Sukses

1 November 2021: Marina del Pilar Avila Jadi Gubernur Wanita Pertama di Baja California

Sejarah tercipta pada Senin, 1 November 2021, ketika Marina del Pilar Avila menjadi gubernur wanita pertama Baja California, memulai masa jabatan enam tahunnya.

Liputan6.com, Meksiko - Sejarah tercipta pada Senin, 1 November 2021, ketika Marina del Pilar Avila menjadi gubernur wanita pertama Baja California, memulai masa jabatan enam tahunnya.

"Saya berkomitmen untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan oleh perempuan. Untuk meruntuhkan batasan-batasan yang ada dan berpartisipasi dalam pelayanan publik seperti yang diimpikan oleh nenek-nenek dan ibu-ibu kita," kata Avila dalam upacara pelantikannya yang digelar di Pusat Seni Negara di Mexicali.

Melansir Sandiego Union Tribune, Avila didampingi oleh pejabat yaitu Menteri Ekonomi Meksiko Tatiana Clouthier, Wali Kota Meksiko Claudia Sheinbaum, dan Presiden nasional partai Morena Mario Delgado, serta Wali Kota San Diego Todd Gloria.

"Saya pikir ini adalah prestasi luar biasa. Baja California belum pernah mencapainya sebelumnya," ujar Gloria, merujuk pada gubernur wanita pertama.

"Ini adalah sesuatu yang dapat membuat warga negara negara bagian ini sangat bangga, dan saya pikir ini mengirimkan pesan yang luar biasa kepada para gadis kecil di kedua sisi perbatasan tentang apa yang mungkin."

Pada September 2021, Avila bertemu dengan beberapa pemimpin setempat di San Diego, termasuk Gloria. Di antara proyek-proyek yang akan dia kerjakan bersama gubernur baru adalah Pintu Masuk Otay Mesa East yang dijadwalkan akan dibuka pada tahun 2024, serta penanganan aliran lintas perbatasan di Lembah Sungai Tijuana.

Juga hadir adalah Konsul Jenderal Meksiko di San Diego Carlos González Gutiérrez, Konsul Jenderal AS di Tijuana Tom Reott, dan lima wali kota dari kota-kota di Baja California.

"Sebagai seorang wanita, saya sangat senang bahwa wanita lain memegang jabatan ini," kata Wali Kota Tijuana Montserrat Caballero, yang pada bulan Oktober menjadi wali kota perempuan pertama yang terpilih dalam pemilihan kota.

 

2 dari 4 halaman

Jadi yang Termuda Memegang Jabatan Ini

Semua wali kota di kota-kota Baja California, serta gubernur baru, adalah anggota partai Morena yang dipimpin oleh Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador.

Avila, yang berusia 36 tahun, juga akan menjadi orang termuda yang memegang jabatan ini. Sebelumnya, dia menjabat sebagai anggota dewan perwakilan rakyat dan kemudian sebagai wali kota Mexicali, ibu kota negara bagian tersebut. Dia hampir hamil tujuh bulan dengan anak kedua.

Avila menekankan bahwa korupsi tidak akan ditoleransi selama pemerintahannya.

"Saya akan terus memantau semua pelayan publik dalam pemerintahan saya, dan segera ada tanda-tanda yang berbeda dari panggilan pelayanan publik, maka pastikan bahwa mereka akan dipecat dari proyek ini," kata Avila, yang mendapat tepuk tangan dari yang hadir.

 

3 dari 4 halaman

Era Baru Politik Baja California

Era baru dalam politik Baja California ini datang seminggu sebelum dibukanya kembali perbatasan darat AS-Meksiko yang dinantikan dengan penuh harap.

Avila mengatakan ketika ditanya oleh pers bahwa dia percaya hal ini akan mengaktifkan ekonomi wilayah nasional. Dia juga mengatakan bahwa selama masa jabatannya akan ada "koordinasi, komunikasi, dan kerja sama untuk kualitas hidup dan perkembangan di kedua sisi perbatasan."

Gustavo de la Fuente, direktur eksekutif Smart Border Coalition, mengatakan dia yakin ada kemauan dari pemerintahan baru untuk berkolaborasi seiring dengan pembukaan kembali perbatasan.

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya yang akan kita alami mulai 8 November. Kita harus bekerja sama dan bersabar dengan otoritas di kedua sisi perbatasan, tetapi saya yakin tim gubernur baru sudah siap."

 

4 dari 4 halaman

Langsung Bertugas

Avila menggantikan Gubernur Jaime Bonilla, yang menjabat selama dua tahun. Pada hari Minggu (31/10/2021), Bonilla menghabiskan hari terakhirnya sebagai gubernur dengan meresmikan tempat perlindungan pengungsi baru di Tijuana. Dia tidak hadir dalam upacara pelantikan.

Avila menghabiskan hari pertamanya dalam pekerjaan dengan bertemu dengan pejabat penegak hukum di Tijuana. Kemudian, dia mengunjungi fasilitas Komisi Layanan Publik Negara, di mana dia bertemu dengan pejabat air.

Video Terkini