Sukses

5 Kesamaan Finlandia dan Indonesia yang Tak Disangka, Keramahan hingga Sesama Kota Pelajar

Hubungan diplomatik Finlandia dengan Indonesia telah berjalan selama hampir tujuh dekade. Namun, tak hanya hubungan bilateral, ternyata kedua negara ini memiliki sejumlah kesamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan diplomatik Finlandia dengan Indonesia telah berjalan selama hampir tujuh dekade. Namun, tak hanya hubungan bilateral, ternyata kedua negara ini memiliki sejumlah kesamaan daripada yang kita kira.

Persamaan kedua negara tersebut diulas dari situs European Higher Education Fair. Inilah gambaran singkat tentang bagaimana kemiripan Finlandia dan Indonesia, mengutip Minggu (17/9/2023):

1. Keramahan 

Orang Finlandia dan Indonesia memiliki sesuatu yang sama yakni ketulusan dalam bersosialisasi. Lupakan basa-basi dan senyuman palsu, kedua negara ini cenderung menjawab pertanyaan dengan serius dan memberikan perhatian sepenuhnya saat berbicara. Sikap tulus ini terasa seperti rumah bagi calon pelajar asing, terutama jika Anda terbiasa dengan kehangatan dan keramahan masyarakat Indonesia.

2. Cinta akan Alam

Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya, dari pegunungan hingga pantai yang menakjubkan. Finlandia pun tak kalah, dengan 40 taman nasional, pulau-pulau di Laut Baltik yang unik, dan pemandangan yang memukau. Kedua negara ini menawarkan keseimbangan yang unik antara alam dan kota, memungkinkan Anda menikmati udara segar sekaligus mengikuti aktivitas perkotaan yang serba cepat.

Walaupun Finlandia lebih maju dalam beberapa fasilitas seperti jalur pedestrian dan sepeda, Jakarta tampaknya juga dalam perkembangan tersebut.

3. Gaya Hidup Sehat

Kesehatan adalah prioritas utama di kedua negara ini. Orang Finlandia diakui sebagai salah satu populasi paling sehat di dunia, sementara Indonesia juga semakin peduli akan olahraga dan kebugaran. Aktivitas di luar ruangan seperti berlari, bersepeda, dan berenang adalah bagian dari rutinitas sehari-hari di kedua negara ini, yang berdampak positif pada kesehatan masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pola Makan Sehat

Makanan menjadi cerminan kesehatan. Finlandia serta Indonesia mempunyai makanan pokok yang sehat. Finlandia memiliki banyak ikan, kaya akan omega-3, sementara Indonesia mengandalkan sayuran dan protein nabati seperti tempe dan tahu. Meskipun ada godaan makanan manis dan berkarbohidrat, pola makan keduanya terbukti lebih sehat dibandingkan dengan banyak negara lainnya.

5. Kota Pelajar

Helsinki dan Yogyakarta bisa dibilang seperti kota kembar. Keduanya dikenal sebagai kota pelajar yang ramah bagi suasana akademik. Mereka menawarkan lingkungan belajar yang inovatif, kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, dan kebebasan akademik yang memungkinkan mahasiswa untuk tumbuh dan berkembang.

Kesamaan-kesamaan ini menjadikan Finlandia sebagai tujuan studi yang menarik bagi calon pelajar asing. Anda dapat memilih kota yang paling cocok, seperti Tampere, Turku, Lappeenranta, atau Kajaani, yang semuanya dikenal sebagai kota pelajar yang ramah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.