Sukses

Alasan Tubuh Menggigil Waktu Nonton Film Horor

Coba bayangkan momen seperti ini. Anda sedang duduk di sofa dalam kegelapan sendirian, menonton film horor.

Liputan6.com, Jakarta - Coba bayangkan momen seperti ini. Anda sedang duduk di sofa dalam kegelapan sendirian, menonton film horor.

Pembunuhnya sedang berjalan menuju korban yang sama sekali tidak menaruh curiga, lalu tiba-tiba melompat ke arahnya dan membunuhnya.

Pada saat itu, bulu di tubuhmu berdiri, dan tulang punggungmu merinding.

Pertanyaannya, apa yang sedang terjadi?

Dikutip dari laman MentalFloss, Rabu (25/10/2023) itu adalah respons tubuh Anda terhadap emosi atau stres.

"Kita sudah memperoleh hal ini dari nenek moyang kita: Saat mereka kedinginan, bulu di tubuh akan berdiri, gerakan otot arrector pili akan menyebabkan kulit berkontraksi, mengangkat setiap rambut—untuk memberikan lapisan isolasi tambahan," demikian penjelasan dari Mental Floss.

Respons ini juga berlaku ketika hewan merasa terancam; Reaksi alami mereka adalah mencoba terlihat lebih besar dari penyerangnya.

Sehingga kulit dan rambut mereka melebar untuk menonjolkan efek tersebut. Bagian otak yang disebut hipotalamus mengendalikan reaksi ini.

Rasa menggigil juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang berusaha melakukan pemanasan di badan.

Menurut Badan Sains dan Masyarakat di Universitas McGill, “Menggigil adalah cara tubuh kita menaikkan suhu inti untuk membawanya kembali ke keadaan homeostatis Jika suhu tubuh turun di bawah suhu normal 37° Celsius, kita akan mulai menggigil, yang kemudian menyebabkan otot berkontraksi dan kemudian berelaksasi dengan sangat cepat."

"Sehingga tubuh mengeluarkan energi untuk menghangatkan seluruh badan. Kontraksi otot ini menyebabkan anggota badan gemetar dan juga gigi bergemeletuk. Menggigil adalah fungsi otomatis dan tidak disengaja yang dilakukan tubuh untuk mengatur dirinya sendiri."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengapa Menggigil atau Merinding Padahal Tidak Kedinginan?

Mengapa kita menggigil atau merinding padahal kita tidak kedinginan?

Hal ini dikenal sebagai cutis anserina atau piloereksi, muncul bukan untuk tujuan fungsional namun karena emosi kita yang terhubung dengan hipotalamus.

Jadi terkadang, merinding hanyalah reaksi tubuh kita terhadap sinyal emosi yang intens dari otak kita.

Saat kita merasakan hal-hal seperti cinta, ketakutan, atau kesedihan, hipotalamus mengirimkan sinyal ke tubuh yang menghasilkan adrenalin dalam darah.

Sinyal tersebut memicu otot arrector pili berkontraksi, lalu kita merinding akibat emosi. Adrenalin yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan telapak tangan berkeringat, muncul air mata, peningkatan tekanan darah, atau menggigil.

 

3 dari 3 halaman

Penggunaan Istilah Frisson dan Shiver

Menggigil di punggung memiliki beberapa nama: Ada yang menyebutnya frisson, atau shiver dalam bahasa Prancis.

Sementara yang lain menggunakan istilah seperti menggigil estetika menggigil psikogenik.

Saat kita menonton film atau mendengarkan musik dan merasa merinding, itu adalah campuran emosi subjektif terhadap film atau lagu dan gairah fisiologis.

Jika kita menonton film atau mendengar lagu yang membuat bersemangat, atau lagu yang membuat kita sedih, hipotalamus bereaksi terhadap perubahan emosi yang tiba-tiba dan secara fisik kita merasakan getaran di sepanjang tulang belakang kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.