Sukses

Wanita Asal AS Habiskan Rp76 Juta untuk Menikahi Dirinya Sendiri

Pernikahan dengan diri sendiri dikenal dengan sebutan sologami.

Liputan6.com, Washington - Seorang wanita asal Amerika Serikat (AS) menghabiskan uang hingga 4.000 poundsterling atau sekitar Rp76,6 juta, untuk acara pernikahan dengan dirinya sendiri.

Dilansir laman Mirror, Sabtu (14/10/2023), Andria Johnson (39) melakukan perjalanan dari tempat tinggalnya di Maryland, AS menuju Tulum, Meksiko untuk acara pernikahannya tersebut. Dalam upacara itu, ia membacakan janji pernikahan untuk dirinya sendiri, kemudian memasangkan cincin untuk dirinya sendiri pula.

Upacara tersebut turut disaksikan oleh petugas pernikahan setempat.

"Saya ingin merayakan hubungan baru saya dengan diri saya sendiri dengan melakukan apa yang seharusnya saya lakukan bertahun-tahun yang lalu," ujar Johnson. 

Saat masih berusia 31 tahun, Johnson telah menikah dengan suaminya yang berusia 45 tahun di Las Vegas, AS. Namun tiga tahun kemudian keduanya bercerai. 

Johnson menyebut bahwa perbedaan usia yang jauh menjadi penyebab keretakan rumah tangganya. 

Pasca perceraiannya, ia kemudian sempat mengunjungi seorang terapis hingga akhirnya menyimpulkan bahwa ia harus menikahi dirinya sendiri.

Johnson mengatakan, "Dalam pernikahan pertama saya, saya membuat kesalahan dengan mendedikasikan diri saya untuk mencintai orang lain tanpa syarat tanpa memberikan diri saya cinta yang sama terlebih dahulu."

"Karena aku menghabiskan sebagian besar hidupku untuk memuaskan orang lain, aku memutuskan untuk melakukan ini untuk diriku sendiri. Aku ingin upacaranya mencerminkan diriku dan tidak sesuai dengan standar pernikahan masyarakat, tapi aku tetap ingin menjadi pengantin," katanya lagi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Berdandan Bak Pengantin

Maka dari itu, ia tetap berdandan bak pengantin pada umumnya yakni dengan mengenakan gaun hingga riasan pernikahan.

"Upacara ini sangat pribadi bagi saya, jadi saya ingin mengucapkan sumpah saya dengan lantang kepada diri sendiri, namun saya tidak memerlukan kemegahan dan suasana ‘resmi’ seperti pernikahan tradisional," katanya lagi.

Pernikahan dengan diri sendiri dikenal dengan sebutan sologami. Meski istilah tersebut populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama di Barat, praktiknya sendiri bukanlah hal baru.

3 dari 3 halaman

Kisah Menikahi Diri Sendiri Lainnya

Johnson bukan satu-satunya orang yang memutuskan untuk menikahi dirinya sendiri.

Sofi Maure yang dikenal sebagai influencer Argentina pertama kali mengumumkan pernikahannya dengan diri sendiri pada Februari 2023. Namun, sehari setelahnya, perempuan 25 tahun itu menyatakan menceraikan dirinya sendiri. Alasannya, dia tak tahan dengan pernikahan aneh yang dijalaninya. 

Selain itu, wanita asal India berusia 24 tahun bernama Kshama Bindu menikahi dirinya sendiri pada 8 Juni 2022. Peristiwa ini disebut sologami pertama di India. 

Bindu mengaku, dia mendapatkan ide sologami tiga bulan sebelum melangsungkannya, tepatnya setelah menonton serial Netflix, Anne With An E, kisah gadis yatim piatu yang mengalami pelecehan sebagai seorang anak.

Ia mengaku banyak orang menatapnya sinis atas pilihannya tersebut. 

Selain itu, ada pula Danni, seorang wanita di Amerika Serikat menghabiskan dana hingga USD 4.000 atau sekitar Rp61,9 juta untuk menggelar pesta pernikahan dengan dirinya sendiri. 

Keputusan tersebut diambilnya lantaran ia merasa telah mengalami banyak trauma dan memilih untuk memperbaiki dirinya sendiri. 

Dengan mengucap janji nikah di depan cermin, ia ingin menunjukkan betapa ia sangat mencintai dirinya sendiri. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.