Sukses

Jenderal Dudung Abdurachman Kepala Staf AD Indonesia 2021-2023 Raih Penghargaan Perwira Kehormatan dari Australia

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Indonesia untuk periode 2021-2023, Jenderal Dudung Abdurachman, menerima salah satu penghargaan tertinggi ini dalam sebuah upacara di Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Indonesia untuk periode 2021-2023, Jenderal Dudung Abdurachman, menerima penghargaan prestisius dari pemerintah Australia. 

Salah satu penghargaan tertinggi dari Australia ini diberikan dalam sebuah upacara di Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada 30 Oktober 2023.

Jenderal Dudung dinobatkan sebagai perwira kehormatan Order of Australia (Divisi Militer), yakni sebuah pengakuan atas kepemimpinan luar biasa dan dedikasinya terhadap keterjalinan hubungan pertahanan antara Australia dan Indonesia.

Dalam sambutannya, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, menekankan bahwa penghargaan ini bukan hanya sebatas pengakuan atas prestasi karir Jenderal Dudung Abdurachman, tetapi juga mencerminkan komitmen mendalamnya untuk memperkuat kerja sama strategis di bidang pertahanan antara kedua negara.

"Di bawah kepemimpinan Jenderal Dudung, hubungan pertahanan Australia-Indonesia semakin kuat dan personel militer kita semakin dekat," kata Penny Williams sebagaimana dikutip dari pernyataan Kedubes Australia, dikutip Kamis (2/11/2023).

"Dedikasi Jenderal Dudung telah meningkatkan kapasitas kita untuk beroperasi bersama secara efektif," kata Dubes Penny Williams. 

Sejak menjabat sebagai KSAD pada November 2021, Jenderal Dudung telah menempatkan fokusnya pada pendidikan dan pelatihan. Pencapaiannya termasuk kelulusan pertama TNI Angkatan Darat dari Royal Military College - Duntroon, serta peningkatan penempatan pelatihan bilateral dan pertukaran personel.

Selain itu, dedikasi Jenderal Dudung Abdurachman selama kepemimpinannya turut membangun kepercayaan dan hubungan profesional yang kokoh di antara Angkatan Darat Australia dan Indonesia.

Penganugerahan Order of Australia merupakan pengakuan tertinggi atas prestasi dan layanan luar biasa dalam sistem penghargaan Australia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Raih Penghargaan Militer Tertinggi dari Singapura

Tokoh militer Indonesia lain juga sempat mendapatkan penghargaan dari negara tetangga yakni Singapura.

Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa dianugerahi penghargaan militer tertinggi Distinguished Service Order (Military). Hal itu diketahui dari unggahan akun Instagram Kementerian Pertahanan di akun @mindefsg. 

Presiden Halimah Yacob yang menyerahkan penghargaan tersebut kepada Andika Perkasa pada Rabu 10 Mei 2023.

"... Andika Perkasa menerima penghargaan atas kontribusinya dalam meningkatkan kerja sama pertahanan antara Singapura dan Indonesia," tulis akun @mindefsg pada Rabu 10 Mei 2023.

Sementara itu, pantauan Liputan6.com di akun Instagram @jenderaltniandikaperkasa, tak ada unggahan serupa soal penghargaan tersebut.

Dalam video singkat yang diunggah akun @mindefsg terlihat Andika Perkasa didampingi sang istri, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono saat menerima penghargaan dari Presiden Singapura Halimah Yacob.

Sebelumnya, Andika Perkasa juga pernah menerima penghargaan dari Sultan Brunei. Menurut informasi dari KBRI Bandar Seri Begawan seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Selasa 19 Juli 2022, penghargaan Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang Darjah​ Pertama merupakan penghargaan tertinggi Kesultanan Brunei yang diberikan kepada para pemimpin Angkatan Bersenjata.

Baca selengkapnya klik disini...

3 dari 4 halaman

Panglima TNI Andika Perkasa Raih Bintang Penghargaan dari Sultan Brunei

Tak hanya dari Singapura, Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa menerima penghargaan dari Sultan Brunei.

Menurut informasi dari KBRI Bandar Seri Begawan seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Selasa (19/7/2022), penghargaan Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang Darjah​ Pertama merupakan penghargaan tertinggi Kesultanan Brunei yang diberikan kepada para pemimpin Angkatan Bersenjata.

Penganugerhaan Bintang Kebesaran Negara Brunei diberikan langsung oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah dalam rangka Hari Ulang Tahun (Keputeraan) ke-76 Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darusslam, dalam suatu upacara pada tanggal 15 Juli 2022, bertempat di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan. Hadir dalam penganugerahan adalah Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, Asintel Panglima TNI, Mayor Jenderal Andjar Wiratma.

Sultan Haji Hassanal Bolkiah selain menjabat sebagai Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam, juga adalah Menteri Pertahanan dan Pemerintah Tertinggi Angkatan Bersenjata Diraja Brunei serta Menteri Luar Negeri dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Brunei.

Baca selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

Panglima TNI Hadi Tjahjanto Terima Penghargaan Penghormatan Tertinggi Australia

Sebelum Jenderal Dudung, salah satu tokoh militer Indonesia pernah mendapatkan penghargaan tertinggi dari Australia. Pimpinan tertinggi TNI dianugerahi salah satu penghormatan tertinggi Australia pada upacara khusus yang diselenggarakan di Kedutaan Besar Australia di Jakarta 26 Oktober 2021.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dianugerahi penghargaan kehormatan Order of Australia (Divisi Militer), sebagai pengakuan atas tekad dan komitmen yang luar biasa terhadap hubungan pertahanan bilateral. Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, mengatakan bahwa bintang penghargaan ini menghormati pencapaian cemerlang Marsekal TNI Tjahjanto, termasuk peran integral beliau dalam mendukung koordinasi dan kolaborasi di antara angkatan bersenjata Australia dan Indonesia.

"Penghargaan ini menyoroti pendekatan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melalui pengabdian dan dedikasinya yang luar biasa untuk memperkuat hubungan pertahanan antara Australia dan Indonesia, khususnya dalam mendukung Kemitraan Strategis Komprehensif bilateral," kata Duta Besar Williams seperti tertuang dalam keterangan tertulis dari pihak kedutaan yang dikutip Kamis (28/10/2021).

"Marsekal TNI Tjahjanto telah mendukung peningkatan kerja sama operasi gabungan, kelancaran dialog strategis terbuka tentang isu-isu yang menjadi kepentingan bersama dan meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan bersenjata kita.Dan juga mengakui dukungan beliau sebagai teman dan mitra Australia pada saat dibutuhkan".

Baca selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.