Arab

Maroko juga telah mengumumkan penerimaannya atas tawaran bantuan dari Uni Emirat Arab menyusul gempa bumi berkekuatan 7 skala Richter pada Jumat malam.

Dalam pernyataan tertulis hari Minggu, Kementerian Dalam Negeri Maroko mengatakan negaranya telah menerima tawaran dari Uni Emirat Arab untuk mengirimkan tim pencarian dan penyelamatan, dikutip dari laman Anadolu Agency.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.