Sukses

Jak-Japan Matsuri 2023: Konser Kolaborasi Musisi Indonesia-Jepang hingga Berburu Makanan Khas dan Cosplay

Festival budaya Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023 kembali digelar di Jakarta, bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Festival budaya Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023 kembali digelar di Jakarta. Acara tahun ini istimewa karena bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia, serta 50 tahun kemitraan antara Jepang dan ASEAN.

Menurut informasi dari situs web JJM 2023, tema JJM tahun ini adalah "Indonesia and Japan Always Together." Tema ini menggambarkan bahwa kedua negara akan selalu bersatu dan saling mendukung, menggabungkan kekuatan dalam setiap situasi.

JJM merupakan forum pertukaran yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman antara masyarakat Jepang dan Indonesia.

Acara ini pertama kali diadakan di Jakarta pada tahun 2009 melalui kerja sama antara pihak pemerintah dan swasta. Sejak saat itu, JJM menjadi acara yang memperkuat ikatan dan persahabatan antara kedua negara.

Tahun ini, Yayasan Jabat Hati Indonesia Jepang menjadi penyelenggara JJM, didukung oleh Kedutaan Besar Jepang dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Digelar selama dua hari pada tanggal 18-19 November 2023, festival ini menyuguhkan penampilan dari para musisi Indonesia dan Jepang. Beberapa musisi di antaranya PSYCHIC FEVER dan BALLISTIK BOYZ from EXILE TRIBE, Salma Salsabila, JKT48 dan SKE48, Yama, Ramengvrl, Da-iCE, hingga Weird Genius.

Pantauan Liputan6.com pada Sabtu 18 November 2023, selain menonton pertunjukan musik, pengunjung Jak-Japan Matsuri bisa menikmati beragam kegiatan menarik di festival ini. Ada aktivitas cosplay, mencoba makanan khas Jepang, bermain game, karaoke, dan kegiatan seru lainnya.

Selain aktivitas yang menyenangkan, para pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai informasi berguna seperti tentang pariwisata dan beasiswa di Jepang dari stan-stan yang tersedia.

Dengan berinteraksi langsung dengan hiburan populer Jepang seperti artis terkenal dan aspek budaya pop, festival ini diharapkan bisa menarik minat lebih banyak anak muda untuk menyukai hal-hal dari Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Musisi Jepang Yama Ungkap Keinginan Berkolaborasi dengan Musisi Indonesia

Salah satu musisi Jepang yang turut menyemarakkan Jak-Japan Matsuri 2023 adalah Yama. Setelah pertunjukannya, Yama mengungkapkan keinginannya untuk berkolaborasi dengan musisi Indonesia.

"Di Jepang saya sudah berkolaborasi dengan beberapa musisi, semoga nanti ada kesempatan untuk kolaborasi dengan musisi Indonesia," ungkap Yama.

Yama juga menyampaikan bahwa ia senang dengan antusiasme para penonton di JJM.

"Saya sangat terkesan dengan antusiasme penonton di Indonesia yang luar biasa, terima kasih," ujar Yama.

Selanjutnya, Yama mengungkapkan keinginannya untuk mengadakan konser di Indonesia.

"Mudah-mudahan nanti ada konser pribadi, khusus untuk fans Indonesia," ungkap Yama.

3 dari 4 halaman

Jak-Japan Matsuri 2023: Member EXILE TRIBE, JKT48, Weird Genius Akan Hadir

Sebelumnya, Kedutaan Besar Jepang di Jakarta mengumumkan performer yang akan hadir di Jak-Japan Matsuri 2023 pada 18-19 November 2023. Acara akan digelar di JIEXPO Kemayoran. 

Performer yang bakal hadir di acara termasuk PSYCHIC FEVER dan BALLISTIK BOYZ from EXILE TRIBE, Salma Salsabila, JKT48 dan SKE48, yama, Ramengvrl, Da-iCE, hingga Weird Genius.

Menurut rilis resmi Kedubes Jepang, Minggu (12/11), JJM 2023 juga bertepatan dengan Peringatan 65 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia, serta Peringatan 50 Tahun Persahabatan dan Kerja Sama Jepang-ASEAN.

Tahun ini, JJM diselenggarakan oleh Yayasan Jabat Hati Indonesia Jepang, yang juga bekerja sama dengan Kedutaan Besar Jepang dan Pemda DKI Jakarta.

Poster Jak-Japan Matsuri 2023 juga sangat menarik mata dengan menampilkan sosok anime pemuda dengan baju khas Betawi dan seorang gadis dengan kimono.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket JJM 2023

Jak-Japan Matsuri identik dengan acara arak-arakan budaya khas Jepang hingga kehadiran para cosplayer untuk menghibur para pecinta budaya Jepang. Jak-Japan Matsuri 2023 akan digelar secara outdoor. 

Harga tiket berkisar antara Rp90 ribu hingga Rp190 ribu. Klik di sini untuk membeli tiketnya. 

Harga tiket reguler untuk satu orang senilai Rp120 ribu per hari. Untuk tiket dua hari sekaligus seharga Rp190 ribu.

Sementara, tiket bundling (borongan) bisa dibeli lebih murah, yakni Rp90 ribu untuk minimal 30 tiket.

Acara Jak-Japan Matsuri 2023 berlangsung pada 09.30 pagi hingga 20.30.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini